Menu

Merasa Punya Kepercayaan Diri yang Rendah? Coba 10 Tips Ini Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Dirimu

Masalah kepercayaan diri sering kali menyerang kita, khususnya para remaja. Tingginya tekanan dari lingkungan untuk menjadi ‘sempurna’ plus hadirnya media sosial, bisa menjadi monster mengerikan yang dapat menyerang rasa percaya diri kita kapan saja. Nggak jarang, rendahnya rasa percaya diri ini bahkan menjadi pemicu dari banyak masalah kesehatan mental seperti depresi dan gangguan kecemasan.

Tapi tenang, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut dan meningkatkan rasa percaya diri kamu—for good. Simak baik-baik ya!

1. Membuat Toples Pujian

Selama satu bulan penuh, coba tuliskan hal-hal yang kamu sukai dari dirimu setiap hari. Misal, kamu sangat menyukai model rambut kamu, tulisan tanganmu yang indah, atau suaramu yang bagus saat bernyanyi—apapun hal positif dari dirimu pokoknya. Di akhir bulan nanti, kamu bisa membuka toples ini dan membaca satu per satu isinya sebagai bahan refleksi yang, hopefully, bisa membuat kamu merasa lebih baik tentang diri kamu.

Mencintai diri sendiri itu penting, lho!

2. Nikmati hidup mulai dari sekarang

Rendahnya rasa percaya diri seringkali datang karena kamu terlalu sibuk memikirkan hal-hal di luar kontrol kamu yang nggak bisa kamu ubah, atau peristiwa di masa depan yang mungkin malah nggak akan pernah terjadi. Berhenti memikirkan hal-hal seperti, “Aku bakalan gagal” atau “Aku nggak akan bisa ngelakuin ini, aku nggak berbakat”. Selama kamu sudah berusaha sekuat tenaga, biarkan takdir yang menyelesaikan hasilnya. Stop stressing over things you can’t control, and start living in the now.

3. Menulis buku/jurnal harian

Menuliskan apa yang tengah kamu rasakan, adalah cara yang sehat untuk mencurahkan perasaanmu. Coba deh, menulis jurnal harian tiap malam dan setelah kamu menuangkan segalanya, tutup jurnal itu dan jangan dibuka lagi hingga esok malam. Ini membantu kamu untuk keep track dengan hal-hal yang yang mengganggu perasaanmu tanpa membuatnya mengintervensi stabilitas emosi kamu sehari-hari.

Dear diary...

4. Sadar akan perilaku negatif diri sendiri

Segera sadari saat kamu mendapati dirimu tengah berpikir atau berperilaku negatif. Ketika kamu telah bisa menyadari hal-hal buruk yang kamu lakukan atau pikirkan, saat itu pula kamu bisa mengubahnya dengan melakukan atau memikirkan hal-hal yang lebih positif.

5. Bertanya pada diri sendiri

Tanyakan pada dirimu: “Jika sekarang aku adalah orang lain, apakah aku akan membuat mereka merasa buruk akan diri mereka sendiri?”.

Kadang, berpikir objektif dengan cara memposisikan diri kita sebagai orang lain di situasi serupa bisa membantu kamu untuk berpikir lebih positif lho, gaes!

6. Ngobrol dengan diri sendiri

Selain bertanya, kamu juga bisa “mengobrol” dengan diri kamu sendiri sebagai bahan refleksi atas hal-hal yang membuat kamu nggak percaya diri. Daripada kamu terus-terusan menjelekkan diri sendiri, lebih baik kamu mulai “berbicara” tentang mengapa kamu merasakan apa yang kamu rasakan, atau bagaimana sekiranya kamu bisa menghilangkan perasaan tersebut.

7. Berhenti men-judge diri sendiri dan orang lain

Umumnya, orang dengan kepercayaan diri yang rendah cenderung untuk berperilaku negatif di aspek kehidupan mereka lainnya, salahsatunya adalah pada aspek sosial. Kalau kamu mendapati diri kamu menjelekkan orang lain karena hal ini, segera berhenti. Menjelekkan orang lain nggak akan membuat kamu merasa lebih baik. Say something nice, or just don’t say anything at all.

8. Meditasi

Meditasi bisa menjadi sarana kamu untuk melakukan relaksasi setelah seharian stress akibat tugas di sekolah maupun kampus. Coba deh lupakan segala kecemasanmu dengan melakukan olaraga pernapasan selama minimal 15 menit per hari. Dengan kondisi tubuh dan pikiran yang lebih rileks, kamu tentunya bisa menjadi pribadi yang lebih positif dengan mudah.

Meditasi membantu kamu untuk lebih rileks dan fokus

9. Belajar untuk melepaskan

Belajar melepaskan bukan cuma soal mengikhlaskan mantan yang mutusin kita dan langsung jadian dengan orang lain lho, ya. Melepaskan dirimu dari memikirkan hal-hal yang membuatmu merasa cemas, membantu kamu untuk menyingkirkan perasaan tidak percaya diri dan berpikir lebih positif.

10. Berpartisipasi aktif dalam hidupmu sendiri

Jangan cuma jadi penonton. Ketika kamu membiarkan emosi negatif mengendalikan hidupmu, maka kamu nggak benar-benar memiliki kontrol akan dirimu sendiri. Mulai deh berpartisipasi aktif dalam hidupmu sendiri dengan cara se-simpel mengatur emosi, untuk mengembangkan sikap yang lebih positif.

(sumber gambar: linkedin.com, pinterest.com, nytimes.com)

Baca juga:

LATEST COMMENT
Betta Agustina | 5 jam yang lalu

Kurang suka menghitung tapi suka lebih suka cari kesalahan atau suka memacahkan masalah

13 Ciri Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Teknologi dan Komputer
Dwisat Wulandari | 6 jam yang lalu

Iya bener tuh lebih baik UTBK diadakan tahun depan biar siswa gak pusing "

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©