Menu

Susah Beradaptasi? Yuk, Coba Lakukan 5 Hal ini Untuk Meningkatkan Skill Adaptasimu!

Soft Skill atau kemampuan lunak merupakan kemampuan yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, keterampilan sosial, keramahan, komunikasi dan sebagainya. Kamu tahu, nggak, sih, soft skill apa yang paling terpenting dari setiap manusia? Yap! Kemampuan adaptasi. Kemampuan ini harus dimiliki oleh semua orang, baik itu anak sekolah, anak kuliah bahkan yang sudah bekerja.

Kemampuan adaptasi adalah kemampuan manusia dalam menyusuaikan dirinya dengan lingkungannya. Kita nggak akan membicarakan kemampuan adaptasi yang dimiliki semua makhluk hidup, ya, gaes. Tapi, kita akan membahas kemampuan adaptasi dari orang-orang ketika mereka menemukan sesuatu yang baru di lingkungan dan aktivitasnya.

Semua orang pasti mengalami suatu perubahan. Misalnya nih, seorang anak kuliahan yang sudah lulus, cepat atau lambat, pasti akan mendapatkan pekerjaan. Nah, anak kuliah tersebut harus bisa beradaptasi dengan lingkungan kerjanya yang baru dan juga aktivitasnya. Begitu pun dengan anak sekolah. Setiap kenaikan kelas, anak sekolah pastinya harus beradaptasi dengan kelas yang baru, teman yang baru dan juga mata pelajaran yang lebih sulit.

Penting banget, kan, gaes, kemampuan dalam beradaptasi ini? Tapi, nih, terkadang masih banyak, lho, orang-orang yang sulit beradaptasi dengan lingkungan dan aktivitasnya yang baru. Terkadang mereka masih terbiasa dengan lingkungan dan aktivitasnya yang lama, ya, susah move on kalau kata anak zaman now. Apakah kamu memiliki kendala dalam beradaptasi, juga, gaes? Kalau iya, yuk, baca 5 tips untuk mempercepat adaptasimu di lingkungan dan aktivitas baru!

  1. Kenali Keadaan Sekitar dan Kegiatannya

observasi keadaan sekitar

Yap! Ketika kamu berada di lingkungan yang baru, pastinya kamu belum familiar, banget, kan, dengan lingkungan sekitar. Nah, agar kamu cepat beradaptasi, mulailah mengenali lingkungan sekitarmu. Misalnya nih, ketika kamu naik kelas, kamu pasti akan berada di kelas yang baru dan posisi duduk yang baru. Kamu bisa memperhatikan posisi duduk teman-temanmu bahkan kamu juga bisa memperhatikan posisi benda-benda di kelas barumu.

Kalau kamu anak kuliah yang baru saja keterima kerja, kamu bisa banget cek lingkungan sekitar. Untuk lingkungan di dalam kantor, kamu bisa mengecek dimana toilet, dimana pantry, dimana mushola atau masjid dan bahkan kamu juga bisa mengecek posisi duduk masing-masing divisi. Untuk lingkungan di luar gedung, kamu bisa mengecek restoran mana yang menyediakan makanan enak atau restoran mana yang memberikan harga termurah.

Selain mengenali lingkungan sekitar, kamu perlu banget mengenali kegiatan apa yang akan kamu lakukan. Kalau kamu anak sekolah yang baru naik kelas, kamu bisa mulai buka-buka buku pelajaran barumu. Dan kalau kamu anak kuliah yang baru mendapatkan pekerjaan, kamu bisa mencari tahu apa job description-mu di Internet. Kamu juga bisa menanyakan banyak hal atau memperhatikan atasanmu dan teman-teman sekitarmu.

  1. Cobalah untuk Menjalin Pertemanan

berteman dengan banyak orang

Ketika kamu berada di lingkungan yang baru, pastinya kamu tidak mengenali siapapun, kan? Nah, supaya kamu nggak diam-diam saja dan merasa awkward di dalam keramaian, mulailah untuk menjalin pertemanan.

Supaya kamu mendapatkan teman yang baru, jangan terlalu sibuk dengan gadget-mu, ya, gaes. Jangan pula menundukkan kepalamu. Kamu harus memperhatikan keadaan di sekitar. Kalau semisal ada orang yang melihatmu, kamu bisa banget melempar senyum kepadanya, dan hal ini merupakan cara pertama untuk menjalin pertemanan yang baru!

