Menu

Jurusanku: Computer Engineering BINUS University, Marcel Saputra

Dalam seri "Jurusanku", kamu bisa menelusuri program studi kuliah lewat cerita mahasiswa dan dosen. Kali ini Marcel Saputra, mahasiswa BINUS University akan berbagi mengenai program studi kuliahnya, Computer Engineering.

Jurusan Teknik Komputer (Computer Engineering) adalah salah satu jurusan yang menjanjikan masa depan yang cerah bagi lulusannya. Meskipun peminatnya cukup banyak, ternyata masih banyak yang nggak kenal betul dengan jurusan ini, baik dari segi apa yang dipelajari, karakteristik mahasiswa yang sesuai, sampai bagaimana prospek karier lulusannya di masa depan karena masih jarang melihat tokoh yang berkecimpung di jurusan ini di dunia nyata.

Ah, siapa bilang? Bahkan sosok fiksi superhero terkenal yang sering kamu lihat di bioskop dalam sepuluh tahun belakangan adalah inspirasi terbesar untuk siapa pun yang ingin berkuliah di jurusan ini, lho. Biar nggak penasaran, simak cerita Marcel Saputra, mahasiswa angkatan 2015 jurusan Teknik Komputer (Computer Engineering) BINUS University tentang jurusannya berikut ini.

Jurusanku:

“Computer Engineering, di BINUS University. Oya, jurusan ini biasanya juga dikenal dengan nama Sistem Komputer atau Teknik Komputer. Jadi ketiganya sama saja, cuma beda penamaan.

Secara sederhana, jurusan Computer Engineering merupakan irisan dari jurusan Teknik Informatika (Computer Science) dan Teknik Elektro. Disini, kita belajar ilmu pemrograman dan cara mengimplementasikan pemrograman tersebut pada sebuah hardware.”

marcel saputra computer engineering binus university

Alasan Memilih Jurusan Computer Engineering:

“Waktu kecil, saya hobi banget membongkar barang elektronik. Saya juga senang menonton film yang mengandung unsur kecanggihan teknologi seperti film-film genre sci-fi.

Bahkan tokoh fiksi dari film terkenal, Iron Man, menginspirasi saya untuk kuliah di jurusan ini. Menurut saya, kalau semua teknologi yang semula hanya imajinasi di dalam film dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, itu bakalan keren banget. Makanya saya membulatkan tekad untuk kuliah jurusan Computer Engineering agar nanti bisa jadi sekeren Iron Man, hahaha.

Lagipula, teknologi zaman sekarang sudah berkembang sangat pesat, jika kita lihat dari 20 tahun terakhir. Pastinya kebutuhan sumber daya manusia di bidang IPTEK juga akan meningkat. Ini yang bikin saya semakin mantap untuk memilih berkuliah di jurusan Computer Engineering”

“Modal” untuk jadi mahasiswa jurusan Computer Engineering:

“Dari bangku sekolah, setidaknya kamu harus menyukai dan menguasai mata pelajaran Matematika. Soalnya, di jurusan ini, kita bakal banyak banget bermain logika matematika.

Kalau dari segi minat dan kemampuan terkait jurusan Computer Engineering, sepertinya nggak ada hal yang khusus, sih, ya. Tapi kalau mau jadi anak Computer Engineering, kamu harus punya rasa ingin tahu yang tinggi dan nggak boleh takut gagal. Namanya juga membuat sistem dari nol, jadi wajar banget kalau ada saatnya saat bereksperimen komponennya hangus ketika kita salah pasang. Eh, nggak sampe kebakaran kok. Jadi tetap aman selama kita mengikuti prosedur, hehe.”

Mata kuliah penting dan menarik, serta Peminatan di jurusan Computer Engineering:

“Nggak ada mata kuliah yang nggak menarik di jurusan Computer Engineering. Selama kuliah, mata kuliah favorit saya ada Microcontroller Design and Application dan Cross Platform Application Development.

Mata kuliah Microcontroller Design and Application mempelajari cara untuk mengakses, menggunakan dan memprogram sebuah microcontroller. Disini kita banyak belajar cara membuat program dan menjalankan program tersebut di dalam sebuah microcontroller. Microcontroller yang digunakan disini contohnya seperti arduino, esp8266, atmega8535. Saya suka banget mata kuliah ini karena berasa banget computer engineering-nya dan kecanggihan teknologi yang diimpikan dari kecil bisa diwujudkan dengan teknologi microcontroller. Misalnya, kita bisa menyalakan lampu dengan command berupa tepukan tangan.

Mata kuliah Cross Platform Application Development jauh lebih advanced dari pada microcontroller. Di sini kita membuat sebuah program yang dapat di-compile ke beberapa device seperti raspberry pi, komputer, smartphone, dan sebagainya. Kalau biasanya kita hanya menggunakan aturan baku, sekarang saya bisa bikin program serupa dengan fitur custom sesuai keinginan sendiri. Dari mata kuliah ini, saya bisa membuat sebuah angklung otomatis berbasiskan raspberry pi.

Oya, di jurusan Computer Engineering BINUS University sendiri ada 2 peminatan yang bisa kamu pilih di semester 5. Pertama ada Communication System, yang mempelajari cara membangun dan membuat jaringan komunikasi agar satu device dapat berkomunikasi dengan device lainnya. Yang kedua ada Intelligent Embedded Systems, yang mempelajari cara membuat sebuah device dan menanamkan kecerdasan ke dalam device tersebut.”

computer engineering binus university

Ujian dan tugas yang umumnya diberikan:

“Di BINUS University, ada banyak jenis tugas yang biasa dikerjakan oleh mahasiswa Computer Engineering. Yang paling umum ada GSLC, yaitu tugas berupa berupa soal-soal yang diberikan oleh dosen di forum binusmaya yang dikerjakan secara online.

