Menu

14 'Macam' Ciuman—Sebuah Koleksi Hasil Fotografi Jurnalistik. Jangan Mikir yang Aneh-Aneh, Lho!

Kalau saya nyuruh kamu memvisualisasikan kata “mencium”, apa yang langsung terbayang? Mungkin pacar kamu, yaaa #ihiiy. Atau bagi yang jomlo, yang kebayang mungkin bunga.

Eaaa, ciyan banget, cuma bisa nyium kembang, hihihi.

Tapi sebenarnya, aktivitas mencium bisa dilakukan dalam berbagai macam hubungan, nggak hanya dalam hubungan kekasih. Open your mind, sob!

Aktivitas mencium bisa aja dalam hubungan orang tua dengan anak, orang dengan simbol agama, bahkan orang dengan hewan.

Nah, 15 karya Fotografi jurnalistik ini menggambarkan berbagai macam hubungan yang “diikat” dengan ciuman.

1. Seorang dokter hewan di Chongqing, Cina, mencium seekor kucing berumur 8 bulan. Kucingnya ini memakai roda prostetik untuk menggantikan kaki belakangnya yang lumpuh, setelah jatuh dari lantai 9 ke lantai 5 sebuah gedung, November lalu. Waduh, kasian :(

2. Sepasang kekasih (berusaha) ciuman sambil selfie di depan tempat wisata terkenal, Pont Des Arts, Paris, Perancis, di hari Valentine tahun 2014.

3. Striker Argentina Carlos Teves mencium rumput lapangan bola stadion La Bombonera, Buenos Aires, 13 Juli 2015, saat dia diperkenalkan sebagai pemain Boca Junior baru. Mungkin saking bersyukurnya, ya?

4. Di sebuah tembok restoran di Vilnius, ibukota Lituania, terdapat mural gambar president-elect Amerika Serikat Donald Trump berciuman dengan Presiden Rusia Vladimir Putin

Kalau kata Kestutis Girnius, seorang dosen di Institut Hubungan Internasional dan Ilmu Politik di Universitas Vilnius, “Grafiti ini menunjukkan ketakutan sebagian masyarakat Vilnius, bahwa nanti [kalau jadi presiden Amerika] Donald Trump akan tunduk banget terhadap Vladimir Putin, dan jadi nggak peduli terhadap keamanan Lituania.

Apalagi Trump sudah menyatakan bahwa Putin adalah pemimpin yang kuat, dan NATO udah nggak efektif, serta mahal.”

Hayooo, buat mahasiswa Hubungan Internasional, tahu nggak, apa isu ketegangan antara Lituania dengan Rusia? Ngikutin berita nggak, nih?

5. Penyanyi Taylor Swift mencium piala BRIT Awards yang berhasil dia dapatkan Februari 2015 lalu, untuk kategori Penyanyi Solo Wanita Internasional. Meski jumlah piala penghargaan TayTay udah nggak kehitung lagi, it seems she still loves every one of them!

6. Seorang narapida di Sacramento, Kalifornia, Amerika Serikat dicium oleh anaknya yang berusia 2 tahun, dalam program “Get On the Bus” yang diadakan oleh departemen pidana di Folsom, Kalifornia.

Dengan program ini, anak-anak para napi bisa mengunjungi ayah mereka yang berada dalam penjara, naik bis gratis. Tujuan program ini adalah agar anak-anak ini nggak putus hubungan—dan bahkan bisa terus dekat—dengan ayah mereka di penjara.

7. Seorang umat Yahudi mencium Tembok Barat saat lagi berdoa di Yerusalem, Mei 2015

8. Seorang ibu-ibu lansia mencium sebuah robot di wisma lansia Residenza Sanitaria Assistenziale San Lorenzo, Firenze, Itali.

Memang, di wisma lansia ini, para penghuninya dilayani oleh… robot! Robot-robot ini adalah bagian dari proyek Robot-Era yang dikoordinir oleh Robotics Institute of the Scuola Superiore Sant'Anna di Pisa, dan memang didesain untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga.

Jadi pengen punya satu ya, gaes!

9. Walaupun harus dengan masker, sepasang kekasih berciuman di tengah badai pasir di Beijing, 15 April 2015.

10. Pangeran George dan Putri Charlotte, anak-anak dari Pangeran William dan Duchess Kate, difoto oleh ibu mereka di Anmer Hall di Norfolk, Inggris, pertengahan Mei 2015.

11. Paus Francis mencium kening seorang pasien anak, saat beliau sedang berkunjung ke RS Anak Federico Gomez di kota Meksiko, Februari 2016

12. Memangnya melawan aparat harus selalu dengan kekerasan? Coba lawan dengan cium!

Seorang cewek memakai lipstiknya lalu mencium tameng polisi di depan gedung pemerintahan Masedonia, di kota Skopje, Masedonia, Mei 2015. Cewek ini—bersama sekian ribu orang lainnya—berunjuk rasa menuntut turunnya Perdana Mentri Nikola Gruevski.

13. Mulan Jamilah, seekor harimau berusia 6 tahun, “mencium” pengasuhnya, Abdullah Sholeh di kebun rumah mereka di Malang, Januari 2014. Pemilik Mulan, Noer Muhammad Sholeh, 51 tahun, memperkerjakan Abdullah untuk merawat Mulan sejak umurnya masih 3 bulan, di Desa Dilem. Sekarang Pak Abdullah sudah jadi pengasuh full-time sekaligus “sahabat” Mulan. Dia rutin tidur, main, dan “berantem” dengan harimau besar ini. Wiiih, pekerjaan penuh adrenalin, nih!

14. Seorang imigran Suriah mencium anak perempuannya, sembari menggendongnya di tengah hujan badai menuju perbatasan Yunani dengan Masedonia, September 2015.

LATEST COMMENT
Anisa | 3 jam yang lalu

Kk aku kan dari jurusn ipa, tapi pas mau kuliah mau ngambil soshun, itu apakah harus utbk nya sohsun atau ipc kk?

Strategi Sukses IPC di SBMPTN Serta Pertimbangan Memilih IPC
Tisam Ali | 10 jam yang lalu

Apakah masih bisa diubah? Jika ya, silakan coba di prodi yang lain. Namun apabila telah telanjur dan tidak bisa diubah, maka saran saya coba jalani. Bulatkan tekad untuk menjalani perkuliahan. Dari situ, kamu benar-benar dapat mengetahui apakah salah jurusan atau ternyata bisa dijalani.

Balada Salah Jurusan Kuliah dan Solusinya. Nggak Harus Pindah Jurusan, Kok!
Tisam Ali | 10 jam yang lalu

Hai Kristin, untuk teknis pengisian, bisa kamu tanyakan ke pihak kampus. Kebanyakan kampus sudah menerapkan pengisian berbasis komputer secara online. Ada pula yang masih mengisi secara manual (tertulis).

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Syafara nur Jannah | 13 jam yang lalu

Kirain jurusan dokter forensik dibedain jurusan dokter pada umumnya

Mengenal Serba-Serbi Profesi Dokter Forensik
arinal izzay | 18 jam yang lalu

go visit : http://news.unair.ac.id/2018/09/10/manajemen-perhotelan-unair-siapkan-mahasiswa-hadapi-dunia-kerja/

Serba-Serbi Jurusan Perhotelan: Dari Mata Kuliah Hingga Prospek Kerja
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©