4 Trik Sukses Minta Uang Tambahan Ke Ortu, Tanpa Bikin Kamu Merasa Bersalah

Kamu masih tinggal bareng ortu, belum punya penghasilan tambahan sama sekali, dan bergantung pada mereka untuk uang jajan? Yah, wajar aja, sih. Anak muda kebanyakan ‘kan begitu, seenggaknya sampai lulus kuliah.

Masalahnya, gimana kalau kamu merasa uang saku kamu kurang, atau kalau kamu tahu-tahu punya banyak kebutuhan tambahan? Gimana cara meyakinkan ortu supaya mereka mau kasih kamu uang saku tambahan, ya? Kadang agak guilty-feeling juga, sih.

Berikut adalah beberapa ide yang bisa kamu lakukan, supaya ortu ikhlas memberikan kamu tambahan uang—entah sekali-kali, atau permanen—dan supaya kamu nggak merasa bersalah.

1. Bicarakan soal nilai kamu yang bagus

Beruntung sekali kalau nilai akademis kamu oke. Entah nilai rapor kamu gemilang, IPK kamu di atas tiga, atau nilai mata pelajaran atau mata kuliah kamu nggak ada yang di bawah 7 atau C. Soalnya, kamu jadi punya “senjata” untuk menegosiasikan kenaikan uang saku.

Jelaskan ke orangtua kamu, bahwa teman-teman kamu banyak yang bisa punya tambahan uang saku, dari hasil kerja sampingan. Sementara kamu nggak bisa begitu, karena kamu sibuk belajar dan menjaga nilai supaya tetap bagus.

Jadi kalau ortu mau kasih sedikiiit uang tambahan, kamu nggak harus cari-cari pekerjaan sampingan yang bisa membuat kamu jadi lebih sibuk, dan nilai kamu menurun. Masuk akal ‘kan?

2. Cari momen yang pas untuk membantu mereka melakukan pekerjaan "besar"

Perhatiin, deh, apakah Papa kamu mengeluh karena nggak sempat-sempat servis motor atau mobil? Apakah Mama kamu ngomel karena harus beresin gudang di rumah, tapi nggak punya waktu? Bantu mereka! Langsung kerjakan hal-hal yang perlu dikerjakan ortu kamu tersebut, trus coba minta “imbalan” uang saku dari situ.

Jangan merasa bersalah karena berkesan pamrih. Mending begini daripada kamu tahu-tahu nodong minta uang ke ortu, tanpa usaha!

3. Tunjukkan sikap tanggung jawab

Orangtua kamu harus paham, bahwa kamu bisa memegang uang dengan penuh tanggung jawab. Kamu nggak menghamburkan uang saku kamu, kok. Semuanya digunakan dengan bijak dan wajar.

Cara nunjukinnya gimana? Catat dan simpan bukti pengeluaran kamu dengan rapih. Tunjukkan bahwa kamu bisa hemat. Misalnya, kasih tahu ke ortu bahwa selama ini, kamu beli buku-buku kuliah dari hasil nabung sendiri, lho, tanpa minta uang dari mereka.

Atau, unduh aplikasi manajemen keuangan (ada banyak, kok! Misalnya, Mint), gunakan, lalu tunjukkan ke ortu. Jadi mereka bisa lihat bagaimana kamu mengatur keuangan kamu.

4. Negosiasikan "harga jasa" kamu

Pertama, tunjukkan bahwa kamu selalu rajin mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah (beberes, bantu jaga adik, dsb) sesuai instruksi ortu.

Kedua, kumpulkan riset! Saya kasih contoh, ya. Kalau kamu rutin ngosek kamar mandi seluruh rumah, tunjukkan, berapa tarif membersihkan kamar mandi dari Go-Clean. Kalau kamu sering mengantar Mama kesana-kemari (pasar, bank, supermarket, rumah saudara), tunjukkan tarif ojek untuk jarak segitu berapa. Kalau kamu rutin cuci setrika baju di rumah, tunjukkan harga laundry kiloan berapa.

Dengan kata lain, jasa bantuan kamu sebenarnya “mahal”, lho.

Ketiga, jelaskan ke ortu, alasan kenapa kamu perlu kenaikan uang jajan. Misalnya, karena harga-harga sekarang memang pada naik. Harga angkot dan fotokopi di kampus aja naik.

***

Pada intinya, kamu harus menunjukkan sikap bertanggungjawab, plus buat ortu kamu merasa bahwa kenaikan uang saku memang worth it buat kamu.

(sumber gambar: themakemoneyonlineblog.com, menrepeller.com, slate.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 30 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1