Menu

10 Tips Ampuh untuk Memerangi Rasa Malas Mengerjakan Skripsi

Malas merupakan suatu perasaan yang pastinya dimiliki oleh semua orang. Malas adalah ketika kamu merasa enggan untuk melakukan suatu hal. Misalnya, nih, kamu lagi malas belajar, nah, dengan perasaan malas belajar ini, akhirnya kamu enggan untuk melakukan aktivitas belajar.

Rasa malas biasanya terjadi dikarenakan adanya aktivitas lain yang lebih menarik. Biasanya, aktivitas-aktivitas tersebut membuatmu merasa senang dan nyaman. Misalnya, nih, kamu malas belajar dikarenakan kamu lagi keseringan mengecek notifikasi media sosialmu, main game, bermain dengan teman-temanmu dan sebagainya.

Tapi, tahukah kamu, gaes? Malas merupakan suatu perasaan yang akan membuatmu tidak berkembang, lho. Bagaimana tidak? Setiap kali kamu mau melakukan sesuatu, kamu malah merasa malas dan akhirnya membatalkan atau menunda kegiatan tersebut.

Rasa malas juga biasanya menyerang para mahasiswa akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Rasa malas ini pun memiliki sebab yang sama seperti rasa malas yang muncul ketika kamu harus belajar. Kalau kamu malas untuk mengerjakan skripsi, hati-hati saja, gaes! bisa-bisa skripsimu selesai dalam waktu yang lama, lho.

Ih, serem banget, kan? Pasti kamu nggak mau, kan, kalau skripsimu terselesaikan lebih dari satu semester? Nah, rasa malas harus diperangi, gaes! Yuk baca tips berikut agar kamu dapat menghilangkan rasa malas ketika mengerjakan skripsi!

1. Jangan biarkan rasa malasmu masuk

jangan biarkan rasa malas masuk

Kamu tahu nggak? Rasa malas masuk kedalam dirimu dengan sopan, lho. Rasa malas itu meminta izin terlebih dahulu ketika ia mau memasuki dirimu. Nah, kalau kamu mengizinkannya, jangan salahkan rasa malas kalau kamu tidak segera menyelesaikan  skripsimu.

Rasa malas yang ingin masuk ke dalam dirimu harus dicegah, gaes. Ketika kamu mulai merasa malas, cepat-cepatlah tinggalkan apa yang sedang kamu lakukan. Misalnya, nih, kamu sedang berbaring di kasur sambil mengecek media sosial. Tiba-tiba kamu terpikirkan skripsi namun merasa malas untuk mengerjakannya, nah, ketika kamu merasakan ini, kamu harus buru-buru tinggalkan aktivitas tersebut dan mulailah mengerjakan skripsi.

2. Tahan godaan

Dalam mengerjakan skripsi, pasti, ada saja godaannya. Baik itu kamu merasa hanyak ingin mengecek sosial media atau tiba-tiba ada temanmu yang mengajakmu untuk magang di suatu perusahaan. Godaan skripsi ini pun ada yang cukup besar, lho, misalnya seperti masalah keluarga dan sebagainya.

Ya, namanya juga tanggungjawab besar, di setiap tanggungjawab pasti ada godaan-godaan agar kamu merasa malas dan akhirnya kamu lalai dengan tanggungjawabmu. Nggak ada mahasiswa yang mau seperti itu, kan?

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, kamu harus menahan godaan tersebut. misalnya, nih, media sosialmu sedang ramai, ya sudah, jauhkan smartphone-mu dari dirimu. Atau misalnya tiba-tiba keluarga punya masalah, ya kamu harus mulai mencari tempat dimana kamu tidak kepikiran atas masalah-masalah di keluargamu.

Perlu kamu tahu, gaes, orangtua yang mengetahui anaknya telah menyelesaikan skripsinya, sidang dan akhirnya diwisuda, pasti, mereka akan sangat senang. Dengan berhasilnya kamu menyelesaikan tanggungjawab besar pertamamu, pasti menjadi suatu obat penawar bagi setiap masalah di keluarga.

3. Buatlah tenggat waktu

buat tenggat waktu

Biasanya, nih, kalau kamu mengerjakan tugas dari dosen, sang dosen pastinya memberikanmu tenggat waktu yang tidak begitu lama kan? Ketika kamu mengerjakan skripsi, tenggat waktu yang diberikan ada yang setahun atau bahkan tiga tahun tergantung dari universitasnya masing-masing.

Tapi, masa iya, sih, kamu mau mengerjakan skripsi selama itu? Jangan lupa, uang semesteran akan terus mengalir kalau kamu lama mengerjakan skripsi. Nah, agar kamu tidak malas karena tenggat waktu yang lama ini, kamu harus bikin tenggat waktumu sendiri.

