Cara Mengunduh dan Meng-Install Pokemon Go di Android dan iOS

Biarpun sukses jadi mobile game yang super beken dalam waktu super singkat, Pokemon Go masih aja dirilis secara terbatas. Tepatnya, baru dirilis  resmi di lima negara aja—Jepang, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan terakhir Jerman.

Duh, kenapa nggak langsung tersedia langsung di seluruh dunia aja, sih?

Tujuan sebenarnya baik, kok. Niantic, pengembang yang memegang kontrol rilis Pokemon Go, ingin menjaga agar server mereka nggak mbledug karena terlalu ramai, sehingga kualitas permainannya tetap maksimal untuk para pemain.

Nah, tapi namanya juga manusia—apalagi manusia tipe gamer asal Indonesia—pasti selalu punya akal bulus untuk mendapatkan game yang belum resmi masuk, hihihi.

Buat kamu yang belum tahu cara mengunduh Pokemon Go—dengan cara, ehem, nggak resmi—di smartphone kamu, ini dia caranya!

Untuk smartphone berbasis Android

Untuk bisa memainkan Pokemon Go di smartphone Android, yang kamu butuhkan adalah smartphone Android minimal KitKat 4.4

Kamu juga butuh akun Gmail, berhubung game ini digawangi oleh salah satu pencetus Google Earth.

Kalau sudah siap semua, lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Unduh penyedia mentahan aplikasi Android (APK) Pokemon Go, seperti APKPure, APKPolice dan APKMirror. Salah satunya adalah ini

2. Setelah terunduh, install Pokemon Go di Android kamu

3. Tentukan tanggal lahir kamu.

4. Pilih akun. Gunakan akun Google.

5. Klik Accept pada bagian Terms of Service.

6. Tentukan karakter kamu.

Sudah, deh!

***

Heits, tapi tunggu dulu, sob. Ada hal penting yang harus kamu perhatikan tentang mengunduh APK game Pokemon Go.

Untuk pengguna smartphone Android, menunduh game APK Pokemon Go di situs-situs pihak ketiga sebenarnya berbahaya, karena jadi ada kemungkinan hacker mengeksploitasi atau mengambil alih smartphone kamu.

Apalagi ada beberapa situs penyedia APK Pokemon Go “jahat” yang menyisipkan APK Pokemon Go dengan malware berbahaya, bernama DroidJack atau SandroRAT. Malware tersebut bisa bikin smartphone kita gampang di-hack. Kejadian ini bahkan langsung terjadi tiga hari setelah Pokemon GO dirilis di Selandia Baru dan Australia, lho.

Jadi gimana, dong?

Jadi sebelum kamu meng-install APK Pokemon Go, pastikan dulu, deh, APK-nya benar-benar aman dan nggak mengandung malware bahaya. Berikut caranya.

1. Periksa hash (hasil enkripsi dari sebuah password atau informasi yang dianggap penting) dari APK Pokemon GO yang telah kamu unduh. Jika hash SHA256 seperti keterangan berikut ini, maka versi APK Pokemon GO yang kamu unduh adalah versi yang berbahaya. "15db22fd7d961f4d4bd96052024d353b3ff4bd135835d2644d94d74c925af3c4".

2. Selanjutnya, bandingkan layar permissions yang muncul sebelum kamu mulai meng-install. Caranya, buka Setting > App > Pokemon GO > Permissions. Diambil dari jalantikus.com, begini kira-kira penampakan izin aplikasi APK Pokemon Go yang bersih dari malware, dengan yang terinfeksi malware.

Kalau kamu masih belum yakin, kamu bisa menggunakan software Pure APK Install mengecek APK, tapi kamu butuh menggunakan laptop atau komputer, ya.

Dengan software ini, file APK kamu akan di-scan untuk dipastikan bahwa file tersebut bersih dari malware.

Untuk smartphone berbasis iOS

Untuk bisa memainkan Pokemon Go di iOS, yang kamu butuhkan minimal adalah smartphone iPhone 5 dengan iOS 8.2.

Untuk bisa meng-install Pokemon Go di iOS, kamu harus punya Apple ID yang berasal dari negara yang sudah merilis Pokemon Go tersebut, yaitu Jepang, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Jerman.  Berikut cara detilnya:

1. Keluar dulu dari akun Apple ID Indonesia yang sedang kamu gunakan. Masuk ke Settings > iTunes & App Store > klik Apple ID > muncul pop-up pilih Sign Out.

Kembali ke Setting dan pilih menu General > Language & Region. Ubah Region menjadi US, Australia atau New Zealand, tiga negara yang sudah mendapatkan game ini secara resmi.

2. Selanjutnya, buat Apple ID baru. Lebih gampang, sih, buat dari web browser lewat situs ini, ya.

3. Verifikasi email yang sudah kamu gunakan di Apple ID. Kalau kamu mau membuat identitas palsu, gunakan generator ini aja. Dan saat membuat Apple ID, pilih None di menu Billing dan isikan alamat mana saja di Australia, US atau Selandia Baru. Cari alamat-alamatnya di Google, ya!

4. Unduh Pokemon Go, dan daftarkan akun login dengan alamat Gmail yang sudah kamu punya.

***

Kalau kamu nggak mau membuat Apple ID baru, ada cara yang lebih gampang, yaitu lewat toko aplikasi pihak ketiga untuk iOS, seperti misalnya Hip4U.

1. Buka link ios.hipstore.mobi.

2. Ketik Pokemon Go di search bar.

3. Jika sudah ketemu, unduh Pokemon Go via ios.hipstore.mobi.

4. Kalau sudah selesai diunduh, coba klik Pokemon Go di home screen, pasti akan ada tulisan Untrusted Enterprise Developer secara pop-up. Jangan panik, memang begitu prosesnya.

5. Cara selanjutnya adalah, masuk ke Settings > General > Device Management

6. Kamu akan melihat ada opsi Yectech Technology, klik itu dan pilih Trust.

7. Setelah itu, buka aplikasi Pokemon Go lagi, dan selamat bermain!

Cara alternatifnya:

1. Unduh dan install HipStore. Klik ikon Apple di bagian bawah untuk mengunduh dan meng-install-nya

2. Buka Hip4U yang baru saja kamu install. Akan tetapi akan muncul error Untrusted Developer. Untuk itu, masuk dulu ke menu Settings > Profile & Device Management > Pilih Taz Trading Services > Pilih Trust.

3. Nah, sekarang kamu sudah bisa membuka aplikasi Hip4U. Kamu bisa mengunduh aplikasi dan game tanpa Apple ID. Search Pokemon Go dan klik download. Setelah selesai download, akan muncul pop up. Pilih "install" agar Pokemon GO ter-install dan muncul di home screen.

4. Sama seperti Hip4U, kamu juga harus melakukan setting Trust terlebih dahulu terhadap Pokemon Go. Caranya, masuk ke menu Settings > Profile & Device Management > pilih Pokemon Go >pPilih Trust.

(sumber gambar: techicians.com, jalantikus.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1