Menu

5 Cara Menghemat Saat Buka Puasa Bersama

Anak zaman sekarang, nggak akan lengkap rasanya jika berpuasa tanpa adanya bukber atau buka bersama. Pada bulan Ramadan, disetiap tahunnya, pasti, paling tidak kamu memiliki satu acara buka bersama di luar rumah baik itu buka bersama teman Sekolah Dasar, teman Sekolah Menengah Pertama, teman Sekolah Menengah Atas, teman kuliah atau bahkan teman kantor. Pokoknya, bulan Ramadan nggak akan lengkap tanpa buka bersama, deh!

Masalahnya, nih, gaes, terkadang banyak dari kita yang justru tanpa sadar mengiyakan semua ajakan acara buka bersama. Pada akhirnya, sebelum bulan Ramadan berakhir, uang jajanmu sudah semakin sedikit atau bahkan habis. Hmm... Yang tadinya mau menabung saat bulan puasa, eh, malah habis karena keseringan buka bersama.

Hmm apa perlu nggak usah ikutan buka bersama, ya, agar uang bulanan tidak habis? Eits! Nggak begitu, gaes. Mau bagaimana pun buka bersama merupakan salah satu ajang untuk bersilaturahmi, lho. Daripada kamu nggak ikutan buka bersama, lebih baik, kamu simak dulu, deh, tips hemat buka bersama berikut ini!

1. Buka bersama di rumah

buka bersama di rumah

Yak, salah satu tips cara hemat buka bersama yang pertama adalah buka bersama di rumah! Kamu dan teman-temanmu bisa, kok, menentukan rumah siapa yang akan didatangi. Untuk soal makanan, ada dua cara yang bisa kamu lakukan, nih.

Cara pertama, kamu dan teman-temanmu bisa berbelanja dan memasak bersama! Dengan cara yang satu ini, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat, lho. Kamu bisa menghemat uangmu dan kamu pun bisa belajar memasak bersama teman-temanmu. Selain itu, kerjasama dalam hal masak-memasak pun menjadi suatu hal yang menyenangkan, kan, daripada kamu harus menunggu makanan datang di restoran?

Cara yang kedua, kamu bisa gunakan sistem potluck. Ha? Apa tuh potluck? Yap, potluck adalah sistem dimana kamu dan teman-temanmu patungan makanan. Setiap yang ikut buka bersama, diharuskan untuk membawa paling tidak satu makan. Dengan sistem yang satu ini, meskipun kamu nggak mengeluarkan banyak uang, tetapi, kamu bisa mencoba berbagai macam jenis makanan, kan? Hehe.

2. Cari menu yang bisa di share

makanan yang dapat dibagi

Kalau kamu dan teman-temanmu nggak dapat menentukan di rumah siapa kalian akan berbuka bersama, kamu juga bisa, kok, makan di restoran. Lho, kan tadi katanya buka bersama hemat, tapi kenapa sekarang menyarankan makan di restoran? Well, makan di restoran pun bisa jadi murah, kok, kalau kamu memiliki caranya. Pilihlah menu makanan yang makanannya bisa di share dan begitu juga dengan biayanya, hehe.

3. Cari promoan

Yap! Biasanya, di bulan Ramadan, bakalan banyak nih berbagai macam promo bertebaran. Restoran-restoran pun nggak mau ketinggalan, gaes. Pasti, ada banyak, nih, restoran yang memberikan harga promo.

Nah, buat kamu yang mau buka bersama namun mau berhemat juga, cari promo menjadi salah satu caranya, gaes! Biasanya informasi promo dapat ditemukan di akun media sosial masing-masing restoran, jadi, jangan lupa follow akun media sosial restoran-restoran, ya! Hehe.

4. Punya member di suatu restoran? Gunakanlah!

kartu member

Kamu punya kartu member dari suatu restoran? Wah, jangan dianggurin, gaes, inilah saatnya untuk menggunakan kartu member-mu. Biasanya, ketika kamu memiliki kartu keanggotaan dari suatu restoran, restoran tersebut akan memberikanmu berbagai promo yang menarik. Promo ini bisa berupa potongan harga atau tambahan menu.

Nah, buat kamu yang ingin buka bersama dengan teman-temanmu, tapi, kamu pun ingin menghemat, kartu keanggotaan atau kartu member dari suatu restoran bisa menjadi penyelamatmu, gaes! Selain bisa menghemat dan bersilaturahmi, kamu pun masih bisa menyantap makanan favoritmu dengan harga yang relatif murah.

5. Menu paket hemat

Yap, kalau kamu suka memperhatikan berbagai macam menu di berbagai macam restoran, pasti setiap restoran memiliki menu paket hemat yang berbeda-beda. Nah, dengan adanya paket menu hemat ini, akan membantumu dalam menghemat biaya buka bersamamu!

Lho, memangnya kenapa paket hemat bisa membantu dalam menghemat biaya buka bersama? Well, yang pasti, ketika kamu membeli paket hemat, kamu akan membayar makanan dan minumanmu dalam range harga yang relatif murah jika dibandingkan ketika kamu membeli makanan dan minuman secara terpisah.

***

Nah, dengan kelima tips di atas, saya yakin, deh, buka bersama nggak akan menyakiti kantong dan dompetmu, hehe. Well, ketika kamu bisa mengatur keuangan dan caramu berbelanja, saya yakin, uangmu akan bertahan lebih lama di bulan Ramadan, hehe. Selamat mempraktekkan!

Baca juga:

(Sumber gambar: express.co.uk, simplydxb.com, dissolve.com, brandpacks.com)

LATEST COMMENT
Arif Alfon Gordon | 7 jam yang lalu

Jadi, ketika saya lulus sbm, harus saya lepaskan kak??

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Achmad Choirul Huda | 9 jam yang lalu

Min jadi univ mau nerima kita dipilihan kedua kan? Banyak kabar hoax yg bilang gitu :(

Strategi Menentukan Pilihan Pertama dan Kedua pada SBMPTN 2019
Azizah Nur | 11 jam yang lalu

Bismillah maba oseanografi itb 2021:)). O iya kalo oseano di itb tesnya saintek atau soshum?

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
bae eristhaaak | 12 jam yang lalu

Wahh :') aku tahun ini gak keterima sma negeri walaupun nem bagus tapi karena zonasi dan kurangnya perkiraan. Tapi aku berusaha untuk yakin bahwa semua sekolah sama yang membuat beda adalah isinya atau diri kita sendiri walaupun bakalan masuk swasta semoga ini merupakan jalan terbaik dari tuhan.

Masuk SMA Favorit dan Unggulan, Penting Nggak, Sih?
Dipamustafa | 12 jam yang lalu

pentingan mana sih? daya tampungnya apa peluang(keketatan)?

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©