Serba “TER-” di Asian Games 2018

Perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 Jakarta-Palembang telah berakhir. Namun semangat dan kemeriahannya akan terus dikenang. Berikut rangkuman momen dan hal-hal paling berkesan dari Asian Games 2018 versi Youthmanual.

TERmuda: Bunga Nyimas

bunga nyimas

Atlet Skateboard berusia 12 tahun ini merupakan atlet termuda yang memenangkan medali Asian Games 2018. Ia mulai menekuni Skateboard sejak kelas 2 SD ketika berumur 8 tahun. Selanjutnya, Bunga Nyimas ingin bisa berprestasi di PON dan Olimpiade 2020.

TERtua: Michael Bambang Hartono

bambang hartono

Age is just a number! Bambang menjadi atlet tertua yang meraih medali di usia 78 tahun. Ia mendapatkan perunggu untuk cabang olahraga Bridge di nomor Supermiexed Team.

Saya bermain bridge agar tidak cepat pikun, hobi saya yang lain adalah senam taichi yang banyak membantu agar tetap fokus,” ungkapnya. Selain itu, Bambang juga merupakan salah satu pengusaha tersukses di Indonesia. Hadiah sebesar 150 juta yang diterimanya dari pemerintah disumbangkan sepenuhnya untuk kemajuan olahraga Bridge.  

TERharu: Momen  Jokowi -Hanifan -Prabowo berpelukan

Semangat olahraga mempersatukan Indonesia. Inilah gambaran yang terlihat saat pesilat Hanifan Yudani memeluk Presiden Jokowi sekaligus Prabowo sambil memakai bendera merah putih di punggungnya. Pelukan tersebut merupakan ekspresi spontan Hanifan setelah memenangkan medali emas.

TERkenal: Jonatan Christie

jonatan christie

Pebulutangkis berusia 20 tahun ini bisa dibilang sangat femes di ajang kompetisi Asian Games. Nggak cuma sekadar kharismatik dan banyak fans, tapi penampilan Jojo memang gemilang. Ia berhasil menyumbangkan emas untuk nomor Perorangan Putra dan perak bersama tim putra.

TERmerinding: Atraksi Ratoh Jaroe Opening Ceremony

ratoh jaroe asian games

Sekitar 1,600 pelajar SMA dari DKI beraksi di panggung GBK menampilkan tari Ratoh Jaroe. Penampilan mereka sangat kompak dan indah sampai bikin merinding. Koreografer Denny Malik dan seluruh tim kreatif pun berhasil mengemas performance yang apik dan memorable. Salah satu atraksi fenomenal yang ditampilkan adalah ketika mereka menari dengan berganti-ganti baju.  

TERheboh: Jack Ma tampil di Closing Ceremony

jack ma asian games closing

Mungkin sebelum Asian Games berlangsung, nggak ada yang terbayang jika konglomerat plus pengusaha tersukses dunia saat ini bakal datang ke Indonesia dan ikutan tampil di panggung acara penutupan. Yup, di panggung Jack Ma mewakili panitia penyelenggara Asian Games 2022 di Hangzhou. Selain Jack Ma tampil juga seleb Asia seperti Super Junior dan iKON.

TERBangga: Prestasi Kontingen Indonesia

kontingen indonesia asian games 2018

Tentu saja kita bangga dong sama prestasi para atlet. Nggak hanya itu, bisa dibilang kemajuan kontingen Indonesia adalah yang paling signifikan dibandingkan tahun 2014. Yup, empat tahun lalu Indonesia hanya mengumpulkan 20 medali (4 emas, 5 perak, dan 11 perunggu) sementara sekarang berhasil mengumpulkan 98 medali (31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu). Rankingnya pun naik drastis dari posisi 17 menjadi peringkat 4.  Sejauh ini, prestasi tersebut menjadi pencapaian terbaik Indonesia di sepanjang sejarah Asian Games.

TERJuara: Kontingen China

Dari 37 negara yang menjadi peserta Asian Games 2018, Kontingen China menduduki peringkat teratas klasmen medali dengan 132 emas 92 perak, dan 65 perunggu. Prestasi ini jauh di atas peringkat kedua Jepang yang mengumpulkan 75 emas. Indonesia pun membuat kejutan dengan berada di peringkat empat, naik jauh dibandingkan Asian Games 2014 yang hanya mencatat peringkat 17.

TERBanyak Raih Medali : Rikako Ikee (Jepang)

rikako ikee

Perenang putri berusia 18 tahun ini mendapatkan gelar MVP Asian Games 2018 berkat prestasinya meraih total 8 medali emas. Enam medali emas Rikako peroleh dari nomor 50 meter Gaya Bebas, 100 meter Gaya Bebas, 50 meter Gaya Kupu-Kupu, 100 meter Gaya Kupu-Kupu, 4x100 meter Gaya Bebas Estafet, dan 4x100 meter Gaya Campuran Estafet. Ia juga mendapatkan medali perak di nomor 4x100 meter Estafet dan 4x200 meter Gaya Bebas. Wow!

Sementara dalam kontingen Indonesia, Jafro si atlet Paralayang menjadi salah satu penyumbang medali terbanyak dengan 2 emas untuk nomor ketepatan mendarat individual putra dan beregu putra serta 1 perunggu untuk nomor cross-country beregu putra. Ia berhak mendapatkan bonus sebanyak 2.4 milyar.

Selain itu, tiga atlet sepak takraw, Nofrizal, Muhammad Hardiansyah Muliang, dan Abdul Halim Radjiu berhasil meraih 4 medali. Satu emas dari nomor quadrant putra, 1 perak dari nomor regu putra, dan dua perunggu dari nomor tim double putra serta tim regu putra.

(Sumber gambar: INASGOC, ANTARA FOTO/INASGOC/Rahmad Suryadi/thv/18, CNNIndonesia/ Christie Stefanie, Instagram Prabowo, Indotimes Departemen Pariwisata, Antara/INASGOC/Wahyudin, liputan6.com, Instagram rikako ikee)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1