Infografik: Media Sosial, Anak Muda, dan Kesehatan Mental

Pada awal tahun 2017 Royal Society of Public Health (RSPH), London melakukan survei kepada 1.500 anak muda berusia 14-24 tahun dari seluruh penjuru Britania Raya. Survei yang bertajuk #StatusOfMind ini bertujuan untuk mengkaji tentang media sosial dan dampaknya terhadap 14 isu kesejahteraan dan kesehatan—khususnya kesehatan mental di kalangan anak muda.

Hasilnya cukup menarik nih, sob. Sebagian besar responden masih merasa media sosial lebih banyak memberikan dampak negatif pada kesehatan mental mereka. Meningkatnya level kecemasan dan depresi, cyber-bullying,  penurunan kualitas tidur, hingga soal body image adalah segelintir permasalahan yang berasal dari penggunaan media sosial.

Serunya lagi, survei ini juga mengurutkan media sosial mana yang memiliki dampak paling buruk bagi kesehatan mental anak muda. Tebak medsos apa yang mendapat predikat tersebut? Yep. It’s our favorite photo-sharing platform; Instagram.

Yuk, simak infografik berikut untuk tau lebih lanjut soal media sosial dan dampaknya bagi kesehatan mental kids zaman now.

Nah, sob, kalau menurut kamu gimana? Apakah setuju dengan hasil survey tersebut?

Kalau saya sih setuju, karena jika nggak digunakan dengan bijak, Instagram memang bisa jadi monster yang bisa menyerang insecurity kita tepat di titik terlemahnya. Sering liat ‘kan, banyak netizen yang meninggalkan komentar-komentar nggak sopan dan bahkan nggak senonoh di akun seorang public figure? Nah, begitu lah kira-kira gambarannya.

Kalau orangnya tahan banting menghadapi hal tersebut, tentunya ini bukan masalah besar. Tapi, bagaimana mereka yang nggak kuat? Dampaknya pasti bahaya banget. Nggak cuma bikin kepercayaan diri turun, tapi bisa juga orang itu jadi stress, depresi, dan bahkan di kasus-kasus terburuknya, kekejaman netizen bisa bikin seseorang menghabisi dirinya sendiri.

Maka itu, selain rekomendasi-rekomendasi yang sudah ditawarkan RSPH tadi, saya rasa penting juga bagi kita sebagai netizen untuk menjaga norma dan attitude di dunia maya. Ingat, meski akun medsosmu adalah milik pribadi, tapi platform media sosial sendiri adalah ‘tempat umum’ yang juga digunakan oleh banyak orang lain di seluruh dunia.

So, bijak-bijak dalam ber-medsos ya, guys! Saya yakin kok, jika digunakan dengan semestinya, media sosial akan bisa memberi lebih banyak dampak positif bagi hidup kita.

Baca juga:

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1