Cara Seru Memanfaatkan Gadget untuk Pelajar dan Mahasiswa

acer

Hampir semua pelajar dan mahasiswa saat ini menggunakan gadget untuk keperluan sehari-hari. Bukan cuma smartphone, mereka juga punya laptop, kamera, game console, pemutar musik, bahkan modem sendiri supaya selalu terkoneksi dengan internet.

Tapi… seberasa besar, sih, gadget dipakai untuk membantu mereka supaya lebih optimal dalam belajar dan berkarya? Jangan-jangan, gadget cuma dipakai untuk belanja online atau stalking mantan aja. Zzz…

Pewinternet.org, sebuah lembaga internet melakukan survei kepada anak muda usia 14-30 tahun di berbagai negara maju, salah satunya Amerika Serikat. Hasilnya, 76% anak muda menggunakan internet untuk cekrek-cekrek upload alias mengambil gambar. Haih!

Lalu, 72% diantaranya menjawab untuk aktifitas chat. Sebanyak 50% anak muda memiliki pemutar lagu terpisah dari smartphone mereka dan 63% punya game consoles sendiri. Sayangnya, cuma 5% anak muda yang membaca lewat e-book reader dan 4% anak muda memilih tablet sebagai gadget alternatif. Ini menunjukkan, nggak banyak anak muda yang menggunakan gadget mereka untuk sesuatu yang berfaedah.

Menurut saya, sebagai anak muda yang keren, kita harus selalu menghargai segala fasilitas yang kita miliki. Termasuk gadget. Nggak semua anak muda bisa punya kesempatan kayak kamu, lho. Makanya, yuk, manfaatkan gadget yang kamu miliki dengan cara-cara berikut ini!

1. Install aplikasi bermanfaat di smartphone

1

Punya smartphone canggih, tapi cuma dipakai buat chatting, selfie dan ber-medsos-ria? Bok, please, deh. It's 2017! Gunakan smartphone kamu dengan lebih optimal dong, ah. Coba install berbagai aplikasi keren seperti berikut ini.

Selain aplikasi di atas, aplikasi-aplikasi ini juga bikin kamu lebih fokus ketika belajar. Kalau bosan sama aplikasi yang serius, ada juga lho, aplikasi bergaya game untuk mengerjakan tugas.

2. Gunakan kamera untuk bikin karya

Kamera DSLR, kamera Digital atau bahkan kamera Mirrorless lagi hits banget di kalangan anak muda. Sayangnya, nggak semua memakai gadget yang satu ini secara optimal. Sebagian besar cuma memakai untuk pamer OOTD alis Outift of the Day atau buat foto-foto makanan aja.

Padahal, kalau kamu baca cerita para selebgram, kamera bisa jadi alat mereka mencari penghasilan tambahan.

Gunakan kamera untuk serius bikin karya. Misalnya, edit foto kamu secara serius dan bikin tema tertentu di Instagram. Atau, coba buat berbagai macam video untuk diupload ke Youtube. Kamu bisa memilih bikin review, vlog, atau tutorial. Nggak usah khawatir kalau hasilnya masih kurang bagus, karena semua karya yang kece berawal dari karya yang biasa aja, kok. Yang penting kamu mau memulai memanfaatkan gadget untuk sesuatu yang beda dan lebih kreatif.

3. Laptop bisa buat belajar hal baru

3

Selama ini, laptop kamu dipakai untuk apa aja, sih? Kebanyakan jawabannya pasti untuk menyusun tugas sekolah, tugas kuliah, dan streaming film Korea, kan? Hehehe…

Selain hal-hal di atas, kamu bisa memnafaatkan laptop untuk belajar hal-hal baru, lho. Misalnya, belajar bahasa pemrograman atau edit foto dan video pakai software yang lebih canggih.

“Tapi saya bukan anak IT atau Desain Grafis, kak?” Nah, justru itu tantangannya!

Tahukah kamu bahwa negara Jepang sudah mulai mengajarkan murid-murid SMP dan SMA untuk mulai mengenal bahasa pemrograman dan mengedit gambar dengan lebih baik? Soalnya, dua komponen ini dipercaya bakal bermanfaat banget untuk bidang kuliah dan pekerjaan apapun di masa depan.

Dengan menguasai hal-hal di luar pendidikan formal yang kamu ambil, kamu bakal mendapat nilai plus di dunia kerja, sob! Selain itu, coba contek pilihan pekerjaan sambilan yang bisa dikerjakan oleh pelajar dan mahasiswa hanya dengan bermodal laptop!

Makanya, mulai dari sekarang belajar hal-hal yang baru lewat laptop kamu.

Cek juga laptop rekomendasi Youthmanual untuk mahasiswa dari berbagai jurusan. Dan alasan kenapa laptop 2 in 1 pas banget untuk menemani keseharian kamu.

4. Jadikan game sebagai sarana belajar Bahasa Inggris

Suka banget main game? Nggak masalah, kok. Asal optimalkan game console kamu untuk belajar bahasa Inggris. Bukan cuma mencari kesenangan, main game juga bisa melatih kerja sama tim dan latihan bahasa Inggris. Apalagi kalau kamu main game online yang pesertanya dari berbagai negara.

Selamat mencoba!

(sumber gambar: oppi.it, picdn.net)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1