Menu

6 Terobosan Baru dalam Bidang Teknologi yang Mind Blowing Banget di Tahun 2018!

Hadirnya terobosan baru dalam bidang teknologi menjadi bukti bahwa jaman kita terus mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. Selain merupakan bukti kemajuan jaman, adanya terobosan teknologi ini menjadi pertanda akan kehadiran hal-hal baru yang bermanfaat.

Misalnya aja, listrik dan lampu yang ditemukan pada abad ke-19. Kedua benda tersebut memberikan manfaat yang luar biasa sampai sekarang bagi manusia.

Namun, terobosan teknologi tersebut nggak berhenti disitu aja, gaes. Dari tahun ke tahun, orang-orang terus mencoba berinovasi dan menciptakan terobosan teknologi baru agar bisa memudahkan kehidupan umat manusia di bumi ini.

Dan pada tahun 2018, seenggaknya ada beberapa terobosan teknologi dan inovasi baru yang tentunya sangat mind blowing banget alias menggugah rasa penasaran kalian. Mari kita simak daftarnya berikut ini!

1. 3D Printing

3D Printing

3D Printing atau dikenal juga sebagai Additive Layer Manufacturing adalah proses pembuatan benda padat tiga dimensi dari sebuah desain secara digital menjadi bentuk 3D yang nggak cuma dilihat tapi juga bisa dipegang dan memiliki volume.

3D Printing sendiri udah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Namun, seiring perkembangan jaman, 3D Printing menjadi lebih hebat dari sebelumnya. Nggak cuma mampu mencetak objek plastik aja, 3D Printing juga mencetak logam.

Pada 2017 aja, udah ada 3D Printing yang bisa mencetak berbahan stainless-steel. Bukan nggak mungkin, dalam beberapa tahun ke depan hampir di tiap rumah bisa memilikinya.

2. Gas tanpa polusi

Gas tanpa polusi

Di Amerika Serikat, tepatnya kota Houston, terdapat konstruksi pembangkit tenaga listrik yang mencoba teknologi baru—untuk menciptakan gas tanpa perlu mengeluarkan polusi. Perusahaan tersebut percaya bahwa bisa menangkap karbon dioksida yang terproduksi lewat gas terlebih dahulu sebelum tersebar ke udara, gaes.

Nah, dari hal itulah, gas dapat didaur ulang dan bisa digunakan secara terus-menerus dengan lebih murah dan tanpa perlu polusi.

3. Privasi sempurna untuk pengguna internet

Privasi sempurna untuk pengguna internet

Saat ini, privasi untuk pengguna internet sedang dikembangkan dan berada dalam bidang cryptographic, gaes. Melalui terobosan baru ini, kamu bisa membuktikan kalo kamu berumur 18 tahun tanpa perlu menuliskan tanggal lahirmu.

Dengan kecanggihan teknologi yang bernama zk-SNARKs ini, resiko identitas yang tercuri pun bisa dikurangi sedemikian rupa. Alhasil, nggak akan ada lagi deh, akun-akun palsu yang mengatasnamakan dirimu.

4. Kota futuristik

Kota futuristik

Pemerintah di seluruh dunia berusaha menggunakan teknologi untuk menciptakan kondisi hidup yang ideal bagi warganya. Salah satunya dengan membangun kota yang sepenuhnya dibangun oleh teknologi paling mutakhir di Toronto (Kanada) bernama Quayside.

Target proyek ini adalah membangun kota yang memiliki pondasi bersensor tinggi hingga dapat mengumpulkan banyak data. Mulai dari kualitas udara hingga tingkat kebisingan yang diciptakan orang-orang. Keren banget, ya!

5. Artificial intelligence (AI)

Artificial intelligence

Kamu tentu udah nggak asing lagi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) ini, ‘kan? AI telah menjadi kunci utama keberhasilan perusahaan-perusahaan besar—seperti Amazon, Google, sampai Microsoft, gaes.

Permasalahannya AI sendiri cukup mahal untuk didapatkannya. Karena hal itulah, perusahaan-perusahaan besar mencoba menciptakan AI yang lebih murah dan menjangkau masyarakat lebih luas.

Keuntungan dari penggunaan AI berskala besar sendiri adalah peningkatan ekonomi.

6. Peramal masa depan genetik

Peramal masa depan genetik

Terakhir adalah munculnya sebuah terobosan untuk meramalkan masa depan genetik, gaes. Dipercaya suatu hari nanti bayi akan menerima sebuah rapot yang memberikan info tentang kesehatannya. Singkatnya, dengan alat ini kamu akan mengetahui kesehatan bayi di dalam kandungan nanti.

Kamu akan dimudahkan untuk melihat kondisi kesehatan bayimu, bahkan kamu juga dapat melihat seberapa besar calon bayimu ini memiliki resiko terkena serangan jantung ataupun hal lainnya—hanya dengan melihat genetik mereka aja. Walaupun membantu penanganan dalam bidang kesehatan, tapi teknologi ini ditakutkan juga akan memberikan adanya diskriminasi genetik, gaes.

***

Itulah teknologi-teknologi mutakhir yang sedang dikembangkan pada tahun 2018 ini. Rencananya teknologi tersebut bakal siap dalam beberapa tahun ke depan. Menurutmu, teknologi manakah yang akan sangat membawa dampak positif bagi kehidupan manusia, ya, gaes?

 

Baca juga: 


 

(Sumber gambar: codeburst.io, independent.co.uk, washingtonexaminer.com, aturduit.com, thestar.com, youtube.com, geneticsdigest.com)

LATEST COMMENT
Ahmad Faidoli Siregar | 6 jam yang lalu

Apa bisa modal jago gambar kita masuk jurusan arsitektur?

5 yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Arsitektur
Cindy Tan | 8 jam yang lalu

Semoga lolos dan keterima SBMPTN ke UI 2019

Berapa Passing Grade SBMPTN 2019?
Hawwa 'Ainaa | 11 jam yang lalu

Saya sma jurusan ipa, apakah bisa masuk fsrd lewat jalur snmptn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau bertanya. Boleh nggak mengambil 1 prodi saja di 2 PTN berbeda?

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Adrian Sasori | 23 jam yang lalu

Kak, mau tanya. Boleh nggak mengbila 1 prodi pada 2 PTN yang berbeda? Sekian terima kasih!

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©