Menu

8 Kebiasaan Kecil yang Gampang Dilakukan untuk Menghemat Uang

Kalau kamu bingung kenapa uang jajan kamu habis mulu, coba tengok kebiasaan kamu sehari-hari deh. Apakah kamu sering makan siang di cafe? Beli sesuatu yang sebetulnya nggak kamu perlukan? Atau punya lifestyle yang sebetulnya nggak “kamu banget”, tapi kamu lakukan demi menjaga kekompakan bareng teman-teman?

Kelihatannya hal tersebut cuma kebiasaan sehari-hari yang nggak penting, ya? Tapi kalau kamu mengubahnya, kamu bisa nyimpan lebih banyak uang.

Diolah dari situs Business Insider dan Quora, berikut 8 jawaban paling gampang untuk menghemat uang dan bisa kamu terapkan dalam kebiasaan sehari-hari.

1. Belajar nggak tergoda sama diskon

Coba pikirkan lagi ketika kamu melihat barang diskonan ya, gaes. Ingat, diskon 50% kalau harga barangnya mahal dan nggak masuk akal sama aja membebani hidup kamu. Menurut ahli ekonomi di Amerika, salah satu cara untuk “melawan” diskon adalah dengan memikirkan kebutuhan barangnya, dan bukan angka diskonnya.

Jadi kalau kamu merasa bahwa barang tersebut nggak penting-penting banget, kamu HARUS menolaknya meskipun diskon yang terpampang sampai 70%!

2. Bikin atau kerjakan sendiri hal-hal yang memungkinkan

Sebagai anak muda, kita harus punya sikap untuk terus menantang diri sendiri, termasuk membuat atau mengerjakan hal-hal yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Misalnya, kalau mau mendekor ulang kamar, nggak usah beli pernak-pernik di toko suvenir. Tapi cobalah buat lukisan, hiasan dinding dan lain sebagainya sendiri.

Hasilnya jelek? Ya nggak masalah, justru itu bisa jadi kenang-kenangan dan nilai ukur kita melatih kemampuan baru.

3. Belajar delayed gratification alias menahan diri

Kalo kamu lagi belanja, jangan biasakan melihat barang dan jatuh cinta pada pandangan pertama. Tunggu beberapa jam, beberapa hari atau beberapa minggu. Kalau ketertarikan kamu terhadap barng itu tetap sama, baru deh kamu putuskan untuk beli.

Jangan lupa juga pikirkan apakah barang tersebut bisa bermanfaat lama dan sesuai sama harganya.

4. Tahu kapan harus beli barang bagus

Kamu boleh kok membeli barang bagus. Asal, kamu tahu bahwa itu bisa dipakai dalam waktu yang lama.

5. Masak

mentang-mentang anak kostan, jangan beli makan melulu. Sekali-sekali, masak sendiri atau masak di rumah untuk stok beberapa hari ke depan. Selain lebih hemat, ini juga terbukti lebih sehat.

6. Stick to the budget

Dalam sebulan, kita pasti punya jatah uang jajan yang bisa dipakai. Nah, pakailah uang yang kamu punya dan kamu alokasikan. Di luar itu, jangan ganggu gugat uang simpanan kamu. Kalau perlu, tiap bulan langsung masukin tabungan dan nggak usah pakai fasilitas kartu ATM. Jadi, kamu nggak dengan mudah narik uang atau gesek sembarangan.

7. Tidur lebih cepat

Awalnya, saya ketawa ketika membaca tips yang satu ini. tapi menurut penelitian kesehatan, begadang bikin kamu sering lapar dan cenderung pengen beli makanan. Padahal, malam hari adalah kesempatan buat organ tubuh kamu beristirahat.

Selain itu, data online shop di beberapa negara berkembang menunjukkan bahwa transaksi  pembelian banyak dilakukan di atas jam delapan malam. Makanya mending tidur cepet deh, gaes!

8. Cobalah puas dengan apa yang udah kamu miliki

Pengen ganti laptop? Alasannya kenapa? Karena ada versi yang lebih baru? Kalau punya kamu masih mumpuni untuk digunakan, maka belajarlah untuk berpuas diri atas apa yang kamu miliki.

Pikirkan hal yang lebih besar dari sekedar laptop. Misalnya, kualitas tugas kamu bukan ditentukan dari merk laptop, tapi dari usaha kamu menyusunnya. Pertemanan kamu juga nggak ditentukan dari baju atau sepatu baru, lho. Tapi terletak pada kecocokan karakter kamu dan teman-teman.

Menurut salah satu pengguna situs Quora, kalau kita mengikuti hawa nafsu dan nggak pernah puas sama apa yang kita miliki, kita nggak akan pernah bisa menyimpan uang untuk hal-hal yang lebih berharga seperti membantu orang lain atau travelling ke tempat yang kita mau.

 

(Sumber gambar: pinterest.com)

LATEST COMMENT
Gabriela Sindi Pramesti | 6 jam yang lalu

Bisa kak, kita (perawat) bisa buka klinik perawatan luka

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Keperawatan
Tisam Ali | 13 jam yang lalu

Ada juga, dalam kategori tersendiri (vokasi). Tunggu artikel selanjutnya, ya.

Perguruan Tinggi Terbaik 2019 Versi Kemenistekdikti
Tisam Ali | 14 jam yang lalu

Yup, benar. Jika prodi yang ingin dipilih hanya dari rumpun Soshum, maka cukup ikut UTBK Soshum, ya.

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Achmad Maliki | 14 jam yang lalu

gk ada yang Politeknik Min ?

Perguruan Tinggi Terbaik 2019 Versi Kemenistekdikti
Tisam Ali | 14 jam yang lalu

Menyatakan mengundurkan diri dari kampus.

Persiapan SBMPTN Buat Mahasiswa yang Ingin Mengulang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©