Menu

3 Tips Sederhana Untuk Mengatasi Kejenuhan Tugas

"Nggak ada ide, nih, mana nggak enak badan pula,"

Kamu sedang merasakan hal di atas? Merasa jenuh? Bosan? Atau capek ngerjain tugas yang rasanya tak berujung? Ya, yang namanya jenuh, bosan atau capek sama tugas, itu wajar saja, gaes. Baik itu anak SMA/SMK, anak kuliahan, dan yang sudah kerja di kantoran akan mengalami fase kejenuhan dengan tugas-tugas yang ada.

Bahkan, jenuh yang datang tadi bisa mengganggu produktivitasmu. Kenapa bisa? Soalnya, saat sudah jenuh, rasa-rasanya otak dan badan itu tak sejalan.

Yups, begitulah kompaknya otak dan badan saat kamu sudah mantengin tumpukan tugas— entah tugas akhir, skripsi, ataupun yang lain selama dua hari berturut-turut. Kalau yang namanya jenuh, si otak sudah nggak sanggup buat berpikir lagi

Endingnya? Itu tugas malah nggak kelar-kelar, ‘kan! Makin bete nggak, sih, kamu? Tapi nggak perlu nunggu sampai disetrap guru atau nggak dilulusin dosen atau dimarahin atasan karena tugasmu belum selesai, rasa bosan itu bisa kamu atasi dengan trik-trik mudah seperti ini. Cekidot!

1. Istirahat sejenak

Kalau rasanya sudah mentok nggak tahu mau ngapain lagi, taruh aja, deh. Tinggalkan laptopmu atau buku-buku teks yang tebal itu. Istirahatlah sejenak,  gaes.

Keluar ruangan dan hirup udara segar atau sekedar berbaring sejenak di kasur. Eitts! Sejenak means sebentar, ya! Jangan tarik selimut dan keterusan tidur sampai pagi!

Kalau kamu tipe orang yang suka pegal-pegal sewaktu badanmu nggak bergerak dengan durasi yang cukup lama, gunakan waktu untuk stretching-stretching aka peregangan dikit, lah. Seitar 10 atau 15 menit peregangan dengan napas yang teratur dan dalam akan membuatmu segar kembali dan siap hajar tugas yang menumpuk itu!

2. Cari selingan

Merasa jenuh karena melakukan suatu hal atau berada diposisi yang sama selama beberapa waktu? Itu tandanya kamu perlu perubahan, gaes. Ganti kegiatanmu dengan hal lain yang benar-benar berbeda.

Misal, nih, setelah dua jam kamu duduk mengerjakan tugas, kamu bisa main game yang ada di ponselmu, atau mungkin sekedar nontonin YouTube. Kalau juga bisa beralih nonton film di laptop.

Pokoknya, lakukan hal apapun yang seru dan bisa membuatmu teralih sebentar dari tugas-tugas tadi. ingat, jangan sampai kegiatan selinganmu tadi durasinya malah lebih lama daripada waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan sekolah atau tugas kampusmu, ya!

3. Manjakan dirimu

Selain mencari selingan yang sudah dibahas di poin sebelumnya, kamu bisa memanjakan dirimu dengan hal-hal kecin yang nggak perlu mengeluarkan biaya mahal, lho. Seperti bikin teh/coklat hangat dengan menikmati camilan ringan dan mengobrol bersama keluarga di teras rumah.

Apapun itu, tinggalkan telebih dahulu tugas dan lakukanlah sesuatu yang membuatmu pada situasi yang nyaman, rileks, dan menenangkan. Beri waktu agar otot-otot di badanmu mengendur, jidatmu nggak berkerut lagi, tengkukmu lebih lemas dan denyut di kepalamu perlahan menyurut.

***

Sebenarnya, yang terpenting dari pengerjaan tugas sekolah, tugas kuliah, tugas akhir bahkan tugas kantor adalah jangan menundanya sampai menit terakhir. Semakin kamu mengundur waktu untuk ngerjainnya, semakin menumpuk pula apa-apa yang harus kamu lakukan. Dan hal itu juga mampu membuatmu semakin tegang dan stress, lho.

Jadi, kalau kamu saat ini sedang mengalami kejenuhan menghadapi  tugas, jangan lupa untuk mencoba 3 hal sederhana di atas, ya!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: mirror.co.uk)

LATEST COMMENT
Gabriela Sindi Pramesti | 5 jam yang lalu

Bisa kak, kita (perawat) bisa buka klinik perawatan luka

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Keperawatan
Tisam Ali | 13 jam yang lalu

Ada juga, dalam kategori tersendiri (vokasi). Tunggu artikel selanjutnya, ya.

Perguruan Tinggi Terbaik 2019 Versi Kemenistekdikti
Tisam Ali | 13 jam yang lalu

Yup, benar. Jika prodi yang ingin dipilih hanya dari rumpun Soshum, maka cukup ikut UTBK Soshum, ya.

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Achmad Maliki | 13 jam yang lalu

gk ada yang Politeknik Min ?

Perguruan Tinggi Terbaik 2019 Versi Kemenistekdikti
Tisam Ali | 14 jam yang lalu

Menyatakan mengundurkan diri dari kampus.

Persiapan SBMPTN Buat Mahasiswa yang Ingin Mengulang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©