Menu

5 Kebiasaan B.J. Habibie yang Bisa Kamu Contek

Prof. Dr.-Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng memang luar biasa! Semasa kecil aktif, muda berprestasi, dewasa dikenal dunia, sempat jadi Presiden Indonesia, hingga terus menginspirasi di usia 80 tahun. Apa, sih, rahasia tokoh kelahiran Parepare, 25 Juni 1936 ini?

1. Berenang setiap hari

Sesibuk apapun beliau—bahkan di masa tersibuknya menjadi presiden periode 1998-1999 tanpa wakil—beliau selalu menyempatkan berenang selama 1 jam setiap hari. Bahkan, ketika lebih muda dulu, Pak Habibie bisa berenang sampai 3 jam non stop.

"Tidak ada telepon atau apapun [saat berenang]. Ini membuat saya lebih tenang dan peredaran darah saya jadi bagus. Kalau dulu, sambil berenang, saya biasanya berpikir tentang masalah yang sedang dihadapi. Setelah selesai, saya akan menuliskan hal-hal yang saya pikirkan tadi. Tapi kalau sekarang, saya biasanya berenang sambil berdoa," cerita Pak Habibie pada media.

Selain menjernihkan pikiran dan menjaga kebugaran, beliau juga bilang bahwa berenang membuatnya bersemangat. Wah, pantesan Pak Habibie selalu enerjik, ya.

habibie

2. Bangun super pagi

Banyak tokoh dunia yang membiasakan diri bangun sangat pagi, termasuk Pak Habibie. Dini hari, beliau rutin bangun buat ibadah solat malam. Ia juga memulai hari dengan solat Subuh.

3. Nggak pernah meninggalkan ibadah

Kedisiplinan waktu Pak Habibie juga terlihat dari kebiasaannya beribadah. Founder The Habibie Center dan berbagai organisasi sosial ini nggak pernah, tuh, lalai dari kewajibannya kepada Tuhan gara-gara alasan-alasan seperti sibuk, malas, lupa, apalagi keasyikan dengan hape.

4. Sehari bisa 7,5 jam membaca dan menulis

Coba bandingkan dengan durasi kamu membaca. Mungkin 7.5 jam dalam sebulan atau satu semester? Hihihi. Memang, sejak kecil, Rudy—panggilan akrab Pak Habibie—hobi membaca dan mencari tahu tentang segala hal.

Jika sang adik, Fanny, hobi main di luar rumah, Rudy cilik malah asik berkutat dengan bacaannya di kamar.

habibie muda

5. Sehari cuma cukup tidur empat jam!

“Dari lahir, saya cuma butuh tidur empat jam. Dua puluh jam sisanya, panca indera saya menyerap lingkungan sekitar dan bertanya-tanya," ujar Habibie akhir tahun lalu, di acara peluncuran buku biografinya Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner, yang kini diangkat menjadi film Rudy Habibie. Wih, ternyata tidur selama sekitar empat jam sehari (adapula sumber lain yang menyebutkan lima jam sudah cukup untuk beliau.

(sumber gambar: metrotvnews.com, tribunnews.com, m.kwikku.com)

LATEST COMMENT
Nur Rokhman | 3 jam yang lalu

Pas bgt deh rencana aku tahun depan nih ka. Aku lulusan tahun 2019, kalau aku ga lulus PTN tahun ini aku rencana daftar PTAIN dan ngulang sbmptn tahun depan hehe Bismillahirrahmanirrahiim

Persiapan SBMPTN Buat Mahasiswa yang Ingin Mengulang
Daru Dyah Mitasari | 8 jam yang lalu

Assalamu'alaikum kak, saya ingin bertanya, apabila kita diterima PMDK PN sebagai pendaftar bidikmisi, apakah nanti kita di SBMPTN tidak bisa menggunakan bidikmisi ? Tetapi jika kita juga diterima di SPAN PTKIN, apakah bisa menggunakan bidikmisi ? Terima Kasih atas jawabannya

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
moza | 1 hari yang lalu

kak emang bener ya kalo camaba jalur snmptn 2019 wajib bayar uang kuliah awal yang harganya ga jauh beda dengan jalur mandiri? mohon jawabannya

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©