5 Tips Efektif dan Sangat Mudah Dilaksanakan dari Para Orang Sukses Supaya Tahun 2017 Kamu Lebih Produktif

Sebentar lagi tahun berganti. Buat kamu yang merasa belum melakukan hal-hal secara maksimal di 2016, ini saat yang tepat untuk kamu mengganti pacar lembaran baru. Yuk, susun hal-hal yang sekiranya bisa membantu kamu lebih lebih produktif.

Situs Business Insider bertanya kepada beberapa orang sukses di Amerika dalam berbagai bidang tentang tips mereka supaya lebih produktif di 2017. Menurut saya, 5 tips ini yang paling relevan dan mungkin banget dilakukan buat kita anak muda yang ingin menjadi lebih baik di tahun depan.

1. Coba lakukan apa yang kamu sukai bersamaan dengan apa yang ingin kamu capai

“Pilih ritual sehari-hari yang kamu sukai – misalnya minum kopi – dan lakukan hal itu bersamaan dengan apa yang ingin kamu capai, misalnya target menyelesaikan novel baru.”

Jadi saya berusaha menghubungkan sesuatu yang saya sukai dengan kegiatan yang mendekatkan saya untuk mencapai target. Saya percaya dengan melakukan sesuatu yang kamu sukai bersamaan dengan target yang ingin kamu capai, target tersebut jadi lebih mudah dikerjakan.” 

— Dan Ariely, seorang profesor di bidang psychology and behavioral economics di Duke dan penulis buku “Payoff“

2. Coba lebih peka

“Tips produktifitas dari saya? PEKA. Kalian pasti mikir, kok peka sih? Apa hubungannya sama menjadi produktif? Bagi saya, ketika kalian sudah bisa merasa peka terhadap apapun, termasuk diri sendiri, kalian akan jauh lebih kreatif dan produktif.

Kepekaan bikin kita merasa pasti sama apa yang sedang kita rasakan. Misalnya, kalau kita lagi nggak mood untuk mengerjakan sesuatu, maka kita akan cepat mengindentifikasi perasaan tersebut dan mencari cara untuk membangkitkan mood. Atau ketika kita sedang berada dalam konsisi memungkinkan dan bersemangat untuk mengerjakan sesuatu, maka kita peka untuk nggak lagi menunda-nunda.

Lepaskan semua perasaan bahwa 2017 harus sempurna. Kita harus mau memberi diri sendiri kesempatan untuk mengikuti apa yang benar-benar kita sukai. Dan untuk mengenal itu semua, kita butuh kepekaan.”

— Brigid Schulte, penulis buku “Overwhelmed: Work, Love, and Play When No One Has the Time” and direktur The Good Life Initiative/ Better Life Lab at New America

3. Coba the power of “kepepet”

“Kunci untuk memaksimalkan produktifitas adalah nggak perlu terlalu banyak kata-kata motivasi. Buat apa mengumpulkan quotes kalau cuma untuk jadi catatan.

Saya kasih contoh, ya, saya punya temen yang pengen banget meluangkan waktu untuk berolahraga. Akhirnya, dia punya ide untuk menyimpan deodorant-nya di loker gym tempat dia olahraga. Otomatis, setiap pagi dia harus berangkat olahraga, mandi dan pakai dodoran di gym tersebut. Baru setelah itu dia pede berangkat ke kantor. Teman saya melakukan sesuatu yang mengharuskan dia pergi ke gym setiap pagi.

Coba cari ide bagaimana supaya target kamu menjadi susuatu yang bikin kamu merasa kepepet.”

— Steve Levinson, seorang psikologi klinis dan penulis buku “The Power to Get Things Done“

4. Coba lakukan segera hal-hal yang bisa dikerjakan dengan cepat

“Kalian pasti udah sering mendengar ‘one-minute rule’, di mana kalian harus segera melakukan hal yang bisa dikerjakan sekitar satu menit. Misalnya, jangan melempar jaket bekas pakai ke lantai, melainkan gantung langsung di lemari. Mengisi formulir, menjawab email pendek, chat penting dan lain sebagainya yang bisa segera dilakukan.

Karena mengerjakan bisa dengan cepat, kita merasa bersemangat dan punya perasaaan bahwa banyak hal yang telah kita selesaikan. Kamu bakal amaze bahwa ketika hal kecil sudah selesai dikserjakan, kamu masih punya banyak waktu untuk mengerjakan hal besar.”

— Gretchin Rubin, pebulis buku “Better Than Before” dan “The Happiness Project“

5. Coba tentukan tiga goals setiap pagi

’rule of three’ adalah ritual produktifitas favorit saya.  Setiap pagi, saya memikirkan apa tiga hal besar yang harus saya lakukan dan harus saya capai hari ini. Hal tersebut bisa dalam berbagai bidang. Misalnya, pendidikan, pekerjaan dan keluarga. Pokoknya, tiga hal ini harus bisa saya capai hari ini.

Kalau kamu punya sebuah goal yang nggak bisa dicapai dalam satu hari, maka buat daftar lain yang mendekatkan kamu dengan pencapaian tersebut.”

— Chris Bailey, penulis buku “A Year of Productivity“

 

(Sumber gambar: bobjenson.com, quotesgram.com, pinterest.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1