Menu

Persiapan Karier

Panduan ini akan membantumu untuk mempersiapkan karier mulai dari menyusun CV dan dokumen lamaran lainnya, menghadapi wawancara kerja, serba-serbi magang, hingga bagaimana caranya survive di dunia kerja.

 

Untuk kamu para fresh graduate Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ataupun kuliah yang akan segera terjun ke dunia kerja: welcome to the jungle!

Dalam mempersiapkan diri untuk berkarier, kamu akan banyak melakukan adaptasi dan penyesuaian. Apalagi dunia kerja adalah saat dimana kamu akan menginjakkan kaki di “dunia yang sebenarnya”. Kalau kamu nggak bisa cepat menyesuaikan diri dan mengikuti industri yang dinamis, siap-siap ketinggalan sama yang bisa gerak cepat.

Mengakrabkan diri di dunia kerja pun wajib banget untuk kamu lakukan dari jauh-jauh hari. Bukan, bukan berarti kamu harus maksain cari kerja ketika kamu lagi sibuk sekolah ataupun kuliah. Memahami istilah-istilah yang umum dalam dunia kerja sejak bangku sekolah ataupun kuliah pun udah bisa bikin kamu terlihat profesional bahkan sebelum menginjakkan kaki di dunia kerja.

Kalau ngikutin masing-masing industri, sesungguhnya istilah di dunia kerja ada ribuan jumlahnya. Tapi, untuk kamu yang masih pemula, setidaknya kamu harus memahami beberapa istilah penting untuk melamar kerja dan memulai kariermu secara profesional. Kalau besok mau daftar kerja tapi nggak tahu apa itu curriculum vitae, coba pikir-pikir lagi. Kamu yakin siap memasuki dunia kerja?

So, di bawah ini adalah daftar istilah paling dasar yang umum digunakan di dunia kerja yang wajib banget hukumnya untuk kamu ketahui dan pahami jauh sebelum kamu memulai perjalanan kariermu. Jangan sampai kamu malu-maluin diri sendiri dengan menanyakan hal-hal ini ke perekrut saat kamu akan melamar kerja!

 

Kamus Lengkap Istilah Dunia Kerja

Beban kerja/Workload
Sekumpulan tugas yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu

Company Profile
Segala informasi yang menjelaskan mengenai profil perusahaan dengan ringkas. Company profile penting untuk dipelajari calon karyawan sebelum melamar kerja ke suatu perusahaan.

Cover letter
Surat lamaran pekerjaan alias surat pengantar yang penting disusun saat kamu akan melamar pekerjaan. Isinya mencakup antara lain perkenalan diri, posisi yang ingin dilamar, serta alasan mengapa kamu layak diterima. Cover letter sifatnya sangat penting karena merupakan salah satu etika melamar kerja.

Curriculum Vitae (CV)
Berbeda dengan resume, CV cenderung lebih panjang dan detail memuat pengalaman dan kualifikasi kemampuanmu.

Fresh Graduate
Sebutan untuk pelajar/mahasiswa yang baru lulus.

Gaji pokok
Gaji dasar seorang karyawan di luar tunjangan.

Head Office/Headquarter
Kantor pusat suatu perusahaan. Umumnya berlaku pada perusahaan yang memiliki banyak cabang atau manajerial yang terpisah.

Karyawan kontrak
Karyawan yang bekerja untuk masa yang telah ditentukan, umumnya untuk proyek non-permanen. Jangka waktu kontrak bisa 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun.

Kerja lepas/Freelance
Dalam konteks pekerjaan, merupakan istilah untuk bekerja secara bebas (tidak terikat kontrak) dengan suatu perusahaan. Seorang yang bekerja freelance bisa bekerja untuk beberapa organisasi/perusahaan sekaligus. Orang yang menjalaninya disebut freelancer.

Kerja paruh waktu/Part-time work
Part-time work
adalah bekerja dengan durasi yang kurang dari full-time work. Durasinya tergantung komitmen dan kebutuhan, bisa setengah hari atau hanya bekerja beberapa hari dalam sepekan. Biasanya seseorang menjalani part-time work karena ada kesibukan penting selain pekerjaannya. Misalnya masih sekolah/kuliah, mengurus anak, bekerja di lain tempat, dan lainnya.

Kerja penuh/Full-time work
Pekerjaan dengan durasi kerja normal, yaitu 8 jam/hari atau 40 jam/minggu. Bekerja full-time umumnya juga berarti wajib untuk bekerja di kantor/tempat kerja (tidak remote).

Korporasi
Badan usaha yang sudah sah dan berbadan hukum. Korporasi biasanya diasosiasikan dengan perusahaan-perusahaan besar.

KPI
Kepanjangannya Key Performance Indicators. KPI berisi poin-poin yang bisa diukur dan dijadikan patokan penilaian kerja pegawai ataupun indikator hasil kerja divisi/perusahaan. Dengan KPI yang jelas, perusahaan bisa menganalisa apakah pekerja bisa mencapai target dan sejauh mana kinerja mereka sehingga evaluasi yang dilakukan adil serta transparan.

Lembur
Waktu kerja yang melebihi jam kerja penuh (8 jam/hari atau 40 jam per minggu).

