Kalau Bahasa Tubuh Lawan Bicaramu Menunjukkan Hal-Hal Ini, Mungkin Dia Sedang Berbohong!

Pernah nonton serial Hollywood “Lie To Me”? Serial tersebut menceritakan kehidupan seorang ahli ilmu perilaku yang bisa memecahkan berbagai kasus, hanya dengan membaca bahasa tubuh orang-orang yang terkait kasus tersebut. Dengan menganalisa siapa yang berkata jujur dan siapa yang berkata bohong, dia bisa menemikan solusi untuk setiap kasus.

Sebenarnya teknik membaca kebohongan sudah dipelajari sejak tahun 1970an, demi kepentingan investigasi atau penyelidikan yang dilakukan mata-mata. Namun sekarang ilmu membaca bahasa tubuh sudah tersebar luas. Bahkan sudah ada banyak buku yang beredar tentang seni teknik membaca bahasa tubuh.

Mempelajari bahasa tubuh bukan hanya untuk menghindarkan diri untuk dibohongi, lho. Dalam dunia bisnis dan organisasi, membaca bahasa tubuh juga bisa bermanfaat untuk pengambilan keputusan. Kita jadi tahu, kalau ada miskomunikasi di organisasi, siapa yang seharusnya bertanggung jawab. 

1. Lihat gerakan matanya

Kalau orang lagi bohong, dia akan menggunakan bagian otak yang berlawanan dengan bagian otak yang berfungsi untuk mengingat kejadian yang sebenarnya. Matanya akan bergerak ke arah otak yang digunakan untuk menjawab pertanyaan.

Contohnya, kalau seseorang berbohong, matanya akan bergerak ke arah kiri atas. Kenapa? Karena pada saat itu, mereka menggunakan otak sisi kiri yang berfungsi untuk mengkonstruksi cerita imajinasi. Kalau seseorang berkata jujur, matanya akan bergerak ke arah kanan atas, karena di situlah pusat memori kita berada.

Intinya, dengan melihat pergerakan mata, kita bisa tahu apakah jawaban yang diberikan lawan bicara, berasal dari ingatannya atau cuma sekedar karangan.

2. Lihat ekspresi wajahnya

Kalau ada istilah fake-friend, ada juga yang namanya fake-smile. Coba lihat wajah lawan bicaramu ketika dia tersenyum—apakah senyumnya terlihat simetris? Karena kalau emosi kita jujur, seharusnya jadi membuat kedua sisi muka kita sama.

Kalau seseorang memalsukan senyumnya, senyumnya akan tampak ketahan, karena alih-alih merasakan emosi, dia malah sibuk mikir, “Gue enaknya senyum apa nggak, ya?”. Selain itu, senyum yang palsu juga hanya melibatkan otot di sekitar mulut, bukan keseluruhan muka. 

3. Lihat tanda-tanda sikap gugupnya

Gugup adalah sebentuk respon otak, kalau kita berbohong. Dengan sikap gugup, otak mencoba mengalihkan perhatian kita, supaya kita nggak merasa bersalah saat berbohong. Bahkan bagi orang-orang yang gampang gugup, intensitas gugup mereka akan tampak meningkat kalau sedang bohong.

Jadi kalau lawan bicaramu menjauhkan pandangannya dari kamu, menyembunyikan wajahnya dengan tangan, memegang benda lain yang nggak penting selama pembicaraan, tandanya dia gugup dan khawatir kebohongannya terbongkar.

4. Baca gestur tangannya

Ketika seseorang berbohong, dia akan mengkondisikan agar pergerakan tangannya nggak jauh dari tubuhnya. Dengan cara ini, dia berusaha agar dirinya tetap terkontrol dan nggak ketahuan sedang bohong. Tetapi tanda berbohong yang paling jelas dan kelihatan adalah kalau lawan bicaramu menggosok hidungnya, megang cuping telinganya, mengucek-ucek matanya, atau mengusap dahinya.

Sebenarnya gerakan-gerakan di atas bukan hanya indikasi bahwa dia sedang gugup saat menjawab. Gerakan-gerakan tersebut sebenarnya respon alam bawah sadar manusia untuk menutupi mulut, mata, dan muka saat berbohong. Semacam mencegah supaya bohongnya nggak keliatan di muka gitu, gaes!

(sumber gambar : lifehack.org, psychologytoday.com, pinterest.com, prevention.com, news.stanford.edu)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 9 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 19 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1