Menu

5 Hal Penting untuk Meningkatkan Produktivitas dan Manajemen Waktu Sebagai Mahasiswa Baru

“Apa, sih, hal yang paling menyenangkan ketika kita menjadi mahasiswa?”

Pertanyaan ini pernah saya lempar ke beberapa mahasiswa baru di beberapa kampus di Jakarta. Lucunya, Rata-rata jawaban mereka adalah “senang karena bisa lebih bebas”. Duh, kayak burung keluar dari sangkar aja, bro, sis.

Memang, sih, yang membedakan kehidupan sekolah dengan perkuliahan adalah kebebasan yang kita dapat sebagai anak muda. Misalnya, kita bisa mengatur mata kuliah yang kita ambil, kita bebas memutuskan mau masuk kelas atau nggak, kita juga nggak dilarang pergi ke kampus pakai baju yang kita suka. Tapi tentu aja, kita semua juga tahu bahwa kebebasan ini datang bersamaan dengan tanggung jawab. Alhasil, meningkatkan produktifitas dan mengatur waktu dengan baik jadi hal penting banget sebagai mahasiswa baru.

Diolah dari berbagai pengalaman kakak-kakak yang udah duluan masuk kampus, berikut lima hal penting yang bisa kamu catat untuk meningkatkan produktifitas dan manajemen waktu sebagai mahasiswa baru.

Let’s start your college life!

5 Hal Penting untuk Meningkatkan Produktifitas dan Manajemen Waktu Sebagai Mahasiswa Baru 1

1. Mengatur waktu olahraga

Dulu di sekolah, kamu olahraga setelah pulang sekolah. Pas kuliah, kamu juga harus tetap olahraga setelah kelas berakhir.

Kenapa, sih, hal ini penting dilakukan? Soalnya kamu butuh tubuh yang lebih fit setelah jadi mahasiswa. Apalagi, kegiatan kamu pastinya bakal jauh lebih banyak dibanding ketika kamu di sekolah.

“Olahraga pas jadi mahasiswa butuh NIAT yang lebih besar. Soalnya, kalau pas sekolah ‘kan biasanya mata pelajaran olahraga diwajibkan. Kalau kuliah, dan jurusan kamu bukan olahraga, kamu perlu inisiatif sendiri untuk berolahraga. Salah satunya mungkin bisa dengan ikut UKM” – Horas, alumni Universitas Jayabaya.

2. Mengatur waktu belajar

Dulu di sekolah, kamu belajar sepanjang hari lalu pulang. Pas kuliah, kamu harus pandai memanfaatkan waktu jeda kelas.

Kenapa, sih, hal ini penting dilakukan? Soalnya, pas kuliah kamu punya waktu jeda kelas yang lumayan lama. Waktu jeda kelas inilah yang seharusnya tetap dimanfaatkan dengan baik.

Menurut saya, banyak mahasiswa gagal lulus tepat waktu karena mereka kebablasan ketika waktu jeda kelas. Diantara kelas satu dan lainnya, nggak banyak mahasiswa yang pergi ke perpustakaan atau berisitirahat. Kebanyakan dari mereka nongkrong di luar kampus (yang akhirnya bikin malas balik lagi ke kampus!) atau ikut kegiatan luar kelas yang menyita waktu (terjebak di meeting organisasi dll.) Sebaiknya, lakukan hal-hal tersebut setelah kamu selesai menjalani perkuliahan hari itu.

5 Hal Penting untuk Meningkatkan Produktifitas dan Manajemen Waktu Sebagai Mahasiswa Baru 2

3. Mengatur waktu istirahat

Dulu di sekolah, kamu bangun pagi setiap hari. Pas kuliah, tetap lakukan hal ini, dong!

Kenapa, sih, hal ini penting dilakukan? Kebiasaan bangun pagi (meskipun kamu nggak ada mata kuliah di pagi hari) akan meningkatkan produktifitas kamu. Misalnya, kamu bisa mengisi waktu dengan membuat sarapan enak dan sehat yang biasanya nggak bisa kamu lakukan karena terburu-buru harus ke kampus. Atau, kamu bisa review catatan kamu khusus untuk mata kuliah hari itu. Persiapan yang baik sebelum kelas tentunya bisa bikin kamu makin paham sama materi yang bakal dibawakan dosen.

