Menu

8 Kegiatan Ngabuburit Bermanfaat yang Harus Kamu Coba!

Menunggu waktu berbuka puasa merupakan suatu hal yang memang terkadang suka membosankan. Maka dari itu, banyak dari orang yang melakukan ngabuburit. Sebenarnya, apa, sih, ngabuburit itu? Ngabuburit adalah suatu kegiatan yang dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa.

Biasanya, ngabuburit ini dilakukan setelah jam tiga sore. Nah, sayangnya, nih, gaes, masih banyak orang-orang yang ngabuburit dengan aktivitas-aktivitas yang kurang bermanfaat, nih, misalnya seperti tidur. Well, memang, sih, katanya selama bulan puasa, tidur bisa menjadi suatu ibadah, tapi, nggak mungkin, kan, kamu mengisi waktu ngabuburitmu dengan tidur selama satu bulan penuh? Hehe.

Nah, daripada kamu tidur saja, yuk, lakukan kegiatan ngabuburit yang tentunya bermanfaat dan membuat waktu puasamu berlalu lebih cepat. Ada kegiatan apa, saja, ya?

1. Baca buku

Membaca  buku merupakan suatu aktivitas yang tentunya menyenangkan. Jalan cerita yang seru dan bikin penasaran, pastinya akan membuatmu lupa dengan rasa lapar dan waktu yang berjalan. Kalau kamu suka membaca buku tentang pelajaran, meskipun lapar, tapi rasa penasaran untuk mengerti pelajaran tersebut, pasti, akan membuatmu lupa dengan rasa tersebut.

Nah, daripada waktu ngabuburitmu habis hanya untuk tidur, lebih baik, kamu menggunakan waktu tersebut untuk membaca buku. Dengan membaca buku, tentunya kamu akan merasa terhibur, memberikanmu banyak pengetahuan dan tentunya dapat membuat waktu puasamu berlalu lebih cepat.

2. Ikut kegiatan keagamaan di masjid

datang ke masjid

Kalau kamu ingin lebih memiliki kegiatan ngabuburit di luar rumah, kamu bisa banget mengikuti kegiatan yang satu ini. Kegiatan keagamaan di masjid, selain memberikan pahala tentunya akan memberikanmu ilmu yang baru, koneksi pertemanan yang luas dan tentunya akan lebih baik bersosialisasi di luar rumah jika dibandingkan dengan hanya melakukan kegiatan ngabuburit dengan tidur di rumah.

3. Membantu ibu membuat masakan

Nah, salah satu kegiatan ngabuburit yang menyenangkan di dalam rumah, ialah memasak makanan untuk berbuka puasa bersama ibumu. Dengan melakukan kegiatan masak-memasak di rumah, pasti waktumu akan berjalan dengan cepat dan tanpa terasa waktu berbuka pun telah datang.

Selain itu, dengan melakukan kegiatan masak-memasak bersama ibumu, pasti, kamu akan mendapatkan pengetahuan baru tentang memasak, misalnya seperti resep membuat suatu masakan, belajar memotong sesuatu dengan benar, cara memasak makanan dengan benar dan lain sebagainya. Kalau kamu seseorang yang sibuk dengan kegiatan kampus atau sekolah, kegiatan yang satu ini pun bisa menjadi kegiatan yang mempererat hubunganmu dengan ibumu. Asikkan, gaes?

4. Mencari pekerjaan part time

kerja part time

Penasaran sama dunia kerja? Pengen kerja tapi sekarang bulan puasa? Well, nggak ada salahnya, kok, gaes. Meskipun sekarang lagi bulan puasa akan tetapi kamu masih bisa, kok, ikutan part time di suatu restoran atau tempat kerja.

Justru, dengan adanya pekerjaan part time, waktu puasamu tidak menjadi menoton begitu-begitu, saja. Kamu akan mendapatkan pengalaman baru dan tentunya kamu akan mendapatkan gaji dari hasil kerjamu! Selain itu, dengan bekerja part time pasti waktu berbuka puasa menjadi lebih terasa cepat datang karena kamu sibuk dengan suatu hal yang perlu kamu kerjakan.

