Menu

Tips Tidur Nyenyak Setelah Putus Sama Pacar

Mengutip Rhoma ‘Sang Legenda’ Irama, "Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya." Tsaaah…

Patah hati memang bikin perasaan awut-awutan ya, gaes. Semua jadi kacau, termasuk jam tidur. Resiko insomnia sudah pasti harus ditelan bulat-bulat. Padahal insomnia sampai kantong mata kita sebanyak kantong kresek di Indomaret juga nggak bikin pacar balik.

Sementara tidur nyenyak itu penting banget, lho, untuk memperbaiki sel badan dan me-restart fungsi tubuh agar badan tetep fit. Coba pikir, kalau kondisi kita selalu prima, mantan jadi gondok nggak, sih? I am fine without you, kok! Cuih! *jadi panjang*

Maka saya mau bagi-bagi tips untuk membantu kamu tidur, wahai para pejuang cinta yang hatinya sedang terluka.

1. Sebelum tidur, kalau mau nangis, ya nangis aja. Menangis karena emosi bisa memicu 24% protein albumin yang berguna untuk meregulasi sistem metabolisme tubuh. Itulah kenapa biasanya kita akan merasa lebih baik setelah menangis.

tips-tidur-nyenyak-setelah-putus-sama-pacar

2. Setelah puas menangis, pandangi foto atau ingat-ingatlah orang-orang yang mencintai kita balik. Misalnya orangtua, saudara, atau sahabat. Hal ini bisa membantu meredakan patah hati, dan menghindari kita terjebak dalam cinta nggak kesampaian di masa lalu (baca: mantan)

3. Bersihkan badan sebelum tidur. Ganti baju yang nyaman dan longgar.

4. Minum susu hangat.

5. Redupkan lampu kamar.

6. Matikan semua benda elektronik. Bukan cuma di sleep, ya, tapi beneran di shut down. Power off, gadgets!

7. Log out dari semua media sosial yang sekiranya bakal memunculkan nama atau foto mantan. Ikhlas memang nggak gampang, tapi kalau nggak mulai-mulai, kapan move on-nya, dong?

8. Kalo nggak bisa tidur juga, jangan dipaksain. Ini hanya akan membuat kamu makin nggak bisa tidur. Instead, bangun aja, lalu baca sesuatu. Youthmanual menyarankan kamu baca koran, kitab suci, atau buku yang bisa memicu emosi.

Kenapa koran? Karena koran akan membuka pikiran bahwa dunia ini luas sekali, dan ada 1001 kejadian di luar sana. Mungkin kamu akan baca berita-berita tentang orang hebat, sehingga memotivasi kamu untuk move on dan melakukan sebuah gebrakan dahsyat. Mungkin kamu akan baca berita-berita tragis, dan bikin kamu tersadar bahwa problem patah hati kamu sangatlah cemen dibandingkan problem yang harus dihadapi jutaan orang di luar sana.

Sementara kitab suci (atau simply berdoa) akan mengingatkan kamu bahwa kamu sebenarnya bagian dari sebuah rencana agung yang diciptakan oleh Tuhan. Have faith that God has better plans!

Pilihan lainnya adalah baca buku yang bisa memicu emosi, seperti buku horor, thriller atau petualangan, supaya kamu lupa sesaat dengan patah hatimu. Obviously, hindari buku-buku drama atau percintaan.

9.  Untuk kasus patah hati kelas berat, ada beberapa orang yang suka minum obat tidur dosis ringan atau obat generik yang bikin ngantuk. Misalnya, Antimo.

Namun kalau kamu takut ketagihan, alternatif amannya adalah minum dua butir aspirin sebelum tidur. Katanya, aspirin (sebagai painkiller) bisa bantu menyembuhkan hati yang sakit, lho. Literally! So we would wake up with less painful heart.

Kalau kamu cukup tidur, dijamin muka jadi lebih cerah, beraktivitas jadi lebih gembira. dan yang paling penting, jadi siap nyari gebetan baru dan jatuh cinta lagi!

(sumber gambar: Huffington Post, Cub UK)

LATEST COMMENT
Tisam Ali | 5 menit yang lalu

Maaf, revisi, untuk SIMAK UI menggunakan sistem minus. Salah = minus 1, benar = plus 4.

Serba-Serbi Seleksi Mandiri Universitas Indonesia (SIMAK UI) 2019
Tisam Ali | 6 menit yang lalu

Iya, ada 84 kursi prodi Sosiologi ULM pada SBMPTN 2019. Sebelumnya, ULM hanya memiliki prodi Pendidikan Sosiologi. Jadi, mungkin saja mereka mengembangkan diri dengan membuka prodi baru yang sejalan. Masuk prodi baru memiliki sisi plus minus, seperti tidak ada atau minimnya ulasan mengenai prodi tersebut. Jadi kamu harus lebih aktif mencari informasi ke pihak kampus ULM. Semoga berhasil Risma :)

Plus-Minus Kuliah di Jurusan Baru
Tisam Ali | 11 menit yang lalu

Mungkin saja. Bahkan ada pelajar SMK yang masuk HI di universitas swasta. Cek saja persyaratan masing-masing perguruan tinggi.

5 Tanda Bahwa Jurusan Hubungan Internasional Cocok Buat Kamu
Tisam Ali | 12 menit yang lalu

Secara umum penilaian utama adalah skor UTBK. Selain itu, tidak ada masalah untuk memilih kampus di daerah apapun. Untuk lebih pastinya, kamu cek ke kampus yang dituju.

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©