Menu

Cara Memaknai Hari Libur “Tanggung” Agar Tetap Semangat Menjalani Hari Kejepit Nasional

Barangkali belum tahu, hari Libur Nasional yang jatuh tepat pada hari ini adalah hari Libur Nasional terakhir yang bisa kita nikmati sampai penghujung tahun 2018 nanti. Eits, jangan sedih dulu, di tahun 2018 bakal ada banyak banget hari Libur Nasional yang mepet jadi akhir pekan panjang alias long weekend, lho! *brb susun rencana liburan*

Kalau dipikir-pikir, selama tahun 2017 ini, kita udah nemuin cukup banyak hari libur “tanggung” yang diikuti oleh Hari Kejepit Nasional yang dikenal juga dengan nama beken harpitnas.

Jujur, deh. Siapa, sih, yang nggak greget sama harpitnas? Bahkan saya sendiri ngerasa personally victimized sama si harpitnas ini tiap kali inget kalau besok ternyata masih kudu beraktivitas seperti biasa. Kayak… yaelah bray. PHP banget ngasih hari libur. Hiks.

Makanya, nggak heran kalau banyak yang suka bablasin harpitnas dengan mengambil izin atau cuti agar bisa menikmati surga dunia yang bernama akhir pekan panjang.

While it’s a fun thing to do, hal ini tentunya nggak gampang dilakukan. Apalagi buat kamu para pelajar dengan agenda persiapan masuk kuliah yang lagi padet-padetnya, mahasiswa yang udah keabisan jatah cuti (hari gini udah ngabisin jatah cuti?!), atau anak magang yang masih segan minta cuti sama atasan. Magernya ngadepin harpitnas bisa ngalahin Garfield, kakaaak!

Makanya, nih, kamu yang nggak bisa nikmatin “bablasin-harpitnas-jadi-long-wiken” nggak usah berkecil hati. Ada, lho, cara asyik memaknai hari libur “tanggung” seperti hari ini agar tetap produktif dan bisa bersemangat menjalani harpitnas di keesokan hari yang rasanya impossible banget, seperti…

1. Selesaikan tugas-tugas tambahan yang biasa kamu lakukan di akhir pekan hari ini

1

Kalau kamu memiliki beberapa tugas yang biasa kamu selesaikan di akhir pekan, nggak ada salahnya, lho, kalau kamu coba menyelesaikan tugas-tugas kamu di hari ini. Hitung-hitung melatih produktivitas di hari libur, lah.

Misalnya, nih, kamu punya PR yang harus dikumpulin minggu depan. Daripada nunggu senggang sampai akhir pekan, lebih baik kamu selesaikan PR tersebut hari ini. Atau, kamu biasa bersih-bersih kamar kost di hari minggu. Mumpung hari ini nggak kemana-mana, mending jadwal bersih-bersihnya dipercepat.

Dengan begitu, kamu bisa sedikit bernapas lega karena kamu sudah melepaskan beberapa beban pekerjaan. Serius, deh, gaes. Kamu nggak bakal bisa nikmatin liburan kalau kepikiran terus soal tugas-tugas yang numpuk!

2. Jangan tidur terlalu larut

Nggak ada salahnya, kok, nikmatin hari libur untuk pergi jalan-jalan atau nongkrong seru-seruan bareng temen-temen di suatu tempat. Tapi, fatal banget kalau kamu sampai menghabiskan energimu di hari liburan “tanggung”, karena hal itu bakal efektif banget membuang semangat kamu untuk mengahadi harpitnas secara instan.

Logika aja, sih. Kalau kamu menghabiskan “stok semangat” terlalu cepat, nggak akan ada lagi semangat yang tersisa untuk kamu gunakan agar bisa tetap survive sampai akhir pekan. Kalau sampai begitu, ya masa’ harus beneran cuti di harpitnas? Apa kabarnya jatah absen yang udah cekak?

That’s why kamu nggak boleh tidur terlalu larut sekalipun judulnya “masih hari libur” dan “bertar lagi wiken”. Nggak apa apa, deh, dibilang cupu gara-gara tidur cepet pas hari libur, yang penting besok nggak sampai nge-skip kuis penting di mata kuliah yang dosennya super killer. Hiii.

