9 Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Menjadi Pelajar yang Lebih Berprestasi

Siapa, sih, yang nggak mau jadi pelajar atau mahasiswa yang lebih berprestasi? Pastinya semua mau dong, ya.

Tapi sayangnya, nggak semua orang tahu caranya. Kebanyakan dari pelajar menyimpulkan bahwa untuk menjadi lebih berprestasi adalah belajar, belajar dan belajar. Padahal bukan itu aja, lho, sob. Banyak cara lain yang bisa mengoptimalkan jalan kamu menjadi pelajar atau mahasiswa yang lebih berprestasi.

Lakukan cara berikut ini dan rasakan perubahan diri kamu sendiri setelahnya.

1. Jauhkan semua gangguan ketika belajar

Ketika kamu belajar, jauhkan semua gangguan yang bisa mengalihkan fokus kamu. Jangan pilih musik yang salah, jangan belajar sambil chatting, apalagi sambil buka media sosial. Pakai metode belajar seperti Teknik Pomodoro atau Eat That Frog supaya belajar kamu lebih efektif. Kalau kamu nggak menyingkirkan gangguan itu, kamu bakal belajar lebih lama, atau malah nggak belajar apa-apa sama sekali. Rugi waktu dan tenaga ‘kan?

2. Cari cara untuk berkontribusi

Sekarang ini, banyak acara positif yang bisa membantu kamu untuk berkontribusi dan punya peluang menuju sukses. Lewat internet atau teman-teman, cari informasi kegiatan sosial yang bisa mengasah soft skills kamu dan membuat kamu lebih semangat belajar juga bersyukur.

Pelajar Berprestasi 1 - Youthmanual

3. Banyaklah bertanya

Jangan malu bertanya kalau nggak mau sesat di jalan. Tanya sama dosen materi yang belum kamu pahami, ajak senior berdiskusi, dapatkan jawaban seputar pendidikan dari para mentor di Tanya Youthmanual, atau ngobrol sama keluarga soal apapun. Sebagai anak muda, kamu harus punya rasa ingin tahu yang tinggi. Ini akan mengasah logika berpikir dan memperdalam ilmu pengetahuan kamu.

4. Jangan terlalu mengandalkan apa yang kamu pelajari di kelas

Apa yang kamu pelajari di kelas atau kampus, belum tentu menjadi bidang yang kamu geluti di masa depan. Kalaupun iya, kamu harus mencari informasi lain dan nggak cuma mengandalkan materi di kelas. World is shifting so fast. Kalau kamu nggak rajin dan belajar dengan serius, kamu bakal ketinggalan dalam berkompetisi. Banyak orang yang pintar dan berprestasi tapi ternyata nggak sukses di dunia kerja. Jangan sampai kamu jadi salah satunya, ya.

5. Networking, networking, networking.

Bertemanlah dengan orang-orang positif untuk memperluas networking kamu. Teman yang tepat bakal membantu kamu meraih sukses lebih cepat.

6. Ikut les, seminar, workshop dan baca buku sebanyak-banyakya

Kerja keras dan kerja cerdas. Sebagai pelajar, kita punya waktu yang banyak untuk menggali ilmu pengetahuan. Ketika kita sudah kerja nanti, kita nggak akan punya waktu banyak untuk belajar. Jadi manfaatkan waktu dan kesempatan sebaik-baiknya dari sekrang. Ikut les, seminar, wokshop dan baca berbagai buku, bukan cuma buku pelajaran.

Pelajar Berprestasi 2 - Youthmanual

7. Jangan bandingkan diri kamu sama orang lain

Setiap pelajar itu unik. Kita punya minat dan cara masing-masing untuk belajar. Selain itu, membandingkan diri dengan orang lain cuma bakal bikin kita lebih lambat dalam melakukan sesuatu yang penting di hidup kita. Baiknya, kamu mengevaluasi diri kamu setiap bulan, apakah bulan ini kamu sudah menjadi lebih baik dan semakin dekat dengan impian kamu?

8. Tetapkan mimpi dan strategi yang jelas buat mencapainya

Sebagai anak muda yang keren, kamu harus tahu apa yang kamu inginkan. Misalnya, bidang apa yang ingin kamu kuasai, mau berprofesi sebagai apa setelah lulus nanti dan bagaimana cara kamu mencapai tujuan itu.

Gunakan pendidikan kamu untuk mencari tahu bagaimana kamu mencapai mimpi kamu. Menurut Janis Butevics, seorang pengusaha muda dan penggiat Quora di Latvia, membangun strategi untuk mencapai cita-cita bakal memudahkan kamu untuk menghadapi setiap hambatan untuk mencapai cita-cita itu sendiri.

9. Selalu berpikiran terbuka dan mau belajar dari siapapun

Kamu pasti pernah mendengar penggalan kalimat “semua orang itu guru, alam raya sekolahku”. Istilah ini menggambarkan bahwa kita harus selalu berpikiran terbuka, mau belajar dari siapapun dan di manapun. Misalnya, meskipun kamu merasa sudah menguasai suatu hal, jangan malu untuk berdiskusi bersama junior atau berbagi pengalaman bersama orang yang “bukan siapa-siapa”. Mereka selalu punya sesuatu yang bisa kita pelajari.

Baca juga:

(sumber gambar: lifehack.org, time-to-care.org, youthmanual.com, paychex.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1