15 Fakta Menarik Tentang Otak Manusia

Saya yakin banget semua setuju bahwa otak adalah bagian paling ajaib dari tubuh kita.

Tanpa otak, kamu bukan cuma nggak bisa mikir, tetapi juga menggerakkan badan dan merespon dengan panca indra. Apalagi membuat keputusan penting?

Otak juga salah satu hal yang membedakan kita sama makhluk ciptaan Tuhan lainnya, seperti hewan dan tumbuhan. It makes us think, and makes us human. Ceileh.

Kalau mau kenal lebih dekat dengan otak, Ini dia fakta-fakta unik tentang otak manusia, yang dirangkum di infografik dari Nursing Program!

Fakta Menarik Tentang Otak - Youthmanual

Kesimpulannya...

1. Otak terdiri atas tiga bagian:

  • Otak depan: mengontrol segala pikiran, indra, fungsi motorik, emosi dan keinginan atas sesuatu.
  • Otak tengah: mengontrol audio visual, refleks, dan kesadaran.
  • Otak belakang: mengontrol koordinasi dan analisa dari hal-hal sekitar kita.

2. Otak terbelah menjadi bagian kiri dan bagian kanan. Katanyaaa, otak kiri dipakai untuk pemikiran analitik, sementara otak kanan dipakai untuk pemikiran kreatif. Jangan percaya, gaes! Angapan ini ternyata salah!

3. Katanya, manusia sebenarnya hanya menggunakan 10% dari kemampuan otak. In other words, manusia nggak menggunakan otak dengan maksimal. Ini juga ternyata MITOS. Setiap bagian dari otak punya fungsi yang berbeda-beda, dan setiap bagian tersebut bekerja dengan sangat keras, kok.

4. Otak kita punya sekitar 160.934,5 kilometer pembuluh darah. Kalau diuraikan, panjang pembuluh darah di otak sama dengan jarak mengitari bumi selama empat kali! Wow!

5. Otak juga punya 100 miliar saraf neuron yang dikenal sebagai gray matter. Gray matter ini adalah bagian inti kecerdasan yang memproses segala informasi.

6. Mempelajari bahasa lain selain bahasa ibu di usia sebelum lima tahun bisa mempengaruhi kerja otak (termasuk kepadatan gray matter-nya) saat si anak dewasa nanti.

7. Kalau otak adalah hard drive, maka otak bisa menyimpan empat terabytes informasi! Wow lagi!

8. Pemenang kejuaraan mengingat di dunia adalah Ben Pridmore. Dia mampu mengingat urutan kartu remi dalam waktu 26.38 detik.

9. Sebuah penelitian yang melibatkan satu juta siswa di New York menunjukkan, mereka yang makan siang tanpa bahan pengawet bisa memperoleh nilai test IQ 14% lebih tinggi.

10. 20% dari total oksigen yang kita hirup digunakan untuk otak.

11. Ukuran otak nggak selalu menentukan cerdas atau tidaknya seseorang. Otak Albert Einstein cuma seberat 1,230 gram, lho. Padahal berat otak rata-rata cowok dewasa adalah 1,360 gram.

12. Ngomong-ngomong soal otak Albert Einstein, ilmuan yang meneliti otak Opa Einstein membagi otaknya menjadi 240 bagian untuk dilihat dan diteliti.

13. Cowok memproses informasi lewat otak bagian kiri lebih dahulu, sementara cewek perempuan menggunakan kedua bagian otak secara bersamaan.

14. Perempuan lebih emosional, karena mereka punya limbic (bagian otak yang mengatur emosi) yang lebih besar. Sementara cowok punya inferior-parietal lobule (bagian otak yang mengatur kemampuan berhitung) yang lebih besar. Makanya, cowok lebih sering mikir dengan logika, sementara cewek dengan perasaan.

15. Beberapa kasus gangguan otak bisa menimbulkan:

  • Exploding Head Syndrome – penderita "mendengar" ledakan yang rasanya seperti dari dalam kepala mereka sendiri
  • Phantom Extra Limb Syndrom – penderita merasa punya tungkai atau persendian yang bisa digerakkan, padahal udah nggak ada. Ini biasanya terjadi sama orang yang lumpuh atau diamputasi
  • Sleep Paralysis – penderitas nggak bisa menggerakkan tungkai dan persendian mereka saat bangun tidur, karena otak masih dalam keadaaan Rapid Eye Movement (REM), yang merupakan salah satu bagian dari siklus tidur. Selama fase ini, tubuh lumpuh sehingga seseorang tidak bertindak menuruti mimpinya. Mungkin inilah fenomena yang sering dianggap orang Indonesia "ketiban jin". Padahal bukan, sob!
POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 30 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1