Menu

12 Museum Ternyeleneh Di Seluruh Penjuru Dunia. Kamu Mau Ngunjungin yang Mana?

Ngomong-ngomong soal museum, tempat rekreasi satu ini belakangan sering banget menjadi objek per-swafoto-an kids jaman now alias gen Z.

Ya wajar, sih. Berhubung museum adalah area khusus pengumpulan dan pelestarian warisan budaya dalam artian luas, pastinya ada banyak hal-hal yang menarik yang jarang bisa kamu temui di kehidupan sehari-hari, yang bakal bikin nilai museum bergser dari salah satu sumber menggali ilmu pengetahuan menjadi tempat dimana kamu “gatel” untuk berjepret ria. Lihat aja Museum Macan yang kini lagi hitz dikunjungi oleh anak-anak muda yang ladi nyetok foto estetik karena apa yang ditampilkannya adalah sesuatu yang nggak biasa.

Eniwei, Museum Macan bukanlah museum paling extraordinary yang bisa kamu temui, lho. Dari manca negara, ada beragam museum yang menampilkan hal-hal aneh mulai dari mie instan, gorong-gorong, sampai yang, ehem, not safe for school. Dan pastinya, akan lebih seru kalau kamu apresiasi dibanding cuma dijadiin properti selfie belaka.

1. International Spy Museum

Lokasi: Washington D.C, Amerika Serikat

1

Buat kamu yang suka nonton film-film bergaya mata-mata ala James Bond, pastinya kamu bakal tertarik banget untuk mengunjungi museum satu ini. Yup, museum ini menampilkan hal-hal yang berbau ke-agen rahasia-an seperti kamera tersembunyi, uang palsu, sampai senjata rahasia yang bikin pekerjaan paling misterius satu ini jadi nggak misterus-misterius amat. Nggak cuma itu, penggunjung juga bisa ngerasain gimana rasanya jadi mata-mata dengan mengikuti permainan interaktif di sana. Keren!

2. Sulabh International Museum of Toilets

Lokasi: New Delhi, India

2

Eits, jangan keburu ilfil dulu, dong, gaes. Di museum ini, kamu bakal menemukan sejarah yang menyangkut evolusi kebersihan dan sanitasi umat manusia sejak 2500 tahun silam sampai detik ini. Kamu juga akan menemukan banyak hal-hal yang nggak terduga di museum ini, mulai dari toilet berlapis emas super fancy yang digunakan bangsawan di zama romawi kuno, toilet masyarakat abad pertengahan… sampai kumpulan bait puisi lawas yang didekasikan khusus untuk jamban.

3. Museum of Bad Art

Lokasi: Massachusetts, Amerika Serikat

3

Siapa bilang cuma karya seni yang super estetik aja yang pantes masuk museum? Di MoBA, karya-karya seni yang “jelek” juga berkesempatan mendapatkan panggung untuk unjuk gigi, lho. Sesuai dengan deskripsinya, tempat ini adalah tempat untuk mengapresiasi karya seni yang nggak banget dalam segala aspek. Harapannya, setelah kamu mengunjungi museum ini, kamu bakal makin pede dengan kemampuan senimu. Buat apa menghabiskan waktumu di museum yang berisikan karya seni super estetik tapi malah bikin kamu ngerasa nggak punya talent? Asedap.

4. Plastinarium

Lokasi: Guben, Jerman

4

Adalah ilmuwan bernama Gunthen von Hagens yang mendedikasikan 39 tahun usia hidupnya untuk mempelajari pembedahan dan kimia untuk menyempurnakan teknik plastinasi—teknik penggunaan polimer untuk mengawetkan jaringan tubuh manusia, which is kontroversial banget. Hasilnya, Plastinarium menyediakan segala informasi dan pengetahuan yang kamu butuhkan mengenai tubuh manusia dari berbagai sudut pandang sampai menyaksikan proses plastinasi secara eksplisit. Ngeri-ngeri gimanaaa gitu.

5. Sewer Museum

Lokasi: Paris, Perancis

5

Mungkin kota Paris selalu diasosiasikan dengan landmark-nya yang indah bingits seperti Menara Eiffel atau Museum Louvre. Nggak jauh dari pusat kota, ada bekas sistem pengairan bawah tanah a.k.a gorong-gorong a.k.a SELOKAN yang kini digunakan sebagai museum yang menampilkan evolusi sistem tersebut dari tahun-ke tahun. Serunya, kamu bisa mempelajari berbagai model dan prototype sistem pengairan bawah tanah yang ada di kota Paris sembari menjelajahi lika-liku gorong-gorong ini.

6. Museum of Medieval Torture Instruments

Lokasi: Amsterdam, Belanda

6

Tertarik dengerin cerita-cerita tentang hukuman penyiksaan di Eropa pada abad pertengahan? Di museum yang berlokasi di penjara tertua benua ini, kamu bisa mengulik berbagai informasi dari ekshibisi ratusan instrument penyiksaan yang digunakan untuk menghukum manusia tersadis yang dapat kamu temui—yang bahkan beberapa di antaranya masih aktif digunakan di beberapa negara. Hiii!

