Menu

Ucapkan "Mantra" Ini Agar Kamu Terus Mencintai Dirimu Sendiri! (Bagian 2)

Kehidupan memang terasa seperti roller coaster, terkadang kita akan diajak naik, dan tiba-tiba, kita akan diajak turun dengan kecepatan yang tinggi. Meskipun menegangkan, pasti banyak dari kamu yang menyukai wahana yang satu ini. Banyak orang yang menyukai wahana yang satu ini karena wahana tersebut merupakan wahana yang menegangkan, karena bisa teriak-teriakkan melepaskan stres dan sebagainya.

 Well, karena kehidupan sama seperti roller coaster, yang terkadang naik dan turun, kamu harus tetap bersyukur, ya! Akan tetapi, karena kehidupan yang sering naik dan turun, banyak dari orang-orang yang justru malah overthinking, merasa bahwa hari ini tidak menyenangkan, merasa dirinya bukan apa-apa, merasa dirinya kurang berjuang dan masih banyak lagi.

Nah, daripada kamu merasa bahwa diri kamu kecil atau merasa diri kamu tidak bisa melakukan apa-apa, yuk, baca mantra berikut ini sesering mungkin agar kamu terus mencintai dirimu sendiri!

1. “Today is a good day

hari yang baik

Tahukah kamu? Apapun yang kita sugestikan kepada diri sendiri, sebagian besar, pasti terjadi. Misalnya nih, kamu hari ini merasa sangat malas untuk pergi ke sekolah. Perasaan malas itu kamu ikuti tanpa ada usaha untuk menepis rasa tersebut. Pada akhirnya, kamu akan tersugesti dan kamu terus akan merasakan malas untuk pergi ke sekolah.

Hal seperti itu pun terjadi pada diri saya sendiri. Dulu saya selalu menyugestikan kalau saya nggak bisa bahasa Inggris. Dan benar saja, beberapa saat, saya benar-benar nggak bisa berbahasa Inggris. Saya nggak tertarik untuk belajar, nggak mau tahu tentang bahasa Inggris dan sebagainya.

Namun, karena suatu hal, akhirnya, saya menyugestikan diri untuk bisa berbahasa Inggris. Pada akhirnya, saya mau belajar. Sekarang, saya terbilang bisa berbahasa Inggris walaupun tidak begitu fasih. Nah, begitu pun dengan menyugestikan dirimu bahwa hari ini merupakan hari yang baik. Pasti harimu akan menjadi terasa sangat baik dan kamu pun akan lebih bersemangat mengerjakan semua aktivitasmu di hari tersebut.

2. “Feel the fear and do it anyway

feel the fear and do it anyway

Kamu pernah nonton film after earth? Kalau udah pernah nonton, masih inget dengan kata-katanya Cypher Raige yang diperankan oleh Will Smith, nggak? Itu, loh, yang Cypher Raige bilang kalau kamu harus sadar bahwa rasa takut itu tidak nyata. Rasa takut merupakan suatu hal yang yang dibuat oleh pemikiranmu sendiri. Takut atau nggaknya, kamu bisa memilihnya.

Nah, quote dari Cypher Raige pas banget, nih, sama kita. Setiap orang pasti memiliki rasa takut. Misalnya, nih, kamu mau ikutan exchange ke luar negeri tapi takut nggak punya teman. Atau misalnya, kamu ingin presentasi di depan kelas, akan tetapi kamu takut salah dan sebagainya.

Well, rasa takut itu sangat wajar, kok, gaes. Akan tetapi, kamu harus tetap menjalankan apapun aktivitas yang membuatmu takut. Masa iya, sih, cuma karena takut kamu malah nggak mau mengembangkan diri kamu? Nah, katakan kalimat ini setiap pagi, ya, agar kamu memiliki kekuatan untuk memerangi rasa takutmu!  

3. “I’m tough

I'm tough

Kamu harus yakin kalau diri kamu merupakan seseorang yang sangat kuat dan tangguh. Jangan pernah bilang kalau kamu adalah seseorang yang lemah dan nggak bisa apa-apa. Dengan menyugestikan dirimu sebaik mungkin, hal tersebut akan menjadi suatu sifatmu, lho.

Saya yakin, kok, kalau semua orang adalah orang-orang yang tangguh. Setiap orang pasti memiliki pengorbanannya masing-masing dan mereka tetap tangguh menjalan aktivitasnya. Misalnya, nih, kamu ingin menjadi seseorang yang masuk ke dalam ranking tiga besar di kelasmu, kamu pasti akan mengorbankan waktu istirahatmu untuk terus belajar. Walau pun terdengar sepele, tetap saja kamu adalah seseorang yang tangguh.

