Menu

Dear Anak Kuliahan, Kamu sedang Alami Putus Asa? Ini 7 Cara Mengatasinya!

Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa pastinya penuh dengan cerita. Mulai dari senang bertemu orang baru di awal perkuliahan sampai kesal karena dosen yang selalu membatalkan kelasnya. Hal tersebut, tentu jadi episode hidup yang nggak lekang dimakan oleh waktu.

Namun, seiring waktu berjalan, ada kalanya kita berada di posisi ingin menyerah menghadapi perkuliahan yang begitu berat. Rasanya seperti ingin lari dari kenyataan itu.

Jika, kamu saat ini sedang berada di situasi semacam itu. Jangan putus asa, gaes! Kamu bisa melalui itu semua dengan tujuh langkah berikut ini.

1. Ingat selalu bahwa masa depan ada di tanganmu

Ingat selalu bahwa masa depan ada di tanganmu

Ketika menjalani kuliah, kadang kala ada suara-suara sumbang yang berusaha menjauhkanmu dari masa depan yang ingin digapai. Kalau kamu termakan dengan omongan tersebut, jangan harap dirimu bisa mencapai hari esok yang makin cerah.

Ingatlah, yang menjalani hidup dan tahu akan impianmu adalah diri kamu sendiri. Jadi, jangan habiskan waktu pada mereka yang cuma ingin melihat kegagalanmu aja.

2. Jalanilah hidupmu saat ini

Taukah kamu, setiap hari yang kamu jalani di bangku kuliah adalah langkah awal untuk menjemput masa depan. Dalam perjalanannnya pasti ada banyak tantangan yang harus kamu hadapi.

Daripada mengurung diri dengan keluhan-keluhan yang kamu rasakan, alangkah baiknya kamu menikmati setiap proses yang dilalui. Percayalah, lika-liku yang kamu arungi akan sangat berguna pada hidupmu selepas lulus nanti.

3. Bersyukur karena masih bisa kuliah

Bersyukur karena masih bisa kuliah

Berhasil masuk ke kampus impian rasanya pasti sangat menggembirakan. Tapi setelah melalui hari demi hari, kamu malah menghabiskan waktu dengan mengeluh, berputus asa dan malas-malasan.

Jika kamu sedang merasakan hal tersebut maka ambillah waktu sejenak untuk merenung, gaes. Pikirkan ada berapa banyak orang yang ingin berada di posisimu saat ini, namun mereka tak seberuntung kamu. Bahkan, mereka rela menukar apa pun dengan posisimu sekarang. Lalu kenapa kamu malah menyia-nyiakan masa kuliahmu dengan mengeluh?

Memikirkan hal semacam itu akan membuatmu bersyukur atas nikmat yang telah kamu peroleh. Kamu pun jadi lebih bersemangat untuk bisa melalui perkuliahan dengan baik sampai selesai.

4. Pikirkan hal yang membuatmu bahagia

Ya, emang, sih, berkutat sama rutinitas kuliah kadang melelahkan dan bikin bosan. Nggak jarang rasa putus asa juga mengikuti setelahnya.

Untuk mengatasi itu kamu perlu memikirkan hal-hal yang bikin hatimu senang. Contohnya, membayangkan sedang menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga dengan berlibur atau memikirkan idola favorit ternyata bisa bikin kamu sejenak melupakan beratnya menjalani kuliah, lho.

5. Lakukan perubahan dari hal simpel

Lakukan perubahan dari hal simpel

Keputusasaan yang timbul dalam diri diakibatkan dari kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan. Seperti, suka menunda, bangun kesiangan sampai memandang diri begitu lemah dibanding orang lain adalah kebiasaan yang tanpa sadar membuatmu makin tambah putus asa.

Nah, agar terbebas dari itu kamu perlu melakukan perubahan dari hal kecil. Mulailah dari bangun pagi dan atur waktu untuk setiap kegiatanmu. Dari perubahan se-simpel itu, hidupmu perlahan-lahan akan tertata dan kamu makin kuat dalam menghadapi setiap tantangan yang ada di depan mata.

6. Tulis capaian yang pernah didapat sebelumnya

Salah satu yang bikin kamu putus asa saat kuliah adalah nihilnya apresiasi. Yups, pencapaian yang diperoleh selama kuliah juga layak untuk dihargai, lho, walaupun mungkin nggak sebanyak atau sebesar yang dimiliki orang lain.

Oleh karena itu, kamu perlu untuk menulis apa aja yang telah berhasil kamu capai selama kamu kuliah. Dengan mencatatnya, kamu bisa mengingat seberapa besar perjuanganmu sampai berhasil melalui itu semua.

7. Udah berhasil capai banyak hal di kuliah, lalu kenapa ingin menyerah?

kenapa ingin menyerah?

Setelah menulis semua yang kamu capai dan melihat begitu banyak hal yang udah dilalui, lantas masihkah kamu ingin menyerah? Tanyakanlah itu pada dirimu saat kamu merasa apa yang sedang kamu hadapi terasa berat.

Jangan lupa juga, besarnya pengorbanan yang udah dilakukan orang tua supaya kamu bisa tetap bertahan di bangku kuliah.

***

Menjalani perkuliahan emang nggak seindah cerita di sinetron, gaes. Ada beragam tantangan yang harus dituntaskan sampai lulus nanti. Jadi, ingatlah selalu nggak ada hasil yang mengkhianati proses. Keep your spirit up!

 

Baca juga: 

 

(Sumber gambar: ‚Äčinpathybulletin.com, blog.designingyourlifetoday.com, college-insights.com, juiceplus.com, kidblog.org)

LATEST COMMENT
Tisam Ali | 17 jam yang lalu

Yup, tapi jangan lengah. Harus tetap nge-gas alias semangat menyiapkan UTBK dari sekarang.

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Yusuf Cahyadi | 17 jam yang lalu

Akhirnya bisa bernapas lega :3

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dhea rahma | 20 jam yang lalu

Ka aku aliyah jurusan agama aja, bisa ga ngambil ipc? Aku pengen prodi psikologi kk bisa ga ya?

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Izzatin Nuriyah | 1 hari yang lalu

Kalau dari MAN terus dari jurusan keagamaan, apakah bisa masuk akpol?

Bercita-Cita Menjadi Polisi? Simak Cara dan Persyaratannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©