Menu

YM Planner: Ada Apa Sepanjang Februari 2019?

Di sepanjang Februari, siswa kelas 12 bakalan mulai sibuk, sementara mahasiswa back to campus memasuki semester baru. Ada satu tanggal merah, dan satu hari kejepit nasional. Are you ready?

# Awal Februari: Perguruan tinggi memulai semester genap. Jika IP semester lalu kurang memuaskan, inilah kesempatanmu untuk memperbaikinya.

# Sepanjang Februari: Untuk kelas 12 yang lagi bikin buku tahunan sebaiknya di selesaikan di bulan ini, terutama untuk sesi pemotretan. Karena di bulan-bulan berikutnya kalian bakalan makin disibukkan dengan berbagai ujian serta persiapan masuk kuliah.

# 1 Februari: World Hijab Day.

# 4 Februari: Hari Kanker Sedunia. 

# 4 hingga 25 Februari: Pendaftaran SNMPTN dimulai. Ya, bagi siswa kelas 12 yang memenuhi syarat, bisa mendaftar SNMPTN. Ada dua prodi dan PTN yang bisa dipilih. Pilihannya nggak boleh ngasal, karena jika diterima kamu harus mengambilnya. Pertama, siswa yang diterima SNMPTN otomatis tidak bisa ikut SBMPTN. Kedua, jika diterima tapi kamu nggak mengambil, bisa menjadi catatan bagi sekolahmu, lho. Lagipula, sayang sekali jatah kursi jadi kebuang.   

Selain itu, yang perlu diperhatikan pada SNMPTN 2019 adalah soal ketepatan waktu mendaftar. Jangan sampai kamu gagal gegara telat atau terlalu mepet saat mendaftar. Jangan mendaftar pada hari terakhir, apalagi jika kamu juga memasukkan portofolio (untuk prodi bidang seni atau olahraga). FYI, pada Pengisian Data Sekolah dan Siswa (PDSS) SNMPTN kemarin banyak yang tertinggal, lho. Padahal deadline pengisian sudah diperpanjang hingga 28 Januari. Alhasil, lebih dari 3000 sekolah nggak bisa ikutan SNMPTN.

# 5 Februari: Tahun Baru Imlek yang merupakan hari libur nasional jatuh pada hari Selasa.

# 9 Februari: Hari Pers Nasional.

# 17 Februari: Tryout UTBK yang diadakan tryoutptn.id. Nah, tryout alias latihan ujian ini berlangsung di 28 kota secara serentak, di antaranya Jabodetabek, Palembang, Makassar, dan Solo. Selain memperoleh hasil TPS dan TKA, peserta juga bisa mengetahui peringkatnya dibanding peserta yang lain. Target yang ikutan sebanyak 30.000 peserta.

17 Februari: Debat kedua kandidat Capres yang digelar KPU. Tema kali ini adalah energi dan pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, serta infrastuktur. Semua itu merupakan isu yang menarik dan penting. Nah, karena banyak yang mengkritik debat pertama, sepertinya akan ada perubahan format pada debat kali ini.  

20 Februari: Hari Pekerja Indonesia.

28 Februari: Hari Gizi Nasional Indonesia.

(sumber gambar: Photo by Lum3n.com from Pexels)

LATEST COMMENT
Zulva Nur Imawati | 2 jam yang lalu

Makasih kakk udah jawab. Soalnya aku yakin ini jurusan yang aku cari2 sejak dulu. Tapi saya tinggal bukan di perkotaan, agak khawatir sama prospek kerja. Memang sih di daerah saya setelah saya mencari data tenaga kerja RS untuk okupasi terapis tidak ada. Hanya ada fisioterapi itupun hanya 1 orang. Terimakasih kak, semoga dimudahkan sekolahnya. Doakan saya bisa masuk jurusan ini yaa

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
Asyila | 4 jam yang lalu

Kalo tembus fkui lewat jalur sbmptn, biayanya semahal di PTS ga sih kak? Jujur aja aku pengen bgt keterima fk cuma kasian papa aku krn mengeluarkan biaya kedokteran ku yg pastinya mahal bgt, dan juga ada ibu dan kakakku yg perlu dinafkahi oleh ayah ku, rasanya aku agak egois ga sih?

Jurusan 101: Tanya Apapun Tentang Jurusan Kedokteran di Youthmanual
Komang S. Satyanata | 5 jam yang lalu

Mohon maaf Baru balas Bantu jawab, Boleh ttapi alangkah baiknya bila ambil aja sbm nya (A)

Seleksi Mandiri Universitas Udayana 2019: Mulai Dari Syarat Pendaftaran Hingga Program Studinya
Sabrina Halimatus Sakdiyah | 5 jam yang lalu

Saya bingung nanti setelah lulus SMA saya ngambil jurusan apa. Kata temanku dan guru seniku gambaran saya bagus tapi menurutku biasa aja soalnya saya melihat temen selain kelasku ada yang lebih bagus dari saya malah jauh lebih bagus. Saya sih pengen banget jurusan kecantikan tapi takut salah melangkah jauh. Tolong saran untuk saya?

8 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di Tahun 2020
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©