Menu

Tingkatkan Kedisiplinanmu dengan 8 Cara Berikut!

Disiplin merupakan sifat yang penting dan harus dimiliki oleh semua orang. Disiplin harus dibiasakan sejak dini karena disiplin dapat membentuk karakter dan menumbuhkan rasa tanggungjawab dari seseorang.

Disiplin pun dapat menjadi faktor kesuksesan seseorang, lho. Kok bisa? Ya, iya dong. Kesuksesan seseorang pastinya dimulai dari kerja keras terlebih dahulu, misalnya seperti harus bangun pagi, belajar, pergi ke sekolah atau kuliah, belajar hal-hal baru dan sebagainya. Coba bayangkan, kalau orang tersebut tidak disiplin dengan segala rutinitasnya, pasti, kesuksesan hanya sebuah angan-angan saja.

Selain itu, dengan disiplin di ruang publik dapat membangun suasana ruang publik yang lebih nyaman untuk semua orang. misalnya, nih, ketika kamu sedang di stasiun, pasti ada aturan untuk tidak dorong-dorongan, tidak membuang sampah sembarangan dan ketika kamu menaiki eskalator di stasiun, pasti ada aturan untuk diam berdiri disebelah kiri dan berjalan disebelah kanan.

Kamu pasti sudah tahu, aturan dibuat di ruang publik dibuat agar semuanya berjalan dengan lancar, nyaman dan aman. maka dari itu, aturan harus dilakukan sedisiplin mungkin. Dan, dapat dikatakan juga, semua aturan yang ada merupakan suatu cara untuk melatih kedisiplinanmu.

Karena disiplin merupakan hal yang sangat penting, yuk, tingkatkan kedisiplinanmu dengan cara-cara berikut ini!

1. Mulailah dari hal yang kecil                                          

Dalam membiasakan diri untuk disiplin, mulailah dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Maksudnya ialah, carilah aktivitas yang dapat kamu lakukan tanpa membuatmu merasa kesulitan atau memakan waktumu. Misalnya, mulailah dari merapikan kasurmu setelah bangun tidur.

rapikan tempat tidur

Memang sih merapikan kasur setiap hari merupakan suatu aktivitas yang membosankan bagi beberapa orang, namun kegiatan itu dapat meningkatkan semangatmu, lho. Menurut William McRaven yang merupakan seorang eks jenderal angkatan laut Amerika Serikat, dengan kebiasaan merapikan kasurmu setelah tidur setiap hari, hal ini menunjukkan kedisiplinanmu. Hal ini juga dapat menjadi pengingat bagimu, bahwa kamu telah melakukan satu tugas setiap harinya, betapun kecilnya tugas tersebut.

2. Tetapkan rutinitas harian

rutinitas

Untuk meningkatkan kedisiplinanmu, cobalah tetapkan rutinitas harianmu. Misalnya, kamu bisa membuat rutinitas harian seperti bangun tidur jam empat pagi, setelahnya kamu merapikan kasurmu dan dilanjutkan untuk berolahraga.

Setelah berolahraga, kamu bisa langsung mandi, sarapan dan pergi ke sekolah. Kalau hari libur, mungkin bisa kamu lanjutkan dengan merapikan rumah. Nah, setelah ditetapkan, kamu harus melakukan kegiatan ini sebaik mungkin.

Ketika kamu terbiasa melakukan ini setiap hari, maka tingkat kedisiplinanmu akan meningkat, lho. Untuk meningkatkan kedisiplinan, dapat dikatakan bahwa kebiasaan merupakan kunci.

3. Tetapkan waktu untuk semua rutinitas

tetapkan waktu

Nah, setelah kamu menetapkan semua rutinitasmu, kamu juga harus menetapkan waktunya juga. Misalnya nih, kamu harus bangun jam empat pagi dan paling lambat kamu harus bangun jam setengah lima. Setelah melakukan semua kegiatan, kamu bisa menetapkan waktu kapan kamu harus berangkat ke sekolah agar tidak terlambat.

