Menu

Ikuti 7 Langkah Anti-Mainstream Ini Biar Semua Resolusimu di Tahun 2019 Bisa Tercapai

Di antara kita pasti ada yang nggak peduli sama yang namanya resolusi. Padahal, resolusi itu perlu kita buat sebagai penunjuk jalan untuk kehidupan kita di tahun ini, gaes. .

Emang, sih, mewujudkan resolusi itu nggak mudah. Karena kita nggak pernah bisa menduga hal-hal apa aja yang akan terjadi di sepanjang tahun nanti. Apakah itu akan mempermudah kita dalam mencapai resolusi? Atau justru membuat kita menyerah?

Kalo udah begitu jangan putus asa, gaes. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang harus dilakukan dalam membuat resolusi agar impian kita bisa tercapai di tahun ini.

1. Tentukan apa tujuanmu

Tentukan apa tujuanmu

Mumpung masih awal tahun banget, nih, gaes, buat kamu yang belum punya resolusi—inilah saat yang tepat untuk menuliskan hal-hal apa aja yang ingin kamu capai di tahun ini.

Jadi, tuliskan secara jelas dan spesifik agar nantinya mudah dilaksanakan. Ingat ya, pikirkan dan tulislah tujuan yang benar-benar kamu inginkan!

2. Batasi resolusimu

Kebanyakan bikin daftar resolusi malah akan membuatmu bingung. Lho, kok bisa? Soalnya, kamu jadi nggak tahu jalan mana yang harus dilewati, mana yang harus dicapai lebih dulu, dan alhasil malah bisa membuatmu menyerah duluan.

Buat aja 3-5 daftar resolusi. Karena, kalo dipikir-pikir lagi 365 hari nyatanya bukan waktu yang lama untuk bisa mencapai banyak hal. Kamu hampir nggak mungkin bisa mewujudkan 20 list resolusi dalam waktu sesingkat itu, gaes—terlebih kalo impianmu besar.

Jadi, buatlah resolusi yang realistis dan jangan bikin banyak-banyak deh!

3. Urutkan dari yang paling prioritas

Urutkan dari yang paling prioritas

Setelah menuliskan resolusimu, urutkan sesuai dengan kadar prioritasnya, gaes. Ini penting, biar kamu bisa memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkan setiap resolusi. Ingat lagi, 365 hari bukan waktu yang lama.

Jadi, tentukan terlebih dulu resolusi mana usaha besar dengan waktu yang lebih panjang dan resolusi mana yang memerlukan waktu paling singkat dengan usaha yang kecil.

4. Mengatur strategi untuk mencapainya

Sebaiknya kamu nggak asal-asalan dalam membuat resolusi kalo belum kepikiran gimana mengatur strategi untuk mencapainya. Karena nggak ada keberhasilan tanpa sebuah usaha.

Kalo kamu belum punya strategi, resolusimu rawan gagal, gaes. Karena bisa aja di tengah jalan kamu merasa tersesat. Kamu bingung harus melakukan apa, akhirnya malah putus asa. Hhmm, ‘kan, waktumu jadi sia-sia.

5. Fokus

Fokus

Nggak ada yang pernah tau kejutan apa yang akan terjadi di tahun ini. Apakah akan ada banyak hal buruk atau hal baik yang terjadi pada kita?

Maka, berusahalah untuk tetap fokus, gaes. Meski kesedihan melanda, jangan terlarut dengannya. Begitu pula kalo mendapatkan kebahagiaan besar, jangan terlalu tenggelam.

Fokus pada strategi yang udah kamu buat, ya, biar resolusimu benar-benar terwujud!

6. Ceritakan resolusimu sama orang-orang yang kamu percaya

Adakalanya kamu ingin mendapatkan dukungan dari orang-orang agar impianmu tercapai. Nah, kamu pasti akan menceritakan impian tersebut pada mereka.

Sayangnya, hal ini justru bisa menghambat jalanmu dalam mewujudkan impian itu. Bisa jadi, bukannya mendapat dukungan, kamu malah terus-terusan dituntut untuk segera meraih impian itu. Akhirnya? Stres yang akan kamu alami.

Jadi, jangan terlalu mengumbar resolusimu, ya. Cukup ceritakan pada orang yang benar-benar udah kamu percaya sejak lama.

7. Tempel di tempat-tempat mudah terlihat

Tempel di tempat-tempat mudah terlihat

Membuat resolusi nggak cuma sekedar untuk dituliskan aja, ya,  gaes. Tapi yang paling penting adalah melakasanakan resolusi itu.

Maka dari itu, kamu perlu menempelkan resolusimu tadi di tempat-tempat yang sering kamu lihat. Seperti di depan cermin kamarmu.

***

Nah, itulah beberapa tips yang harus dilakukan dalam membuat resolusi agar impian kita bisa tercapai di tahun ini. Yuk, gaes, kalo ada yang belum bikin resolusi, bikin resolusimu dari sekarang—apa aja targetmu tahun ini. Karena nggak ada kata terlambat untuk melakukan hal baik.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: mon.astrocenter.fr, steemit.com, opthebubblestore.com, paperlief.com, geniuswithmoney.co.uk)

LATEST COMMENT
Sheila Amadea | 5 jam yang lalu

Hai, aku bantu jawab. Aku Sheila, saat ini mahasiswi Okupasi Terapi UI tahun kedua. Prospek kerja di daerah bukan perkotaan justru besar banget. Kalau bisa dibilang, Okupasi Terapi adalah salah satu jurusan yang jarang ditemui di Indonesia. Di Bogor, tempat tinggalku sekarang aja hanya ada 1 orang Okupasi Terapis di RS, dan belum termasuk mahasiswa yang sedang praktek klinik atau magang di RSJ (dari info yang aku tahu sejauh ini, ya. Mungkin saat ini sudah bertambah di klinik-klinik). Kalau kamu dari daerah yang jauh dari kota, kemungkinannya sangat sangat besar tenaga Okupasi Terapis dibutuhkan. Jadi, kalau kamu tertarik dengan jurusan ini dan saat ini tinggal di daerah bukan perkotaan, ini jadi peluang yang buagus banget buat kamu meningkatkan kesejahteraan daerah kamu sendiri. Semangat!

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
priandari | 9 jam yang lalu

sistem penilaian untuk tesnya bagaimana ya kak?

Serba-Serbi Seleksi Mandiri Universitas Airlangga
Puan Nur R | 16 jam yang lalu

Mau tanya kak kalau ketrima sbmptn boleh ikut Ujian Mandiri atau tidak ya?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©