Magang/Internship
Kegiatan magang, bisa secara formal dari kampus atau atas inisiatif sendiri untuk menambah pengalaman.

Management Trainee (MT)
Karyawan yang direkrut perusahaan untuk kemudian diberikan pelatihan secara intensif. Proses rekrutmen MT berbeda dengan rekrutmen biasa karena karyawan MT merupakan program khusus untuk membidik SDM yang akan mengisi posisi-posisi manajerial dan membekalinya dengan ilmu dan kemampuan yang dibutuhkan sejak dini.

Meeting Minutes
Catatan mengenai isi rapat yang biasanya dibagikan ke pihak terkait. Jadi tiap kali rapat, perlu dibuat meeting minutes.

Memorandum of Understanding (MoU)
surat yang berisi perjanjian kerja sama dengan pihak lain beserta rincian kerja sama yang dilakukan.

Outsourcing
Pemakaian tenaga kerja dari luar perusahaan (non-pegawai) untuk menjalankan tugas atau proyek tertentu. Karyawan outsourcing biasanya tidak terpatok dengan industri atau jenjang karier tertentu.

Person in Charge (PIC)
Orang yang bertanggung jawab dalam satu tugas atau proyek tertentu.

Portofolio
Kumpulan dokumen dan tulisan yang tersusun secara rapi dan menarik. Jadi, portofolio merupakan laporan lengkap dari suatu dokumen dan hasil karya secara menyeluruh dari aktivitas seseorang yang dilakukan. Portofolio umumnya dibutuhkan untuk melamar pekerjaan, terutama untuk profesi yang banyak berkaitan dengan hal-hal teknis seperti desain, jurnalistik, dan programming.

Probation
Masa di mana pekerja baru masuk ke suatu perusahaan dan belum diangkat  menjadi karyawan. Pada masa percobaan itulah ia akan dievaluasi. Kisaran masa percobaan ini beragam di perusahaan, ada yang 3 bulan, 6 bulan, setahun, bahkan lebih. Jika kinerja pekerja dianggap belum memenuhi harapan, maka masa percobaan bisa diperpanjang atau bahkan masa kerjanya tidak diperpanjang.

Promosi
Istilah untuk proses menaikkan jabatan seorang karyawan. Promosi bisa dilakukan ketika kinerja karyawan melebihi ekspektasi atau terus meningkat.

Remote working
Bekerja dari jarak jauh. Biasanya dilakukan oleh para freelancer (yang bekerja dari rumah, kafe, atau memang berdomisili jauh dari kantor) atau karyawan yang sedang bekerjadi luar area kantor (mobile).

Resume
Dokumen berisi rangkuman data diri, kemampuan, dan pengalaman diri kamu. Karena namanya rangkuman, jadi mesti serba singkat.

Self-employment
Orang yang bekerja untuk dirinya sendiri, bukan menjadi pegawai orang lain. Seseorang yang self-employed bisa jadi seorang wirausahawan dan bisa juga profesional diluar kewirausahaan, misalnya fotografer dan penulis.

Standard Operational Procedure (SOP)
Merupakan istilah untuk pakem pengerjaan suatu hal/tindakan di perusahaan. Tiap perusahaan/divisi/proyek bisa memiliki SOP yang berbeda. Prosedur tersebut wajib diikuti oleh seluruh pekerja, bila tidak dianggap sebagai pelanggaran.

Start-up
Usaha rintisan atau tergolong baru, yang biasanya berbasis teknologi atau memanfaatkan teknologi dan berorientasi pada jasa. Skalanya pun terbilang lebih kecil dari korporasi.

Surat kontrak kerja
Surat yang berisikan hak dan kewajiban masing-masing pihak (perusahaan dan karyawan) selama ikatan kerja berlangsung.

Surat Peringatan (SP)
Teguran resmi dari perusahaan kepada karyawannya apabila mereka melanggar aturan. Umumnya SP  memiliki ketentuan, misalnya jika terkena SP sebanyak 3 kali maka akan diberhentikan/diskors dari pekerjaan.

Tunjangan
Hak karyawan untuk memperoleh tambahan penghasilan, biasanya diberikan menjelang hari raya (Tunjangan Hari Raya/THR). THR diberikan 1 kali dalam setahun dan umumnya besarnya mencapai 1 kali gaji pokok. Apabila tidak berstatus karyawan atau belum bekerja selama setahun, maka THR yang diberikan tergantung kebijakan perusahaan.

UMKM
Singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Meskipun sama-sama berskala kecil, UMKM berbeda dengan startup karena UMKM lebih mengandalkan produk.

Uraian pekerjaan/Job description
Susunan tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang diemban oleh seseorang dalam profesi tertentu.

Walk-in interview
Wawancara yang dilakukan tanpa seleksi/ditentukan sebelumnya. Bagi yang berminat melamar bisa langsung datang dan melakukan wawancara.

Wirausaha/Entrepreneurship
Bidang yang digeluti oleh seorang wirausahawan.

Wirausahawan/Entrepreneur
Orang yang menekuni bisnis wirausaha. Sementara entrepreneurship adalah adalah bidang yang digeluti yaitu kewirausahaan.

 


Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©