5. Olahraga

Kata siapa kamu nggak boleh berolahraga selama puasa? Olahraga pun masih bisa dilakukan, lho, ketika kamu sedang berpuasa. Namun bedanya, kamu harus mengubah jam olahragamu dari pagi hari menjadi sore menjelang waktu berbuka puasa.

Luang waktu sebanyak dua puluh hingga tiga puluh menit untuk berolahraga. Tapi, kamu jangan melakukan olahraga yang berat-berat, ya, karena kegiatan tersebut akan membuatmu lelah. Lakukanlah kegiatan olahraga yang nggak berat seperti bersepeda, jalan-jalan keliling komplek dan juga yoga. Meskipun nggak melelahkan, tetapi, kegiatan tersebut akan membuatmu lebih sehat dan tentunya waktu berbuka puasa menjadi lebih cepat datang, hehe.

6. Jualan takjil

jualan takjil

Nggak mau kerja part time tapi mau menghasilkan uang selama bulan puasa? Wah, kamu harus coba untuk berjualan takjil. Takjil itu sendiri memiliki banyak jenisnya, lho, jadi kamu bisa berkreasi setiap harinya. Kamu bisa, kok, jualan takjil di depan rumahmu atau di pasar-pasar dadakan yang muncul saat menjelang buka puasa.

Dengan menjaga barang jualanmu dan juga menangani banyaknya pembeli, pasti, akan membuatmu lupa sejenak akan waktu berbuka puasa. Selain itu, kamu pun tentunya akan mendapatkan uang jajan tambahan yang bisa digunakan untuk acara-acara bukber a.k.a. buka bersama, hehe.

7. Merapikan rumah

Merapikan rumah memang suatu hal yang melelahkan, sih. Selain itu merapikan rumah juga merupakan suatu kegiatan yang tentunya memakan waktu. Nah, daripada kamu diam-diam saja sambil menunggu waktu berbuka puasa, ada baiknya kamu merapikan rumahmu.

Karena merapikan rumah merupakan suatu kegiatan yang cukup memakan waktu, pasti waktu puasamu dapat berlalu dengan cepat. Selain itu, rumahmu pun pasti akan lebih rapi daripada sebelumnya. Lumayan, kan, ngabuburit sambil merapikan rumah.

8. Bikin cerita atau artikel selama 30 hari

bikin cerita

Nah, buat kamu yang ingin belajar konsisten dalam hal tulis-menulis, kamu bisa kok ngabuburit sambil menulis cerpen, cerita panjang, artikel dan sebagainya. Coba, deh, kamu bayangkan kalau setiap harinya, selama bulan puasa, kamu bisa konsisten menulis. Paling tidak, kamu dapat menghasilkan tiga puluh artikel selama satu bulan. Selain itu, kamu pun pastinya akan terbiasa dengan kegiatan tulis-menulis sehingga kalau kamu memiliki tugas untuk tulis-menulis, pasti, kamu akan nggak akan merasa kesulitan.

***

Nah. Dari pada kamu ngabuburit dengan diam-diam saja di rumah seperti tidur-tiduran atau bahkan tidur sepanjang hari, lebih baik kamu lakukan 8 kegiatan di atas. Selain waktu puasamu akan berlalu dengan cepat,setiap kegiatan pasti akan memberikanmu banyak manfaat. Selamat mencoba ya, gaes!

Baca juga:

Sumber gambar: uangonline.com, unsplash.com, dnainfo.com, youtube.com)

LATEST COMMENT
Intan Nur Septiani | 7 jam yang lalu

Opem endorse @tane.id

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

doa kok diumbar kentoddd

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

pataatttt

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Danta Ginting | 8 jam yang lalu

doa kok diumbarr

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©