11 Tips dan Fitur Penting di Snapchat versi iOS, Supaya Snaps Kamu Lebih Seru dan Maksimal

Punya Snapchat? Punya, dong. Harusnya hari gini, sih, semua anak muda punya (dan fasih) Snapchat.

Eh, tapi, walaupun kamu sudah lama pakai Snapchat, kamu tahu nggak fitur-fitur Snapchat secara keseluruhan? Jangan cuma tahu fitur filter wajah dan Geofilter, lho! Selain dua itu, Snapchat punya banyak fitur seru lainnya, lho, khususnya untuk iPhone.

Simak, deh, 11 tips dan fitur penting di Snapchat—versi iOS—berikut ini, supaya Snaps dan Snapchat stories kamu jadi lebih seru, maksimal, dan febeles.

* Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah update aplikasi Snapchat kamu, agar kamu bisa menggunakan berbagai fiturnya yang paling baru.

* Gunakan Geofilter! Postingan medsos apapun biasanya tampak lebih seru (dan mempunyai konteks yang lebih “dalam”) kalau disertai dengan keterangan lokasinya. Gimana cara memberikan keterangan lokasi? Kalau di Path atau Instagram, kamu bisa mencantumkan geotag lokasi pada postingan kamu. Nah, kalau di Snapchat, kamu bisa gunakan Geofilter.

Bagi yang belum tahu cara menambahkan Geofilter ke foto atau video Snapchat, saya kasih tahu, nih. Pertama, nyalakan dulu location service di smartphone kamu. Kedua, rekam foto atau video di Snapchat kamu, lalu swipe / usap layar ke kanan untuk melihat pilihan Geofilter yang tersedia. Geofilter yang tersedia akan berbeda-beda, tergantung lokasi kamu sedang di mana.

Simpel, ‘kan?

tips Snapchat

Sekarang, kamu malah bisa membuat Geofilter kamu sendiri dengan harga 5 dolar.

* Umumnya pengguna Snapchat tahu cara menambahkan Geofilter ke Snapnya, tapi banyak yang belum tahu bahwa kita bisa menambahkan filter satu lagi, selain Geofilter tersebut. Caranya, tekan layarnya dengan satu jari kamu, lalu geser layarnya dengan jari yang lain.

* Kamu bisa membuat teks caption di Snaps kamu menjadi bold, italic, atau diberi underline alias garis bawah. Caranya, highlight teks caption kamu, lalu tekan "B/U" dari toolbar di atas. Lalu pilih, deh, teksnya mau kamu buat jadi bold, italic, atau diberi underline.

tips Snapchat

* Tahu cara mengubah ukuran teks? Caranya, setelah membuat teks, tekan teks tersebut dengan kedua jari kamu, lalu zoom-in atau zoom-out untuk menyesuaikan ukurannya.

* Kamu juga bisa menganimasikan teks caption di video Snaps, lho. Caranya, ketik teks, lalu tekan dan tahan teks tersebut untuk “menempelkannya” ke sebuah objek atau area di video Snaps kamu.

* Selain teks, kamu juga bisa “menempelkan” emoji ke video Snaps kamu, dan membuatnya bergerak-gerak. Caranya sama seperti menempelkan teks—masukkan emoji ke video Snap kamu, lalu tekan dan tahan emoji tersebut untuk “menempelkannya” ke sebuah objek atau area di video Snaps kamu.

Nanti emoji tersebut akan otomatis bergerak, berputar, membesar, atau mengecil, tergantung dari objek yang ditempel. Mirip seperti fitur filter wajah Snapchat, gaes. Kalau wajah kamu bergerak, gambar filternya juga ikut bergerak sesuai gerakan wajah kamu ‘kan?

tips Snapchat

Selain teks dan emoji, pin stickers di Snapchat pun juga bisa dianimasikan seperti ini, dengan cara-cara yang sama.

* Punya akun Bitmoji? Kalau iya, kamu bisa link Bitmoji kamu ke Snapchat, lho! (FYI, bagi yang nggak tahu, Bitmoji adalah semacam aplikasi, dimana kamu bisa mendesain emojimu sendiri.

Kamu jadi bisa bikin emoji atau avatar—yang penampakannya mirip stiker di LINE atau iMessage—yang bentuknya seperti wajah kamu sendiri).

Kalau kamu sudah punya akun Bitmoji dan sudah punya avatar berbentuk dirimu sendiri—buka Setting akun Snapchat kamu, lalu link akun Bitmoji kamu Kalau sudah, kamu bisa mengaplikasikan Bitmoji karakter kamu tersebut di Snaps kamu, deh!

tips Snapchat

Katanya sih, Snapchat bakal bikin kerjasama lebih lanjut dengan Bitmoji, jadi kita tunggu aja, deh, update-nya.

* Kalau kamu memasang emoji gambar “kue ulang tahun” di sebelah nama kamu, saat kamu ulang tahun, followers kamu nanti bisa mengirimkan kamu Snaps edisi ulang tahun, lho, dengan filter khusus!

Tapi sebelumnya, pastikan kamu set tanggal ulang tahun kamu yang benar di bagian Setting.

tips Snapchat

* Nggak mau Snap kamu hilang dalam waktu 24 jam? Snaps bisa disimpan, kok. Caranya, klik tombol bergambar tiga titik di pojok kanan atas layar, untuk men-download Snap kamu dan menyimpannya di hape.

* Snapchat kini punya tombol “Suggest”, berupa panah kecil yang muncul ketika kamu menekan profil akun Snapchat yang kamu follow.

Tujuan dari fitur “Suggest” ini adalah agar pengguna Snapchat bisa merekomendasikan akun Snapchat yang mereka rasa oke.

Jadi, kalau kamu tekan panah di sebuah akun Snapchat, kamu jadi men-share akun tersebut dengan teman Snapchat kamu yang lain. Artinya, kamu bisa minta teman-teman Snapchat kamu men-share akun-akun yang mereka anggap seru. ATAU sebaliknya, kamu bisa minta teman-teman kamu men-share akun kamu, supaya akun kamu makin beken, dan follower kamu bertambah.

tips Snapchat

* Kalau kamu kreatif dan jago gambar seperti Reza Chandika atau Cyrene Quiamco, buat sendiri filter Snapchatmu! Caranya, pertama, selfie atau foto dulu objek kamu. Kemudian pilih filter “DIY” dari daftar filter Snapchat yang sudah ada (pilihan filter ini ada di akhir-akhir, sebelum opsi face swap) Trus, silahkan mulai menggambar!

Kalau saat lagi tengah menggambar kamu ingin berhenti dulu, coret-coretan kamu bisa di save dulu, kok, untuk dilanjutkan lain kesempatan.

tips Snapchat

Baca juga:

(sumber gambar: imore.com, mashable.com, thenextweb.com, latimes.com, twitter.com, maryanneramirez.com, uberhavoc.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1