Kamu juga bisa, kok, langsung menyapanya. Buat kamu yang baru naik kelas, kamu bisa menyapa temanmu dengan bilang “hai, kita jadi teman sekelas ya, namamu siapa?”. Buat kamu yang baru mendapat pekerjaan baru, kamu juga bisa menyapa mereka dengan bilang “hai, kamu sudah lama bekerja disini?” atau langsung saja memperkenalkan dirimu seperti “hai, namaku YYY, aku baru kerja disini, mohon bantuannya ya”. Jangan lupa berikan senyum terbaikmu, ya, gaes!

  1. Bersikap Ramah Kepada Semua Orang

Bagaimana bisa kamu mendapatkan banyak teman baru, kalau kamu saja tidak ramah kepada banyak orang? Nah! Kamu nggak boleh gengsi, lho, untuk bersikap ramah kepada orang baru. Nggak usah takut kalau orang-orang baru tersebut akan jutek atau menganggap kamu SKSD alias sok kenal sok dekat. Semua orang menyukai orang yang ramah, lho.

berbagi makanan

Untuk bersikap ramah, kamu bisa kok melempar senyum, menyapa, memberi salam dan sebagainya. Oh iya, kamu juga bisa bawa makanan ringan dan menawarkan makananmu kepada orang-orang baru di sekitarmu. Berbagi selalu menjadi hal yang terbaik untuk beramahtamah, lho, gaes.

  1. Berpikir Positif!

Terkadang banyak dari orang yang merasa minder di tempat baru, merasa tidak akan memiliki teman atau bahkan merasa tidak bisa mengerjakan segala aktivitas baru di tempat yang baru tersebut. Nah, kamu jangan berpikir seperti ini, ya! Kamu nggak akan tahu bagaimana tempat baru tersebut kalau kamu belum mencobanya. Misalnya nih, kamu merasa bahwa kamu tidak bisa mengerjakan aktivitas-aktivitas baru di tempatmu. Well, namanya juga baru, gaes, kamu masih beradaptasi dengan aktivitas-aktivitas tersebut. Nanti juga kamu akan terbiasa.

positive thinking

Selalu tanamkan pikiran-pikiran positif seperti tempat baru akan lebih menyenangkan, teman-teman baru akan lebih menyenangkan, aktivitasnya lebih menantang dan kamu bisa menjalankannya sebaik mungkin dan sebagainya. Kamu harus, tau, gaes, apa yang kamu pikirkan, akan mempengaruhi tindakanmu dan lingkungan sekitarmu, lho!

  1. Stop Mengungkit Masa Lalu

jangan ingat masa lalu

“Ah lebih enak pas kuliah ya”. “Ah lebih menyenangkan belajar di kampus ya daripada kerja”. “Ah teman-teman di kelas lama lebih menyenangkan”. “Ah lebih suka aktivitas yang dulu daripada yang sekarang”.

Eits… STOP! STOP! Duh, masa lalu, biarlah masa lalu, jangan kau ungkit jangan ingatkan aku~ Nah, kan, jadi nyanyi dangdut. Tapi, lagu dangdut itu benar banget, lho, gaes. Masa lalu ya tetap menjadi masa lalu, mau kamu ungkit-ungkit lagi, masa itu tidak akan kembali lagi. Jadi tidak perlulah kamu ungkit kembali atau bahkan lebih parahnya, membandingkan dengan masa sekarang.

Ketika kamu mengungkit masa lalu dan membandingkannya di masa sekarang, yang ada, nantinya kamu nggak bisa move on dan merasa bahwa masa lalu lebih baik daripada masa sekarang. Seharusnya, masa lalu cukup dikenang dan dijadikan pelajaran. Live your life today, hidupkan kehidupanmu hari ini, bukan masa lalu.

***

Beradaptasi merupakan suatu hal yang penting, lho, gaes. kenapa beradaptasi itu penting? Karena dengan beradaptasi kamu akan merasa enjoy dengan lingkungan yang baru dan juga dapat menjalankan aktivitasmu yang baru. Nah, selamat mencoba ya, gaes!

Baca juga:

(Baca juga: thebluediamondgallery.com, shutterstock.com, humanresourceonline.net, laurieburtontraining.com, thepositivelife.co)

LATEST COMMENT
Gioabi Fashar | 21 jam yang lalu

siapa bilang gk bisa? yg ada di jurusan arsitektur itu gk ada itung2an dan jurusan arsitektur juga bukan cuma soal gambar. Jurusan arsitektur harus jago problem solving tapi bukan berarti harus jago matematika

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Nancy Tasia Sopaheluwakan | 1 hari yang lalu

Min , saya mau nanya kalau misalnya kita dari semester 1 dan 2 tidak masuk kuliah , apakah di semester 3 kita masih bisa masuk kuliah atau tidak ?

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©