Menu

4 Tips Menemukan Hobi yang Sesuai dengan Minatmu

Menjalani hidup itu harus perlu dengan keseimbangan agar tetap bahagia dalam kondisi apapun. Salah satu kegiatan yang harus masuk dalam keseharian dan menjadi penyeimbang kehidupan adalah hobi. Yup, selain bisa melepaskan stres, hobi bisa membantu kamu untuk terhubung dengan orang lain sehingga membuka kesempatan menjalin hubungan baik. Siapa yang tahu, ‘kan, hubungan tersebut bisa berlanjut untuk karier kamu ke depannya?

Namun sayangnya, ada sebagian dari kamu yang masih nggak punya hobi. Even, kamu ingin memilikinya, tapi kamu nggak tahu cara menemukan hobi yang pas sesuai minatmu. Alhasil, kamu terkadang mengalami sedikit stres ringan dan kewalahan menjalani hari.

Nah, buat kamu yang mencari hobi bermanfaat dan nggak tahu bagaimana memulainya, maka berikut adalah langkah sederhana menemukan hobi yang pas sesuai minatmu.

Mulai dari hal yang kamu suka

hobi main bola

Semua orang pasti nggak ingin membuang waktu berharga untuk melakukan hal yang nggak disukainya, ‘kan? Nah, cara pertama untuk menemukan hobi yang sesuai minatmu yaitu mulailah dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai.

Intinya, kamu bisa mengubah hal-hal yang kamu sukai menjadi hobi, gaes. Misalnya aja, karena kamu suka menonton bola, kamu jadi hobi bermain sepak bola atau futsal. Atau kamu hobi makan bisa membuka kesempatanmu untuk belajar masak. Bahkan hal-hal sesederhana seperti memilki hewan peliharaan di rumah, bisa kamu jadikan hobi sebagai relawan di organisasi penyelamat hewan, dan lain sebagainya. Simpel banget, ‘kan?

Lakukan percobaan

Selain memulai dari hal yang kamu suka, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memulai hobi yaitu dengan melakukan langsung kegiatan yang kamu mungkin sukai dan lihat apakah kamu benar-benar menikmati aktivitas tersebut atau nggak.

Kenapa, sih, harus dicoba dulu? Karena apa yang menurutmu seru, bisa jadi malah membosankan ketika dicoba.

Mengingat hobi masa kecil

hobi gambar

Kesibukan yang kamu punya saat ini bisa membuatmu lupa akan hobi masa kecil, lho. Dan mungkin sudah saatnya kamu untuk menghidupkan kembali kenanganmu dengan kembali melakukan hobi semasa kecil.

Fyi, hobi masa kecil bisa membantumu memilih hobi yang mungkin masih kamu suka sampai sekarang, gaes. Misalnya dulu kamu hobi menggambar atau mewarnai saat SD? Nah, tanpa disadari kamu masih memiliki minat untuk menggambar. Coba, deh, ingat kembali berbagai kegiatan yang kamu sukai saat kamu masih kecil! Salah satunya mungkin masih bisa kamu jadikan hobi.

Ikut tes kepribadian

Hobi yang paling menyenangkan adalah ketika hobi bisa kamu lakukan dengan mudah dan berdasarkan kemampuan, minat, ataupun karakter personal. Kalau kamu masih bingung dengan pilihan hobi yang ingin kamu lakukan, coba ikuti tes kepribadian untuk menentukan hobi apa yang cocok untukmu.

Salah satu jenis tes yang pupoler adalah Myers Briggs Type Indicator (MBTI). MBTI ini sendiri berfungsi untuk mengetahui insight lebih dalam seputar kepribadian yang kamu.

***

Itu dia beberapa tips untuk menemukan hobi yang sesuai dengan minat kamu. Nggak apa-apa kok, kalau kamu belum menemukan hobi yang kamu sukai. Terus eksplor dirimu dan terbukalah terhadap kesempatan baru yang ada di depan mata, ya, gaes.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: yourdost.com, daily.jstor.org, mybluprint.com)

LATEST COMMENT
Intan Nur Septiani | 7 jam yang lalu

Opem endorse @tane.id

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

doa kok diumbar kentoddd

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

pataatttt

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

doa kok diumbarr

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©