7. Momofuko Ando Instant Ramen Museum

Lokasi: Osaka, Jepang

7

Bisa dibilang, ini adalah museum yang paling relatable dengan kehidupan para mahasiswa kantong cekak. Museum ini didirikan untuk mengenang Momofuku Ando, penemu mie instan yang kala itu diperuntukkan sebagai survival meal para anak kosan tentara Perang Dunia II. Selain mempelajari seluk beluk evolusi mie instan dari masa ke masa, tentunya kamu juga berkesempatan untuk bikin mie instan a la kamu di sini. Puja Momofuku Ando!

8. International Cryptozoology Museum

Lokasi: Maine, Amerika Serikat

8

Museum yang menampilkan hewan langka, sih udah biasa. Tapi, museum yang menampilkan hewan di dalam mitos tentunya bukan hal yang biasa. Mulai dari Yeti alias Bigfoot, Monster Loch Ness, Kelinci Bertanduk Rusa, sampai Mermaids (duyung) bisa kamu temukan di museum satu ini. Selain permodelan, banyak banget artefak dan bukti peniggalan seperti gigi dan rambut makhluk tertentu yang bikin seakan-akan makhluk tesebut emang ada di dunia nyata. Mind blown banget, nggak, sih?

9. Icelandic Phallological Museum

Lokasi: Reykjavik, Islandia

9

Sesuai namanya, museum ini berisikan segala hal yang berkaitan dengan, ehem, alat reproduksi mamalia jantan. Iya, jantan, which means berasal dari hewan. Museum ini menampilkan ratusan spesimen alat reproduksi mammalia jantan yang baik hidup di daratan dan perairan, serta karya seni yang juga merepresentasikan hal yang serupa. Daya tarik “terbesar” di museum ini tentunya spesimen alat reproduksi paus sepanjang 2 meter yang dikumpulkan oleh Sigurður Hjartarson, sang pendiri museum sejak tahun 1974.

10. Avanos Hair Museum

Lokasi: Avanos, Turki

10

Museum rambut ini ternyata punya sejarah yang nggak se-creepy tampilannya, lho, gaes. Awal mulanya, ada seorang pengrajin tanah liat yang menggantung sejumput rambut temannya di bagian depan tokonya sebagai gestur baik untuk mengenang temannya tersebut. Lama kelamaan, semakin banyak pengunjung yang menggunting sejumput rambut mereka dan memajangnya di toko tersebut. Sampai sekarang, museum ini sudah memiliki kumpulan rambut dari 16.000 perempuan. Wowza!

11. The Museum of Broken Relationships

Lokasi: Zagreb, Kroasia

11

Museum ini adalah kebalikan dari apa yang kebanyakan orang-orang menolak untuk mengabadikannya: putus cinta. Berawal dari mantan dua sejoli yang ingin mengobati rasa sedih abis putusnya dengan mengumpulkan berbagai kenangan, museum ini kini dipenuhi dengan beragam ekshibisi cerita putus cinta dari para pengunjung di seluruh penjuru dunia, yang bakalan bikin kamu baper berat. So, kamu yang lagi dalam proses move on, kayaknya kudu mikir dua kali sebelum memutuskan untuk ngunjungin museum ini, deh.

12. Meguro Parasitological Museum

Lokasi: Tokyo, Jepang

12

Siap-siap bergidik geli ketika mengunjungi satu-satunya museum yang menampilkan berbagai parasit yang pernah hidup di muka bumi ini. Kalau yakin kuat lahir batin, kamu akan disambut dengan hangat oleh para kutu, hama, dan ratusan spesimen parasit lainnya yang dijamin bakal bikin kamu lebih insecure dengan lingkungan hidup di sekitarmu. Kalau semua itu belum cukup untuk bikin kamu berjengit, coba kunjungin ekshibisi cacing pita sepanjang 10 meter yang menjadi sorotan utama di museum ini. Ayyyyyy.

***

Gimana, gaes? Museum mana yang pengen banget kamu kunjungi?

Baca juga:

(sumber gambar: time.com, nationalgeographics.com, huffpost.com, pinterest.com, wordpress.com, publicbroadcasting.net, timetravelturtle.com)

LATEST COMMENT
Annisatul Mahmudah | 13 menit yang lalu

Ga juga, malah ada yang jadi wakil presiden bem padahal anak bio cewe lagi. Itu tergantung diri kita sendiri sih manage waktu

Serba-Serbi Menjadi Mahasiswa Biologi
Eldyn Yusuf | 6 jam yang lalu

Kok kmrn sy ikut ujian kki tapi gaada arahan untuk sjt ya?

Fakta-Fakta Mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia 2019
Jevon Eugene | 9 jam yang lalu

Jurusan teknik komputer itu, ada di teknik elektro kah atau di pisah??

Jurusanku: Computer Engineering BINUS University, Marcel Saputra
Retaapnf | 16 jam yang lalu

Sistem informasi bisnis & management ipa/ips ya?

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©