“Saya ke kampus jam delapan pagi setiap hari meskipun nggak ada kelas pagi. Soalnya, biar nggak kena macet dan dapat parkir strategis! Hahaha!” – Yara, alumni Universitas Indonesia

4. Mengatur penampilan

Dulu di sekolah, kamu cuma ribet sama menata rambut. Pas kuliah, kamu bakal ribet menata penampilan dari rambut hingga sepatu.

Kenapa, sih, hal ini penting dilakukan? Kebebasan untuk nggak pake seragam ternyata bikin pusing juga, gaes. Pasalnya, kamu jadi harus mikir dan menyiapkan baju untuk dipakai ke kampus setiap hari. Kenapa mengatur penampilan penting? Karena penampilan bakal menunjukkan karakter. Kamu bakal ketemu teman baru dan dosen setiap hari. Jadi usahakan berpenampilan rapi, bersih dan sesuai dengan karakter kamu.

“Pakai make up ke sekolah atau ke kampus? Boleh aja, kok. Asalkan, nggak terlalu berlebihan kayak mau kondangan. Soalnya kalau pakai make up yang terlalu berat, nanti malah kelihatan lebih tua dari usia yang sebenarnya. Oh iya, biasanya anak kampus juga banyak kegiatannya. Jadi agak ribet kalau harus touch up berulang-ulang di tengah kegiatan perkuliahan.” – Palupi, alumni Universitas Bina Nusantara

5. Mengatur tugas dan kegiatan kampus

Dulu di sekolah, kamu mengerjakan PR berdasarkan pelajaran hari itu. Pas kuliah, tugas-tugas dosen nggak bisa selesai dalam waktu semalam.

Kenapa, sih, hal ini penting dilakukan? Soalnya, biasanya tugas kuliah itu berupa makalah. Dan, makalah yang baik membutuhkan data dan riset yang baik pula. Tanpa banyak membaca sumber yang valid, makalah kamu bakal terasa “kering”. Ujung-ujungnya, nilai kamu jadi pas-pasan. Belum lagi, kamu harus melatih presentasi dulu sebelum tugas tersebut diberikan ke dosen.

Selain itu, sebagai mahasiswa kece, hard skills dan soft skills harus berimbang dong, ya. Makanya memilih kegiatan kampus yang tepat juga penting banget. Jangan sampai tugas keteteran gara-gara ikut organisasi. Atau sama sekali nggak mengambil kesempatan belajar di dalam organisasi tertentu.

5 Hal Penting untuk Meningkatkan Produktifitas dan Manajemen Waktu Sebagai Mahasiswa Baru 3

Yuk, mulai jadi mahasiswa yang produktif dengan manajemen waktu yang baik!

 

Sumber gambar: (www.themorrisbunchblog.com, mycollife.com, thecollegepeople.com, media0ch-a.akamaihd.net)

LATEST COMMENT
Gioabi Fashar | 4 jam yang lalu

siapa bilang gk bisa? yg ada di jurusan arsitektur itu gk ada itung2an dan jurusan arsitektur juga bukan cuma soal gambar. Jurusan arsitektur harus jago problem solving tapi bukan berarti harus jago matematika

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Nancy Tasia Sopaheluwakan | 18 jam yang lalu

Min , saya mau nanya kalau misalnya kita dari semester 1 dan 2 tidak masuk kuliah , apakah di semester 3 kita masih bisa masuk kuliah atau tidak ?

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Masita | 21 jam yang lalu

Masyaa Allah.. nggak salah aku suka pelajaran biologi.. baca nya aja udah kyk meantang aja,apalagi klw benaran nanti... semoga bisa lah...

Serba-Serbi Menjadi Mahasiswa Biologi
Maya Nainggolan | 1 hari yang lalu

So luck Sothat msi bisa ngisi amunisi utbk :')

UTBK SBMPTN 2020 Tidak Dimajukan. Simak Penjelasannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©