Misalnya, nih, untuk bab satu kamu mulai kerjakan dari tanggal sekian hingga sepuluh hari ke depan. Bab dua bisa kamu kerjakan dalam waktu seminggu dan seterusnya. Tengat waktu ini dilakukan agar kamu merasa bahwa kamu memiliki tanggungjawab yang segera diselesaikan. Tenggat waktu ini tentunya bisa disesuaikan dengan kemampuanmu.

4. Sering-seringlah ke kampus

Biasanya, ketika kamu di rumah, kamu akan merasa malas untuk mengerjakan apapun yang berkaitan dengan dunia kampus. Hal seperti itu wajar banget, kok, gaes, karena rumah memang merupakan tempat untukmu beristirahat. Maka dari itu, agar kamu tidak merasa malas, coba deh datang ke kampus untuk merasakan atmosfer belajarnya, sehingga ketika kamu di kampus, kamu akan lebih bersemangat mengerjakan skripsi.

5. Berkumpul dengan teman-teman yang memiliki semangat mengerjakan skripsi

kelilingi dirimu dengan orang yang memiliki mission yang sama

Yak, berkumpullah dengan teman-teman yang memiliki semangat dalam mengerjakan skripsi. Kenapa begitu? Karena dengan berkumpul bersama mereka, kamu akan terpacu pula untuk mengerjakan skripsi. Bayangkan kalau kamu harus berkumpul dengan orang-orang yang malas mengerjakan skripsi, yang ada, kamu malah ikut-ikutan malas lagi. Berkumpullah dengan teman-teman yang semangat mengerjakan skripsi agar kamu tertular pula semangatnya.

6.  Buat jadwal temu dengan dosen pembimbing

Kalau kamu dekat dengan dosen pembimbingmu, buatlah jadwal temu dengan dosen pembimbing yang cukup sering agar kamu dapat lebih sering bertukar pikiran dengan dosen pembimbingmu. Dengan sering bertemu dengan dosen pembimbing akan membuatmu merasa bahwa kamu memiliki hal yang harus diselesaikan.

7. Cari motivasi

cari motivasi

Sebenarnya, motivasi datang dari dirimu sendiri tetapi kamu juga harus mencari motivasi-motivasi dari luar hingga kamu bisa membangkitkan motivasimu. Misalnya, nih, sering-seringlah datang ke wisuda senior-seniormu atau teman-temanmu.

Dengan datang ke wisuda mereka, kamu pastinya akan merasa ingin merasakan hal yang sama dengan teman atau seniormu, kan? Kamu pun ingin segera di wisuda. Karena hal tersebut, kamu akhirnya terpacu atau termotivasi untuk segera menyelesaikan skripsimu.

8. Paksa dirimu untuk mengerjakan skripsi

Kamu juga harus memaksakan dirimu agar segera menyelesaikan skripsi. Kalau kamu membiarkan rasa malasmu hinggap di dirimu, sampai kapan pun, kamu nggak akan segera menyelesaikan skripsimu. Kalau kamu sudah merasa malas, paksa dirimu untuk bangun, buka laptopmu dan kerjakan skripsimu!

9. Cari tempat asik untuk mengerjakan skripsi

kerjakan skripsi di tempat yang asik

Kalau kamu malas mengerjakan skripsi di rumah atau di kampus, kamu bisa, kok, cari tempat yang menyenangkan. Misalnya, nih, kamu suka minum kopi-kopian, kamu bisa mngerjakan skripsimu di café-café yang menjual kopi.

Atau misalnya kamu suka mengerjakan skripsi sambil makan, kamu bisa pergi ke restoran-restoran cepat saji yang dimana kamu bisa mengerjakan skripsimu. Carilah tempat duduk yang jauh dari keramaian agar kamu bisa fokus mengerjakan skripsimu.

10. Jalani secara konsisten

Yap, apapun yang kamu lakukan agar rasa malasmu hilang harus dilakukan sekonsisten mungkin. Kalau kamu tidak melakukannya secara konsisten, rasa malas tersebut akan terus datang lagi dan datang lagi.

***

Nah, dari kesepuluh tips di atas, tips mana nih, yang akan menjadi andalanmu untuk memerangi rasa malas?

baca juga:

(Sumber gambar: febridwicahya.com, loop.com, merdeka.com, pinterest.com, perspective-collective.com, dimmi.com.au)

LATEST COMMENT
Ahmad Faidoli Siregar | 6 jam yang lalu

Apa bisa modal jago gambar kita masuk jurusan arsitektur?

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Cindy Tan | 9 jam yang lalu

Semoga lolos dan keterima SBMPTN ke UI 2019

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Hawwa 'Ainaa | 11 jam yang lalu

Saya sma jurusan ipa, apakah bisa masuk fsrd lewat jalur snmptn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau bertanya. Boleh nggak mengambil 1 prodi saja di 2 PTN berbeda?

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau tanya. Boleh nggak mengbila 1 prodi pada 2 PTN yang berbeda? Sekian terima kasih!

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©