Menu

Tips Puasa Sehat: Do’s and Don’ts Pola Makan dan Beraktivitas Selama Bulan Ramadan

Nggak sedikit, lho, orang yang megeluhkan masalah kesehatannya ketika beradaptasi dengan bulan puasa—terutama masalah pencernaan­. Katanya “kaget” lah, takut lama-lama kena maag lah, bulan puasa bikin gampang pusing dan ngantuk lah, dan 1001 alasan klise lainnya yang bikin kamu memputuskan untuk membatalkan puasa karena takut kondisi kamu akan bertambah parah.

Duh!

Padahal, jika dilakukan dengan benar, bulan puasa akan membawa kamu berbagai manfaat kesehatan yang nggak bisa kamu dapatkan di bulan-bulan biasa. So, simak do’s and don’ts aktivitas selama berpuasa di bawah ini agar kamu bisa menjaga kesehatan selama menjalaninya.

1

* Konsumsi 8 gelas air putih dalam sehari selama masa iftar (buka puasa) sampai sahur untuk mencegah dehidrasi dan balada sembelit.

* Usahakan untuk tidur selama 6-8 jam sehari agar tubuh dan mental kamu mendapatkan cukup istirahat. Ingat, kurang tidur hari ini berarti bakal gampang merasa capek di keesokan harinya!

* Berbukalah dengan makanan 4 sehat 5 sempurna—atau seenggaknya yang well-balanced. Pilihan makanan yang baik untuk berbuka meliputi sup (makanan berkuah), sayuran, makanan berat, buah-buahan, dan manisan khas bulan Ramadan seperti kurma. Jangan ngaku kenyang buka puasa pakai gorengan doang, lho, ya!

* Biasakan diri untuk berolahraga kecil sebelum berbuka puasa. Bisa jadi trik ngabuburit yang sehat dan penuh faedah, nih!

* SELALU awali puasa dengan sahur. Kalau kamu sampai nge-skip sahur, nggak cuma berpengaruh pada energi kamu untuk menjalani hari, tapi juga akan memperbesar risiko terkena gangguan pencernaan. Hiii!

* Jika memungkinkan, hindari berlama-lama di area yang panas dan kering agar kamu nggak cepat merasa haus dan dehidrasi.

2

* Ketika buka puasa, jangan makan makanan dengan porsi besar sekaligus. Dicicil aja, ya!

* Jangan biasakan untuk langsung tidur setelah sahur dan berbuka puasa. Beri jeda untuk tubuh kamu mencerna makanan terlebih dahulu, agar kamu nggak gampang terkena gangguan pencernaan.

3

Tips berfaedah lainnya agar kamu nggak gampang merasa haus selama berpuasa:

* Pastikan untuk minum air putih yang cukup selama periode berbuka puasa sampai sahur. Yuk terapkan pola 2-4-2 (2 gelas setelah buka, 4 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur) agar asupan air putih kamu selama berpuasa selalu tercukupi!

* Kurangi konsumsi makanan yang digoreng, yang mengandung banyak lemak serta kandungan gula.

* Hindari makanan-makanan yang bisa gampang bikin “seret” seperti asinan, kacang-kacangan, makanan kalengan, dan yang mengandung MSG.

* Lebih baik hilangkan dahaga kamu dengan air putih daripada minuman yang berperisa, bersoda, atau berpemanis, karena minuman-minuman tersebut hanya akan membuat kamu tambah haus.

Selamat berpuasa!

Baca juga:

(sumber gambar: islamicinsight.com, nestle-family.com)

LATEST COMMENT
Nancy Tasia Sopaheluwakan | 42 menit yang lalu

Min , saya mau nanya kalau misalnya kita dari semester 1 dan 2 tidak masuk kuliah , apakah di semester 3 kita masih bisa masuk kuliah atau tidak ?

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Masita | 3 jam yang lalu

Masyaa Allah.. nggak salah aku suka pelajaran biologi.. baca nya aja udah kyk meantang aja,apalagi klw benaran nanti... semoga bisa lah...

Serba-Serbi Menjadi Mahasiswa Biologi
Maya Nainggolan | 7 jam yang lalu

So luck Sothat msi bisa ngisi amunisi utbk :')

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Masbro | 19 jam yang lalu

Terimakasih sudah mau berbagi info <a href="https://www.kampusajaib.com/2017/08/berkas-wajib-untuk-pelamar-bidikmisi.html">syarat kelengkapan berkas bidikmisi</a> kak,

Syarat Kelengkapan Dokumen dan Berkas SBMPTN, SNMPTN, Bidikmisi, Serta Ujian Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©