Anak Muda di Balik Proyek Religi Sabyan Gambus, QuranIDproject, dan Hijabi Rockstars

Siapa sih, yang nggak tau Sabyan Gambus yang nge–hits itu. Kamu juga mungkin pernah mendengar soal QuranIDproject dan Hijabi Rockstars di medsos. Ketiganya punya kesamaan, yaitu merupakan proyek religi yang memberi inspirasi serta manfaat bagi masyarakat, dan digawangi sama anak muda. Nah, bertepatan dengan momen Ramadan, yuk kenalan dengan mereka yang berada di balik Sabyan Gambus, QuranIDproject, dan Hijabi Rockstars!

Sabyan Gambus

sabyan

Sabyan Gambus adalah grup musik yang berdiri tahun 2015. Mereka beken dengan lagu lagu religi ber–ganre gambus dan berbahasa Arab yang dibawakan dengan gaya kekikinan. Tema lagunya, mulai dari puji–pujian kepada Yang Maha Pencipta hingga pesan kebaikan dan toleransi. Sejauh ini, video–video Sabyan Gambus di Youtube sudah dilihat puluhan bahkan ratusan juta kali. Beuh!

Di Balik Sabyan:

Khoirunnisa

Vokalis yang beken dengan panggilan Nissa Sabyan ini sebenarnya yang paling terakhir gabung dengan Sabyan. Ketika bertemu personel yang lain, Nissa masih duduk di bangku SMK 56 Jakarta jurusan Otomotif dan Elektronik. Ia lulus pada tahun 2017 lalu dan mengambil gap year untuk berkonsentrasi di karier bidang musik. Nantinya, cewek berusia 19 tahun ini ingin mengambil jurusan musik di perguruan tinggi.

nissa sabyan ayus sabyan

Ahmad Fairus

Cowok yang akrab disapa Ayus ini merupakan keyboardis sekaligus pentolan Sabyan. Awalnya, Sabyan banyak membawakan cover lagu religi milik orang lain. Tapi kini mereka mulai menyanyikan lagu sendiri, salah satunya adalah Ya Maulana yang diciptakan Ayus.

Selain keduanya, dalam formasi Sabyan ada Sofwan Yusuf (perkusi), Kamal (darbuka), Tubagus “Tebe” Syaifulloh (biola), dan Anisa Rahman (backing vocal).
Instagram: @sabyan_gambus

Kamu bisa cek gimana syahdunya Sabyan Gambus di sini.

QuranIDproject

quran indonesia project

Dengan semangat “sebarkan walau satu ayat”, proyek Quran Indonesia Project digulirkan. QuranIDproject merupakan proyek merekam kitab suci Al–Quran dalam format audio online yang bisa diakses dan di–share lewat situs dan aplikasi. Quran tersebut direkam dalam bahasa aslinya (Arab) serta diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

QuranIDproject mengajak sosok inspiratif untuk berkolaborasi, terutama anak muda. Nama–nama sepeti Raisa, Andien, Dian Sastrowardoyo, Afgan, Muzammil, dan lainnya pun ikut ambil bagian membaca surat–surat Al Quran. Dalam perkembangannya, QuranIDproject juga membuat versi bahasa isyarat yang dinamai "Cahaya dalam Sunyi", agar bisa pula disimak oleh teman–teman tuli. Intinya sih, mereka ingin agar anak muda membaca, mempelajari, dan mengamalkan kitab suci.

Di balik QuranIDproject:

Archie Wirija

Alumni SMA Al–Izhar inilah yang pertama kali mencetuskan ide QuranIDproject. Ia pun bertindak sebagai produsernya. Archie sendiri adalah seorang musisi yang meraih gelar Sarjana Musik dari Universitas Pelita Harapan. “Ide awal QuranIDproject adalah kebutuhan untuk mendengarkan terjemahan Al Quran dalam bahasa yang saya mengerti. Tapi sejauh ini, saya belum menemukan. Lalu saya berpikir untuk membuatnya.”  ujar cowok yang merupakan kerabat B.J. Habibie. Archie pun berinisiatif untuk mengajak teman temannya.

Pasha Chrismansyah

Awalnya, Pasha, anak musisi legendaris Indonesia Chrisye, suka mendengarkan rekaman audio Quran. Namun rekaman tersebut bukan buatan Indonesia. Makanya, dia excited banget ketika Archie mengajaknya mengerjakan Quran Indonesia Project. Lulusan jurusan Musik di Universitas Pelita Harapan ini dipercaya menggarap audio. “Kita sadar bahwa kita membuat rekaman audio Quran, jadi kita juga bikinnya nggak sembarangan. Ada guru mengaji, yang membimbing talent-talent–nya (membimbing melafalkan Quran dengan benar),” ungkap Pasha.

Narendra Pawaka

“Aku memang punya mimpi mengerjakan proyek yang berkaitan dengan Al–Quran. Tiba–tiba, dihubungi Archie. Saya tertarik banget dan akhirnya join di Quran Indonesia Project!” Eda bercerita. Sepajang pengerjaan QuranIDProject, menurut Eda tantangannya adalah noise alias gangguan suara-suara yang suka masuk pas rekaman. Soalnya, mereka merekam di studio dalam rumah.

Eda sendiri adalah seorang penyiar radio Prambors serta salah satu vokalis Kevin and the Red Rose, grup musik yang dibentuk Kevin Aprilio. Dalam soal akademik, anak dari aktris Ayu Dyah Pasha ini telah merampungkan kuliah S1 Sound Design Universitas Pelita Harapan dan S2 Business Management di Binus University.

Instagram: @quranidproject

Salah satu karya QuranIDProject, yaitu video musik Cahaya dalam Sunyi benar benar-bikin merinding. Kamu bisa cek di sini.

Hijabi Rockstars

hijabi rockstars

Hijabi Rockstars (HR) merupakan majalah bernafaskan islam dalam media Instagram, bahkan pada profilnya disebutkan sebagai instamagazine pertama untuk perempuan muslim. Karena media utamanya adalah instagram, maka HR menampilkan gambar dan layout yang ciamik.

Kontennya sendiri seputar kemanusiaan, kebaikan, serta tuntunan kehidupan sesuai agama. Mereka juga sering mengangkat sosok perempuan inspiratif dari berbagai kalangan, mulai dari istri Rasul, pendiri startup, penulis, aktivis kemanusiaan dan lainnya. Selain konten instagram, HR juga memproduksi activity books serta vlog di channel Youtube–nya.

Di balik Hijabi Rockstars:

Tazkia Fatimah

Mungkin nggak banyak yang menyangka bahwa founder sekaligus editor–in–chief  HR adalah seorang dokter muda lulusan FK Universitas Padjadjaran. Walau berprofesi sebagai dokter, sepertinya menulis juga merupakan passion Tazkia. Sebelumnya, ia menulis buku bestseller CenatCenut Calon Dokter yang menceritakan pengalaman seru masa–masa koas. Selain itu, ketika masih kuliah Tazkia pernah ikutan misi kemanusiaan Global March to Jerusalem, yang membawanya pergi ke perbatasan Lebanon–Palestina. Wow!

tazkia fatimah

Instagram: @hijabi_rockstars

Bagi yang penasaran, silakan simak proyek video audio lesson Hijabi Rockstars mengenai Life of Aisha.

(sumber gambar: Instagram @sayban_gambus, bukalapak, Quran Indonesia Project, Instagram @hijabi_rockstars, Instagram Tazkia.Fatimah)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1