Ada juga yang namanya Tugas Rancang, dimana mahasiswa diminta untuk membuat sebuah proyek sistem elektronika yang dapat menyelesaikan sebuah masalah dan akan dipresentasikan di akhir semester. Disini, mahasiswa unjuk kebolehannya dalam membuat smart bulb, smart appliances, door lock, modern agriculture, dan lain-lain.

Lalu ada juga Laporan Akhir Praktikum, yaitu tugas tertulis berdasarkan praktikum di lab yang dilakukan sebelumnya.

Sedangkan ujian, ada periode ujian yaitu Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Ada yang bentuknya ujian tertulis, umumnya mahasiswa hadir di kelas sesuai jadwal yang ditentukan kemudian menjawab soal yang diberikan secara tertulis. Sifatnya bisa open book, close book, open note, open laptop, dan lain-lain. Pada mata kuliah tertentu, mahasiswa menggunakan komputer untuk membuat program/coding.

Ada juga ujian yang bentuknya project-based. Pada mata kuliah tertentu, mahasiswa diminta untuk mengumpulkan project di periode UTS/UAS yang akan dijadikan nilai ujian. Proyek dapat berupa paper, video, makalah, atau karya lainnya.

Nah, untuk mata kuliah yang disertakan praktikum, mahasiswa juga akan diuji dengan melakukan praktikum yang telah dipelajari. Contohnya adalah mata kuliah Computer Network dan Circuits and Signals.”

Peluang karier jurusan Computer Engineering:

“Bisa dibilang, zaman sekarang industri mana yang nggak butuh lulusan Computer Engineering? Untuk saat ini terutama di Indonesia, industri yang sangat membutuhkan lulusan Computer Engineering adalah industri telekomunikasi, mesin dan otomasi, cyber security, aplikasi dan perangkat lunak, bahkan big data. Semuanya berasal dari perusahaan yang sudah well-established maupun start-up.”

Miskonsepsi terbesar tentang jurusan Computer Engineering:

“Computer Engineering seringkali disamakan dengan jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Berbeda dengan kedua jurusan tersebut, Computer Engineering mempelajari software dan hardware, bukan hanya salah satunya saja.

Ada juga yang bilang lulusannya Computer Engineering susah cari kerja. Ini salah banget! Justru di zaman serba teknologi ini jurusan Computer Engineering dicari banyak perusahaan. Pernah denger IoT (internet of things) atau revolusi industri 4.0? Jurusan Computer Engineering sangat dibutuhkan di bidang IoT dan di era revolusi industri 4.0 karena kita mempelajari hardware dan software yang diperlukan untuk membuat sebuah sistem dalam kebutuhan kemajuan teknologi.”

Menurutmu, apa khas dari jurusan Computer Engineering di BINUS University?

“Saat ini jurusan Computer Engineering BINUS University memiliki fokus di bidang smart device beserta IoT yang mendukung revolusi industri 4.0. Nggak perlu diragukan lagi, jurusan Computer Engineering BINUS University sudah terakreditasi A secara nasional (BAN-PT) dan terakreditasi internasional (ABET).

Oya, BINUS University bahkan memiliki divisi khusus yang mendukung para mahasiswa dan alumninya untuk mendirikan start-up baru, lho. Melatih mahasiswa untuk mewujudkan ide menjadi sebuah produk yang dapat dikomersialisasikan. Untuk mengembangkan soft skill mahasiswa dalam berorganisasi, jurusan Computer Engineering BINUS University tergabung dalam organisasi dunia yaitu Institute of Electrical & Electronic Engineers (IEEE). Keren banget, ‘kan?”

teknik komputer sistem komputer binus university

Tips untuk anak muda yang ingin berkuliah di jurusan Computer Engineering:

“Dalam menimba ilmu, terus kembangkan pengetahuan dan kemampuan seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Bermimpilah sebesar-besarnya dan wujudkan mimpi tersebut untuk mendukung kemajuan bangsa Indonesia. Ayo kita majukan Indonesia dengan teknologi anak bangsa.

Lalu, jangan pernah menyerah dengan setiap kegagalan yang dialami. Pandanglah kegagalan sebagai proses pembelajaran menuju keberhasilan. Jika saya BISA, maka kamu juga BISA.”

Baca juga:

(sumber gambar: dok. pribadi)

LATEST COMMENT
Fajar Haryadi | 8 jam yang lalu

UI itu secara resmi masuk Provinsi DKI Jakarta (meskipun sebagian kampus dan rektorat masuk Depok). Hanya warga DKI Jakarta saja yg bisa mendaftar SNMPTN ke UI. Sementara ITB itu kampus utamanya di Kota Bandung.

UI Versus ITB, Mana yang Lebih Unggul?
Aldayra Putri | 1 hari yang lalu

di desain interior ini nantinya bekerja sebagai apa ya?

Mengenal Jurusan Desain Interior Lebih Dalam dan Prospek Kerjanya di Masa Depan
Dhania Nur Indah | 1 hari yang lalu

Kak maksudnya pengetahuan umum itu apa ya?materinya apa aja ya kak?

Serba Serbi Selma dan Sekolah Vokasi Universitas Brawijaya 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©