Menu

5 Hal yang Dilakukan Untuk Meningkatkan Skill Kepemimpinan

Baik kamu seorang siswa maupun seorang mahasiswa, kepemimpinan merupakan suatu skill yang perlu kamu asah, lho. Memangnya, kenapa, sih, kepemimpinan menjadi suatu hal yang perlu diasah? Karena, kepemimpinan merupakan suatu hal yang diperlukan baik ketika kamu masih bersekolah atau berkuliah maupun saat bekerja nanti.

Ketika kamu memiliki skill kepemimpinan, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, lho, seperti memiliki inisiatif yang lebih tinggi, dapat mengorganisir suatu hal, dapat memutuskan suatu pilihan, data berinteraksi dengan baik dan lain sebagainya. Biasanya, jika seseorang memiliki skill kepemimpinan, maka, dapat dikatakan bahwa orang tersebut pastinya bisa memimpin dirinya sendiri untuk menjadi yang lebih baik lagi.

skill kepemimpinan ini nggak didapatkan begitu saja, lho, gaes. Jika kamu ingin memiliki skill kepemimpinan, kamu harus berusaha melatihnya. Apa saja, ya, hal yang harus kamu lakukan untuk melatih skill kepemimpinanmu? Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Biasa mengambil keputusan

Apa yang biasa dilakukan oleh para pemimpin? Yap, hal yang biasa dilakukan oleh seorang pemimpin ialah mengambil keputusan agar sesuatu dapat berjalan dengan baik. Keputusan yang dibuat tersebut tentunya akan berdampak baik itu bagi dirinya maupun orang-orang di sekitarnya. Dampaknya pun berbagai macam, gaes, ada yang memiliki dampak yang kecil maupun dampak yang cukup besar.

Nah, kalau kamu ingin mengasah skill kepemimpinan, maka, biasakan dirimu untuk mengambil suatu keputusan dan memikirkan apa akibatnya. Misalnya, nih, kamu sebentar lagi akan berkuliah dan kamu bingung mau mengambil program studi apa. Daripada kamu mengikuti pilihan teman-temanmu atau minta diberikan keputusan oleh orangtua, ada baiknya kalau kamu melakukan riset terlebih dahulu dan memilih program studi berdasarkan keinginan dan kemampuanmu.

Terbiasa dalam mengambil keputusan dan memikirkan akibatnya, tentu akan mengasah skill kepemimpinanmu. Jadi, kalau kamu dituntut untuk menjadi ketua dalam suatu acara atau organisasi, pasti, kamu nggak akan merasa kesulitan.

2. Nggak mau jadi pengikut saja

For your information, banyak, lho, orang-orang yang suka menjadi pengikut saja. Nah, maksud dari pengikut disini ialah orang-orang yang lebih sering memilih untuk mengikuti semua keputusan tanpa memberikan saran atau ide-ide lainnya.

Dengan terbiasa menjadi pengikut, kamu bisa menjadi seseorang yang kurang kritis, lho. Kenapa bisa seperti itu? Karena ketika kamu hanya menjadi pengikut, kamu hanya melakukan apa yang harus dilakukan. Kamu nggak terbiasa dengan memikirkan apa dampak yang terjadi, apakah hal tersebut patut dilakukan dan hal-hal atau saran-saran lainnya.

3. Menjadi pendengar yang baik

Jika kamu ingin mengembangkan skill kepemimpinanmu, maka kamu harus menjadi seorang pendengar yang baik. Kenapa seperti itu? Well, pemimpin yang baik adalah orang-orang yang mau mendengarkan anggota-anggotanya.

Nah, dari terbiasa mendengarkan orang lain, kamu pun akan terbiasa untuk mengetahui masalah dari orang lain. Ketika kamu mengetahui masalah dari orang lain, maka, kamu pun bisa memberikan saran yang baik, dapat bertingkah laku yang sesuai dengan masalah dari orang lain dan sebagainya

4. Sering menganalisa masalah

Seorang pemimpin biasanya terbiasa dalam menganalisa masalah. Misalnya, nih, ketika kamu menjadi ketua acara dan kamu melihat bahwa anggota-anggotamu sedang tidak ada motivasi dalam mengerjakan apa yang harus mereka kerjakan, maka, kamu sebagai ketua acara harus menganalisa apa masalah yang terjadi diantara teman-temanmu. Nah, dengan terbiasa menganalisa masalah, kamu dapat meningkatkan skill kepemimpinanmu, gaes.

5. Melatih kemampuan berkomunikasi

Skill kepemimpinan akan muncul ketika kamu terbiasa melatih skill berkomunikasi. Kok, bisa, ya? Wah, tentu bisa dong, gaes. Kalau kamu terbiasa berkomunikasi seperti mengikuti diskusi, memberikan saran dalam suatu rapat, memberikan sudut pandang dalam suatu rapat dan sebagainya, lama kelamaan, skill kepemimpinanmu akan lebih terasah.

***

Nah, ternyata untuk mengasah skill kepemimpinan itu nggak susah, kan, gaes? Kamu nggak perlu melakukan hal-hal yang sulit untuk dilakukan. Untuk membiasakan diri dalam melakukan kelima hal di atas, kamu bisa mengikuti berbagai macam organisasi yang ada di sekolah atau di kampus. Semoga kamu bisa meningkatkan skill kepemimpinanmu, ya, gaes! Semangat!

Baca juga: 

(Sumber gambar: blogspot.com)

LATEST COMMENT
Tisam Ali | 17 jam yang lalu

Yup, tapi jangan lengah. Harus tetap nge-gas alias semangat menyiapkan UTBK dari sekarang.

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Yusuf Cahyadi | 17 jam yang lalu

Akhirnya bisa bernapas lega :3

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dhea rahma | 20 jam yang lalu

Ka aku aliyah jurusan agama aja, bisa ga ngambil ipc? Aku pengen prodi psikologi kk bisa ga ya?

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Izzatin Nuriyah | 1 hari yang lalu

Kalau dari MAN terus dari jurusan keagamaan, apakah bisa masuk akpol?

Bercita-Cita Menjadi Polisi? Simak Cara dan Persyaratannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©