Menu

8 Tips Ampuh Atasi Rasa Malas Berangkat ke Sekolah Setelah Libur Panjang

Nggak berasa, ya, baru aja kemarin liburan sekolah. Senin besok udah masuk sekolah lagi aja. Yups, pergi ke sekolah setelah menjalani libur panjang biasanya emang terasa berat, gaes. Apalagi kalo kamu udah terbiasa dengan rutinitas sehari-hari yang diisi dengan berbagai kegiatan santai. Nggak heran, sih, kalo kamu merasa malas menjelang hari pertama masuk sekolah. Karena rasa malas sehabis liburan pasti akan dialami semua orang—baik itu yang udah bekerja, kuliah ataupun masih sekolah.

Nah, untuk mengatasi rasa malas yang biasa dirasakan para pelajar di hari pertama masuk sekolah, ada beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba agar rasa malasmu berkurang sehingga kamu bisa kembali bersemangat untuk pergi ke sekolah. Apa aja, ya, kira-kira? Simak tipsnya di bawah ini.

1. Atur segala rencana dan persiapan dengan matang

Atur segala rencana dan persiapan dengan matang

Sebelum kembali ke rutinitasmu sebagai seorang pelajar, ada baiknya kamu harus memiliki persiapan dan rencana yang jelas. Entah itu mempersiapkan peralatan sekolah ataupun seragam yang nantinya akan kamu pakai.

Persiapan secara matang dan jelas itu sangat penting, gaes. Soalnya, kalo di hari pertama aja kamu belum siap dengan segala keperluan sekolahmu, gimana kamu mau semangat kembali ke sekolah?

Jadi persiapkan segala keperluanmu mulai dari sekarang.

2. Pastikan kamu udah mengerjakan tugas sekolah yang diberikan saat liburan

 Pastikan kamu udah mengerjakan tugas sekolah yang diberikan saat liburan

Biasanya sebelum liburan panjang, siswa akan diberi tugas entah yang berupa esai/cerpen yang berbau liburan atau sekedar tugas mengisi soal-soal yang ada di buku. Sebelum kamu berangkat ke sekolah, pastikan kamu udah mengerjakan semua tugas tersebut. Jangan sampai menunda-nunda pekerjaan sekolahmu dan baru dikerjakan h-1 sebelum masuk sekolah. Waduhh, bisa nggak selesai tugasnya…

3. Jangan melakukan kegiatan yang melelahkan sehari sebelum sekolah

Jangan melakukan kegiatan yang melelahkan sehari sebelum sekolah

Sebisa mungkin kamu nggak melakukan aktivitas berat sehari sebelum masuk sekolah, deh. Hal ini bertujuan biar di hari berikutnya kamu nggak merasa kelelahan. Soalnya kalo kamu menguras tenagamu untuk melakukan kegiatan yang berat pasti keesokan harinya kamu mudah merasa letih dan nggak bersemangat untuk kembali ke sekolah.

Ada baiknya, kamu cukup bersantai di rumah sehari sebelum hari pertama masuk sekolah atau sekedar pergi untuk membeli peralatan sekolah aja.

4. Hindari makanan dan minuman mengandung kafein

Hindari makanan dan minuman mengandung kafein

Ya emang, sih, kafein berguna untuk menstimulus badanmu. Tapi kalo kamu mengkonsumsi kafein berlebihan menjelang hari pertama masuk sekolah, kamu pasti akan kesulitan tidur tepat waktu.

Kalo jadwal tidurmu nggak teratur karena keseringan begadang waktu liburan, tubuhmu akan mudah kelelahan dan merasa malas.

Jadi, kamu harus banget menghindari makanan dan minuman yang berkafein.

5. Jangan tidur malam-malam ketika H-1 masuk sekolah

Jangan tidur malam-malam ketika H-1 masuk sekolah

Nah, kalo kamu udah menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, tapi h-1 sebelum kamu masuk sekolah, kamu tetap tidur terlalu malam. Ya, sama aja bohong, gaes!