4. “I’m grateful

merasa bersyukur

Banyak orang yang bilang bahwa manusia merupakan makhluk yang nggak pernah puas. Misalnya, nih, kamu dapat nilai ulangan matematika yaitu delapan puluh lima. Akan tetapi, ada temanmu yang mendapatkan nilai lebih dari dirimu, lalu kamu merasa bahwa nilaimu tidak cukup bagus dibandingkan dengan temanmu.

Well, kalau kamu lihat teman-temanmu yang lain, mungkin, ada beberapa temanmu yang justru malah mendapatkan nilai yang kurang bagus bahkan hingga remedial. Duh, maka dari itu, kamu harus bersyukur dengan apa yang telah kamu miliki, akan tetapi, jangan sampai kamu jadi malas belajar, ya!

5. “I’m proud to myself

bangga pada diri sendiri

Yap, bagaimana kamu ingin membuat orang lain bangga kalau kamu sendiri nggak bangga sama dirimu sendiri? Seharusnya, ya, orang pertama yang bangga pada dirimu ialah dirimu sendiri. Bangga kepada diri sendiri termasuk self-love, lho.

Sekecil apapun yang kamu lakukan atau yang kamu hasilkan, kamu harus bangga pada dirimu sendiri. Misalnya, ketika pembagian rapot sekolah, temanmu dapat ranking tiga besar, sedangkan kamu hanya mendapatkan ranking lima besar. Well, kamu jangan berkecil hati, gaes. Mau bagaimana, pun, ranking lima besar itu merupakan prestasi, lho, bagi diri kamu. Kamu harus bangga dengan hasil belajarmu. Kalau kamu ingin mendapatkan ranking tiga besar, kamu harus berani untuk belajar lebih giat, bukannya malah minder atau ngerasa bahwa diri kamu nggak ada apa-apanya.

***

Di artikel sebelumnya, saya menyarakankan kamu untuk terus mengucapkan mantra-mantra ini. Kenapa, sih, kamu harus mengucapkan mantra ini? Karena, apa yang telah kamu sebutkan ke diri kamu sendiri merupakan sugesti yang bisa saja terwujud, lho.

Lagi pula, dengan mengucapkan kata-kata ini, kamu bisa, lho, lebih mencintai dirimu sendiri, percaya pada diri sendiri, menghargai diri sendiri dan sebagainya. Kalau kamu sudah mempercayai dirimu sendiri, pasti, peluangmu untuk maju akan terbuka lebih lebar. Nah, yuk, mulai dari sekarang, ucupkan “mantra” ini agar kamu lebih mencintai dirimu sendiri!

Baca juga:

(Sumber gambar: returntosourewellbeing.com, cfss.org.net, pinterest.com, redfairyproject.com, lafabere.com, inkdaze.com)

LATEST COMMENT
Zulva Nur Imawati | 2 jam yang lalu

Makasih kakk udah jawab. Soalnya aku yakin ini jurusan yang aku cari2 sejak dulu. Tapi saya tinggal bukan di perkotaan, agak khawatir sama prospek kerja. Memang sih di daerah saya setelah saya mencari data tenaga kerja RS untuk okupasi terapis tidak ada. Hanya ada fisioterapi itupun hanya 1 orang. Terimakasih kak, semoga dimudahkan sekolahnya. Doakan saya bisa masuk jurusan ini yaa

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
Asyila | 4 jam yang lalu

Kalo tembus fkui lewat jalur sbmptn, biayanya semahal di PTS ga sih kak? Jujur aja aku pengen bgt keterima fk cuma kasian papa aku krn mengeluarkan biaya kedokteran ku yg pastinya mahal bgt, dan juga ada ibu dan kakakku yg perlu dinafkahi oleh ayah ku, rasanya aku agak egois ga sih?

Jurusan 101: Tanya Apapun Tentang Jurusan Kedokteran di Youthmanual
Komang S. Satyanata | 5 jam yang lalu

Mohon maaf Baru balas Bantu jawab, Boleh ttapi alangkah baiknya bila ambil aja sbm nya (A)

Seleksi Mandiri Universitas Udayana 2019: Mulai Dari Syarat Pendaftaran Hingga Program Studinya
Sabrina Halimatus Sakdiyah | 5 jam yang lalu

Saya bingung nanti setelah lulus SMA saya ngambil jurusan apa. Kata temanku dan guru seniku gambaran saya bagus tapi menurutku biasa aja soalnya saya melihat temen selain kelasku ada yang lebih bagus dari saya malah jauh lebih bagus. Saya sih pengen banget jurusan kecantikan tapi takut salah melangkah jauh. Tolong saran untuk saya?

8 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di Tahun 2020
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©