3. Buat to-do list yang rinci untuk esok hari

3

Paham, kok, gimana magernya menghadapi kenyataan kalau setelah hari libur ini masih ada hari produktif ekstra lagi sebelum wiken menjelang. Mungkin sampai titik ini kamu udah beneran kepikiran kalau mau meliburkan diri di harpitnas dan bakal bodo amatan sama konsekuensinya.

Jangan dulu, atuh. Biar semangatnya tetep on, coba, deh, kamu susun to-do list yang sangaaat mendetil dan terperinci mengenai hal-hal apa yang harus kamu lakukan esok hari. Jangan lupa masukkan dalam timetable dan gunakan keahlian kamu dalam menyusun skala prioritas agar pekerjaan yang kamu lakukan nggak sia-sia.

Hal ini bertujuan agar kamu nggak ngalor-ngidul aja pas harpitnas karena udah nggak kepikiran kudu ngapain karena udah ngebayangin hari libur yang sudah di depan pelupuk mata. Percaya, deh, poin ini akan sangat membantu kamu untuk tetap produktif meskipun isi otak kamu udah tinggal wiken-ini dan wiken itu.

4. Ingatlah kalau akhir pekan kamu bakal lebih worth it!

Terakhir dan nggak kalah penting, izin atau ambil cuti ketika harpitnas itu emang endes bambang. Tapi, yang namanya penyesalan ya pasti datengnya belakangan. Apalagi kalau kamu masih punya kewajiban dan tugas yang menunggu untuk diselesaikan setelah kamu maksain diri untuk sweet escape yang kenikmatannya cuma sementara. Aih.

Itulah alasannya kenapa kamu nggak perlu sedih karena nggak bisa “meliburkan” diri dan harus tetap produktif di harpitnas sekali pun. Soalnya, jika kamu sudah mematuhi tiga poin di atas, niscaya wiken kamu akan terasa lebih worth it dari mereka yang nge-skip harpitnas.

Kenapa? Tentunya karena kamu nggak menumpuk tugas dan kewajiban seperti mereka dan bisa menikmati liburan akhir pekan yang hqq tanpa harus stres sendiri mikirin anu-itu belom kelar segala macem. Istilahnya, berakit-rakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Score!

***

Semangat terus menghadapi harpitnas, ya!

Baca juga:

(sumber gambar: tadsd.com, cambridgeenglish.org, countryliving.net)

LATEST COMMENT
Reza Dwi | 2 jam yang lalu

Menurut saya snmptn harus diselenggarakan dgn melihat kembali nilai test center SBMPTNnya. SBMPTNnya dulu baru nanti snmptn yakni bisa mengetahui mn yg betul betul belajar keras demi nilai tinggi ato yg betul betul nilai tertinggi tp katrol nilainya.. Test dulu keluar nilai, lalu bandingkan dengan nilai raportnya Apakah tinggi passing grade SBMPTNnya ato Justru mlh anjlok SBMPTNnya....jika saya usul setiap mapel yg ada hubungannya dgn fakultas yg dituju harus berimbang. Misalkan FK itu nilai yg dipakai : Biologi, Kimia dan Bahasa Inggris. Serta mapel lainnya.. Berapa persen tiap 2 mapel tertentu utk masuk kategori FK.. Jd bisa dilihat mn yg bagus menurut data statistika raport ato Justru sebaliknya...

Isu Seputar UTBK, SNMPTN, dan SBMPTN 2020 yang Perlu Kamu Antisipasi
Lidia novianti harahap | 3 jam yang lalu

Kk bisa minta tolong rekomendasiin PTN yg ada jurusan BK nya kk? Menurut kk aja gpp kok kk

Daftar Program Studi Universitas Brawijaya Beserta Kuotanya di SBMPTN 2019
yuni shari | 3 jam yang lalu

atau lewat jalur nilai rapor ?

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
yuni shari | 3 jam yang lalu

assalamu'alaikum kak,Kak klo untuk dari smk apa bisa ikut jalur PMDK ?

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Deni Nugraha | 10 jam yang lalu

Kamu kuliah jurusan apa? Gw: Hi Hi juga Gw: Hubungan Internasional, kak bukan Hai:(

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©