Menu

Cara Efektif Berkomunikasi dengan Orang yang Menyulitkan dan Menyebalkan

Adakalanya kita harus berhadapan sama orang yang tergoling menyulitkan dan menyebalkan. Orang menyebalkan ini bisa orang yang keras kepala, sok tahu, suka mengkritik atau mengekspresikan pendapatnya secara asal-asalan. Untuk menghindari konflik dan supaya kamu nggak stress saat berhadapan dengan mereka, berikut tips yang dirangkum dari situs Bright Side:

Bicaralah pada mereka dengan jelas dan percaya diri

Orang yang menyebalkan biasanya “menyerang” orang yang sikapnya nggak jelas. Makanya, mereka jadi berani bersikap menyulitkan dan menyebalkan.

Misalnya, dia datang terlambat padahal kalian udah janjian di jam yang udah ditentukan. Dia pasti langsung beralasan, “Lo nggak jelas sih bahwa nyampe sini harus jam sepuluh. Gue pikir jam sepuluh itu berangkat dari rumah”.

Berkomunikasi sama orang kayak gini memang kadang makan hati banget, gaes. Makanya, lebih baik kamu berbicara dengan jelas dan detil. Meskipun detil itu seharusnya nggak perlu dijelaskan. Semakin detil suatu informasi, dia bakal semakin sulit mencari bantahan.

Tolak bantuan yang justru malah mempersulit kamu

Ada beberapa tipe orang yang niatnya membantu, tapi malah bikin kita makin repot. Tipe yang kayak gini biasanya pengen menolong, tapi nggak mau susah-susah amat. Zzz…

Misalnya, “Gue mau, sih, pinjemin lo duit. Tapi lo ambilin pesenan baju gue dulu ya, terus anterin ke rumah gue. Sekalian mampir beliin mie ayam kesukaan gue itu, ya”.  Kalau kamu merasa dengan bantuan yang ditawarkan malah menyulitkan kamu, mendingan tolak aja, deh, gaes.

Cape, deeehhh...

Jangan diambil hati atau menyalahkan diri sendiri

Karakter orang yang sering menyulitkan dan menyebalkan kadang nggak bisa dihindari. Jadi, nggak usah baper menghadapi karakter yang begini. 

Misalnya, jangan ambil hati kalau dia mengkritik pekerjaan kamu dengan asal-asalan. Padahal, kamu sudah mengerjakannya mati-matian. Orang yang menyulitkan dan menyebalkan selalu berusaha menjadi penting di hadapan orang lain. Semakin kamu merasa membutuhkan mereka, mereka bakal semakin banyak tingkah.

Jangan ragu untuk menyudahi percakapan

Kalau semua pandangan dan perkataan orang tersebut udah mulai nggak nyambung, jangan ragu untuk menyudahi percakapan ya, gaes. Hal ini baik dilakukan supaya mood kamu nggak terpengaruh.

Misalnya, kalian tadinya lagi membahas gadget yang mumpuni untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah atau kuliah. Termasuk aplikasi bermanfaat yang menunjang pembelajaran. Tiba-tiba, orang yang menyebalkan ini malah memamerkan gadget yang dia punya dan sikap anti terhadap aplikasi yang memudahkan proses belajar.

 

(Sumber gambar: shutterstock.com, wikihow.com)

LATEST COMMENT
Anisa | 3 jam yang lalu

Kk aku kan dari jurusn ipa, tapi pas mau kuliah mau ngambil soshun, itu apakah harus utbk nya sohsun atau ipc kk?

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Tisam Ali | 10 jam yang lalu

Apakah masih bisa diubah? Jika ya, silakan coba di prodi yang lain. Namun apabila telah telanjur dan tidak bisa diubah, maka saran saya coba jalani. Bulatkan tekad untuk menjalani perkuliahan. Dari situ, kamu benar-benar dapat mengetahui apakah salah jurusan atau ternyata bisa dijalani.

Balada Salah Jurusan Kuliah dan Solusinya. Nggak Harus Pindah Jurusan, Kok!
Tisam Ali | 10 jam yang lalu

Hai Kristin, untuk teknis pengisian, bisa kamu tanyakan ke pihak kampus. Kebanyakan kampus sudah menerapkan pengisian berbasis komputer secara online. Ada pula yang masih mengisi secara manual (tertulis).

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Syafara nur Jannah | 13 jam yang lalu

Kirain jurusan dokter forensik dibedain jurusan dokter pada umumnya

Mengenal Serba-Serbi Profesi Dokter Forensik
arinal izzay | 18 jam yang lalu

go visit : http://news.unair.ac.id/2018/09/10/manajemen-perhotelan-unair-siapkan-mahasiswa-hadapi-dunia-kerja/

Serba-Serbi Jurusan Perhotelan: Dari Mata Kuliah Hingga Prospek Kerja
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©