Fyi, tidur terlalu malam itu bisa membuatmu malas. Alasannya? Waktu tidurmu jadi singkat—yang seharusnya minimal 8 jam menjadi kurang dari 8 jam. Dijamin, deh, kalo kamu tidur terlalu malam, besoknya kamu akan malas untuk bangun ke sekolah karena masih ngantuk.

6. Ajaklah temanmu untuk berangkat ke sekolah bersama

Ajaklah temanmu untuk berangkat ke sekolah bersama

Sesuatu hal yang membosankan bisa menjadi kegiatan menyenangkan kalo dilakukan bersama-sama—apalagi bersama teman dekat. Sama seperti berangkat ke sekolah, pasti kamu akan merasa bersemangat kalo melakukannya bersama seorang teman. Jadi, untuk mengatasi rasa malasmu kamu bisa, lho, mengajak temanmu untuk berangkat ke sekolah bersama-sama.

7. Hilangkan pikiran bahwa pikiran hari pertama masuk sekolah nggak belajar

Hilangkan pikiran bahwa pikiran hari pertama masuk sekolah nggak belajar

“Halah, hari pertama masuk pasti nggak ada pelajaran dan pulang cepet. Paling hari kedua yang baru ada pelajaran." Hayoo, sapa yang sering punya pikiran seperti ini?

Gaes, justru pikiran yang seperti ini yang bisa membuat kamu malas buat datang ke sekolah di hari pertama. Hilangkan aja pikiran tersebut biar kamu tetap sekolah walaupun emang nggak ada kegiatan belajar mengajar. Meski di hari pertama masuk sekolah kamu nggak belajar, toh, kamu bisa memanfaatkan waktu itu buat ketemu teman-temanmu dan bisa dapet uang saku dari orang tua juga. Rugi banget, deh, kalo bolos!

8. Selalu berpikir positif

Selalu berpikir positif

Last but not least, jalani hari-harimu dengan positive thingking, gaes. Soalnya menjalani keseharian itu butuh pikiran yang positif biar apa yang kamu lakukan bisa berjalan lancar dan tentunya kamu nggak malas-malasan untuk menjalani hari-harimu sehabis berlibur. Kalo kamu stay positive thingking, ‘kan, kamu bisa menikmati hari-hari baru dengan penuh semangat.

***

Nah, itulah 8 tips ampuh atasi rasa malasmu di hari pertama masuk ke sekolah setelah liburan panjang. Jadi, gimana, udah siap pergi ke sekolah belum?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: brightoncharterschool.com, salesmaster.co.id, essaypro.com, speedypaper.com, stylecaster.com, newsweek.com, massey.ac.nz, scvnews.com, depositphotos.com, gedground.com)

LATEST COMMENT
Sheila Amadea | 6 jam yang lalu

Hai, aku bantu jawab. Aku Sheila, saat ini mahasiswi Okupasi Terapi UI tahun kedua. Prospek kerja di daerah bukan perkotaan justru besar banget. Kalau bisa dibilang, Okupasi Terapi adalah salah satu jurusan yang jarang ditemui di Indonesia. Di Bogor, tempat tinggalku sekarang aja hanya ada 1 orang Okupasi Terapis di RS, dan belum termasuk mahasiswa yang sedang praktek klinik atau magang di RSJ (dari info yang aku tahu sejauh ini, ya. Mungkin saat ini sudah bertambah di klinik-klinik). Kalau kamu dari daerah yang jauh dari kota, kemungkinannya sangat sangat besar tenaga Okupasi Terapis dibutuhkan. Jadi, kalau kamu tertarik dengan jurusan ini dan saat ini tinggal di daerah bukan perkotaan, ini jadi peluang yang buagus banget buat kamu meningkatkan kesejahteraan daerah kamu sendiri. Semangat!

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
priandari | 10 jam yang lalu

sistem penilaian untuk tesnya bagaimana ya kak?

Serba-Serbi Seleksi Mandiri Universitas Airlangga
Puan Nur R | 17 jam yang lalu

Mau tanya kak kalau ketrima sbmptn boleh ikut Ujian Mandiri atau tidak ya?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©