Menu

7 Kegiatan Untuk Mengisi Liburan Akhir Sekolah

Liburan sekolah kali ini ini bisa dibilang liburan yang panjang, gaes. Soalnya, setelah menikmati libur lebaran kemarin, kamu langsung melanjutkannya dengan liburan sekolah. Waah, lama banget, dong, liburannya.         

Kalau kamu bingung atau masih belum ada rencana mau ngapain aja selama liburan sekolah yang panjang ini. Coba lakukan 7 kegiatan di bawah berikut untuk menemani liburanmu, gaes.

1. Jalan bareng teman

Setelah hectic ngurus ujian sekolah, UN, dan mencari atau mendaftar sekolah baru. Nggak ada salahnya, kok, kalau kamu buat acara jalan-jalan atau sekadar kumpul bareng sama temen-temen.

Kemungkinan besar kamu akan merindukan teman-temanmu ketika sudah beda sekolah dan mulai sibuk dengan aktivitas barunya. Jadi, selagi masih ada waktu, manfaatin liburanmu bersama teman-temanmu, ya, gaes.

2. Menikmati hobi

Mungkin selama ini kamu kurang bisa menikmati hobi karena minimnya waktu serta tuntutan belajar. Nah, di masa liburan yang panjang ini, saatnya mencari hiburan dengan menikmati hobimu.

Apalagi buat kamu yang punya hobi memancing, mendaki, touring, dan lain sebagainya. Nggak perlu takut lagi buat cepat-cepat pulang waktu ditelpon sama orang tua. Yang penting jangan pernah lupa buat minta izin sama orang tua terlebih dulu, ya, biar mereka nggak khawatir.

3. Baca buku

Yah, baru selesai ujian masak udah disuruh baca buku lagi, sih?

Fyi, gaes, buku itu banyak jenisnya. Nggak cuma buku mata pelajaran yang harus kamu ketahui. Masih banyak buku lain yang bisa kamu baca, seperti novel, komik, biografi, dan lain-lain.

Apalagi buat yang selama ini suka baca, pasti momen liburan bagaikan surga dunia karena bisa baca sepuasnya tanpa harus ketunda waktu belajar. Hehehe.

4. Pergi ke museum atau perpustakaan

Nggak melulu ke mall atau nongkrong di kafe. Pergi ke museum atau perpustakaan bisa jadi kegiatan seru untuk mengisi liburanmu, lho. Bahkan saat ini sudah banyak museum atau perpustakaan kece.

Selain bisa nambah konten foto di Instagram atau vlog di Youtube, kamu bisa jadi nambah inspirasi dan wawasan pengetahuanmu. Lumayan banget nggak tuh?

Oyaa, buat kamu yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya. Ada banyak museum yang bisa kamu kunjungi, lho—khususnya museum seni. Untuk informasi lengkap mengenai museum seni, kamu bisa baca di: 3 Museum Seni Kece di Jakarta, Sebagai Alternatif Tujuan Liburan Kamu.

5. Membantu orang tua

Setelah asyik dengan teman-teman dan diri sendiri, membantu orang tua juga bisa jadi alternatif kegiatan yang bisa kamu lakukan di waktu liburan gini. Misalnya, orang tua kamu jualan di warung, kamu bisa nemenin dan bantu orang tuamu di warung. Atau orang tua kamu punya perusahaan sendiri, kamu juga bisa bantu-bantu orang tuamu di kantor.

Ya, hitung-hitung nambah pengalaman dari pada kamu malas-malasan nggak jelas. Mending pakai waktu liburan kamu untuk membantu pekerjaan rumah orang tua yang mungkin selama ini tanpa kamu sadari mereka berusaha keras membantu dan menyiapkan semua kebutuhan kamu agar bisa fokus belajar.

6. Berkunjung ke rumah kakek-nenek atau saudara jauh

Berhubung punya waktu liburan yang panjang, nggak ada salahnya kalau kamu tinggal lebih lama buat kangen-kangenan sama kakek-nenek di desa. Selain itu, kamu bisa berkunjung atau tinggal beberapa hari di rumah saudaramu yang jarang bertemu.

7. Belajar

Last but not least, nih, gaes. Buat yang akan naik ke kelas 11 atau 12, kamu harus tetep belajar. Ya, minimalnya setengah jam atau satu jam per hari.

Tujuannya apa, sih? Liburan-liburan, kok, belajar.

Biar nanti pas masuk sekolah, otak dan badanmu nggak kaget kalau harus dikejar target demi masuk ke kampus impian. Kamu bisa nyicil dikit demi dikit informasi mengenai perguruan tinggi, jurusan kuliah hingga prospek karier ke depannya. Cari tahu juga apa yang menjadi bakat, minat, dan passion kamu di sini.

Dan ingat, ya, gaes, jangan terlalu sering-sering bermalas-malasan karena setiap tahun seleksi masuk ke Perguruan Tinggi itu makin sulit.

***

Itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat liburan. Mumpung liburan, nikmati masa-masa liburanmu dan  jangan biarkan liburan berlalu begitu saja, gaes. Maka dari itu, kamu harus berusaha menjadikan liburan lebih berkesan dan bermanfaat, ya.

Eits, tapi jangan lupa buat istirahat karena yang nama libuannya juga tetap menguras energi, lho. Apalagi kalau kamu pergi-pergi terus setiap harinya. Kalau kamu nggak menyempatkan diri buat istirahat sehari atau dua hari, kamu bakalan kecapekan,  bahkan jadi malas-malasan saat masuk sekolah nanti. Sangat disayangkan, ‘kan?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: hotelesplanade.com.au)

LATEST COMMENT
Betta Agustina | 5 jam yang lalu

Kurang suka menghitung tapi suka lebih suka cari kesalahan atau suka memacahkan masalah

13 Ciri Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Teknologi dan Komputer
Dwisat Wulandari | 6 jam yang lalu

Iya bener tuh lebih baik UTBK diadakan tahun depan biar siswa gak pusing "

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©