Disiplin juga berhubungan dengan waktu, gaes, ketika kamu melakukan semua rutinitasmu tepat waktu, maka dapat dikatakan kalau kamu sudah disiplin. Kalau kamu terbiasa dengan jadwal yang telah kamu tetapkan, pasti semuanya akan mudah-mudah saja.

4. buatlah deadline

tetapkan deadlne

Nah, agar kamu terpacu untuk melakukan semua kegiatanmu, buatlah deadline. Misalnya nih, kamu nggak biasa bangun pagi, coba deh bikin deadline kalau kamu harus bangun tidur paling lambat jam lima atau jam enam pagi.

Contoh yang lainnya, nih, misalnya kamu biasa bergadang setiap malam dan kamu mau mengubah hal tersebut, coba deh bikin deadline jam berapa kamu harus masuk kamar, jam berapa kamu harus meletakkan smartphone-mu jauh-jauh dan sebagainya.

5. Jangan menunda-nunda

jangan menunda-nunda

Ketika kamu sudah menetapkan rutinitasmu dan juga menetapkan waktunya, kamu nggak boleh menunda-nunda untuk mengerjakan hal tersebut. misalnya, nih, kamu harus tidur jam sembilan, tapi karena kamu memainkan smartphone, akhirnya kamu tidur di atas jam sembilan malam.

Nah, kalau kamu menunda-nunda untuk mengerjakan rutinitasmu, sama saja seperti kamu menuda-nunda untuk menjadi seseorang yang disiplin. Perlu diingat, disiplin adalah ketika kamu melakukan segala sesuatu sesuai dengan aturan yang telah dibuat, baik itu dari dirimu sendiri atau orang lain.

6. Ketahui akibat kalau kamu tidak disiplin

mengetahui akibat tidak disiplin

Agar kamu terpacu untuk disiplin, kamu juga harus tahu apa akibatnya ketika kamu tidak disiplin. Misalnya, nih, kamu harus bangun jam empat pagi dan paling siang jam lima pagi, kalau kamu tidak mendisiplinkan rutinitas ini, bisa saja, lho, kamu menjadi seseorang yang sulit ketika diharuskan untuk bangun pagi.

Contoh lainnya, misalnya kamu tidak disiplin dalam mengikuti aturan-aturan di ruang publik, tindakanmu dapat menyebabkan ketidakteraturan. Ketika kamu menyebabkan ketidakteraturan di ruang publik, maka, kamu pun menciptakan ketidaknyamanan pula di ruang publik.

7. Lakukan rutinitas dengan konsisten

Nah, disiplin akan meningkat, ketika kamu melakukan segala sesuatu yang sudah dijadwalkan atau segala aturan secara konsisten. Maksudnya, kamu harus melakukan hal-hal tersebut setiap hari tanpa terlongkap. Dengan melakukan rutinitas secara konsisten, yang tadinya kamu merasa sangat berat dalam melakukannya, pasti, karena sering dilakukan, rutinitas tersebut menjadi terasa biasa saja.

***

Nah, karena disiplin merupakan suatu hal yang sangat penting, yuk, lakukan kedelapan tips di atas agar kamu dapat meningkatkan kedisiplinanmu!

Baca juga:

(Sumber gambar: mythicscribe.com, themuse.com, actsofrevision.com, bouldergigs.com, christopherus.com, sc18.supercomputing.com, sciencenews.com)

LATEST COMMENT
Ahmad Faidoli Siregar | 6 jam yang lalu

Apa bisa modal jago gambar kita masuk jurusan arsitektur?

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Cindy Tan | 8 jam yang lalu

Semoga lolos dan keterima SBMPTN ke UI 2019

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Hawwa 'Ainaa | 11 jam yang lalu

Saya sma jurusan ipa, apakah bisa masuk fsrd lewat jalur snmptn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau bertanya. Boleh nggak mengambil 1 prodi saja di 2 PTN berbeda?

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau tanya. Boleh nggak mengbila 1 prodi pada 2 PTN yang berbeda? Sekian terima kasih!

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©