Menu

10 Fakta Mengenai Sundar Pichai, CEO Baru Google, dan Kenapa Kamu Harus Terus Bermimpi

Beberapa waktu lalu, dunia dikagetkan oleh pengumuman Google untuk merestrukturisasi perusahaannya. Setelah hampir 17 tahun, Larry Page dan Sergey Brin—para penemu Google—memutuskan untuk membentuk holding company baru bernama Alphabet, dimana Google akan bernaung dibawahnya.

Dari berbagai headline dan cerita menarik mengenai langkah strategis Google ini, ada satu topik yang cukup menyita perhatian dunia dan menurut saya memang nggak kalah penting, yaitu penunjukan Sundar Pichai sebagai bos dan CEO baru Google.

Sebenarnya siapa, sih, Sundar Pichai ini?

1. Lahir Chennai, India pada tanggal 12 July, 1972, di tengah-tengah keluarga kelas yang amat sederhana.

2. Dibesarkan di apartemen dua kamar bersama orang tua dan adik lelakinya. Jangankan TV atau mobil, kamar sendiri aja Sundar nggak punya. Alhasil, sehari-harinya, ia musti tidur di ruang tamu bareng adiknya.



3. Sundar dikenal sebagai sosok yang kalem, pendiam, pemalu dan sangat lembut sehingga disukai banyak orang.

4. Lulusan S1 Teknik Metalurgi dari Indian Institute of Technology di Kharagpur (IIT Kharagpur). Menurut salah satu tutor dan senior Sundar yang dikutip oleh Times of India, Pichai adalah siswa paling cemerlang di angkatannya.

5. Menerima beasiswa S2 dari Stanford University untuk jurusan Material Sciences and Engineering. Setelahnya, Sundar lanjut mengambil gelar MBA dari Wharton School of the University of Pennsylvania. Warbiyasak! Kalau penasaran, cek bio sekolahnya disini.



6. Memulai karirnya sebagai Engineer & Product Manager di perusahaan Applied pada tahun 1999, kemudian sebagai konsultan di McKinsey & Company pada tahun 2002.

7. Sundar bergabung dengan Google pada tahun 2004 sebagai Junior Program Manager & Product Manager dibawah pimpinan Marissa Mayer, mantan Google Vice President of Product yang kini menjabat CEO Yahoo. Pada saat itu, Sundar bertanggung jawab mengembangkan produk-produk seperti Google Toolbar, Google Gears kemudian Google Chrome.

8. Diangkat menjadi Vice President of Product Management & Innovation di tahun 2009, seiring dengan suksesnya Google Chrome.

9. Memegang posisi Android Chief  tahun 2013, menggantikan Andy Rubin yang kemudian juga menjadi The Face of Google (icon Google).

10. Sundar adalah tangan kanan salah satu penemu Google, Larry Page, sebelum akhirnya ia betul-betul menggantikan Larry Page dan diangkat menjadi CEO Google.

Dengan diangkatnya Sundar sebagai CEO baru Google, Sundar bergabung dengan golongan elite eksekutif papan atas asal India yang sukses menjadi pemimpin di perusahaan-perusahaan Amerika Serikat senilai miliaran dolar, seperti Microsoft (Satya Nadella), PepsiCo (Indra Nooyi), ArcelorMittal (Lakshmi Mittal), (Rakesh Kapoor), MasterCard (Ajay Banga), DBS Group Holdings (Piyush Gupta), SanDisk (Sanjay Mehrotra), Adobe (Shantanu Narayen), dan banyak lainnya.

Penunjukan Sundar sebagai CEO baru Google juga menjadi kebanggan tersendiri bagi India. Sundar adalah CEO India pertama Google, lho! Bahkan saat Sundar resmi diangkat jadi CEO, perdana menteri India sendiri kasih selamat lewat Twitter.

Penunjukan Sundar Pichai ini tentunya memberi semangat baru buat anak-anak muda India, dan bahkan seluruh dunia, untuk terus bekerja keras dan berani bermimpi. Sundar membuktikan bahwa kesuksesan, bahkan di luar negara asal, nggak kenal latar belakang dan ras.



Sundar memulai karirnya di Google sebagai karyawan junior. Hanya dalam waktu sepuluh tahun, Sundar udah berhasil memangku jabatan paling tinggi di Google.

Pertanyaannya, karyawan Google ‘kan ada ribuan, yang notabene pintar dan berbakat semua. Trus, apa, dong, yang membuat Sundar Pichai istimewa?

Stay tuned for our next article about Sundar Pichai!

(sumber gambar: The Digital Indian, Business Insider, The Economic Times, Gizmoids)

LATEST COMMENT
Nancy Tasia Sopaheluwakan | 1 jam yang lalu

Min , saya mau nanya kalau misalnya kita dari semester 1 dan 2 tidak masuk kuliah , apakah di semester 3 kita masih bisa masuk kuliah atau tidak ?

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Masita | 4 jam yang lalu

Masyaa Allah.. nggak salah aku suka pelajaran biologi.. baca nya aja udah kyk meantang aja,apalagi klw benaran nanti... semoga bisa lah...

Serba-Serbi Menjadi Mahasiswa Biologi
Maya Nainggolan | 7 jam yang lalu

So luck Sothat msi bisa ngisi amunisi utbk :')

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Masbro | 20 jam yang lalu

Terimakasih sudah mau berbagi info <a href="https://www.kampusajaib.com/2017/08/berkas-wajib-untuk-pelamar-bidikmisi.html">syarat kelengkapan berkas bidikmisi</a> kak,

Syarat Kelengkapan Dokumen dan Berkas SBMPTN, SNMPTN, Bidikmisi, Serta Ujian Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©