Menu

10 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Berumur 20 Tahun

Ketika kamu berumur belasan tahun, pasti, kamu masih mengisi harimu dengan sekolah dari Senin hingga Jumat. Di umurmu yang ke sebelas atau ke dua belas tahun, kamu masih berada di bangku Sekolah Dasar kelas enam. Saat kamu berumur empat belas atau lima belas tahun, kamu masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama kelas sembilan. Saat kamu berumur tujuh belas atau delapan belas tahun kamu masih berada di bangku Sekolah Menengah Atas kelas dua belas. Terakhir, saat kamu di umur ke delapan belas atau sembilan belas tahun, kamu masih berada di perguruan tinggi semester dua atau tiga.

Di saat umurmu masih belasan tahun, pasti, banyak sekali hal-hal yang kamu rasakan. Mulai dari memiliki rasa tanggungjawab atas pendidikanmu, mulai memiliki sahabat karib, mulai mengenal dan mempelajari diri sendiri dan sebagainya. Yap, masa tersebut biasa disebut sebagai masa pencarian jati diri.

Pasti, kamu sering sekali mendengar cerita bahwa ada beberapa remaja yang melakukan hal-hal yang tidak baik dalam mencari jati dirinya, misalnya dengan balap-balapan motor, tawuran pelajar dan sebagainya. Duh, kamu jangan kayak gitu, ya, gaes. Meskipun kamu masih di umur yang tergolong remaja, jangan sampai kamu mencari jati diri dengan melakukan kenakalan remaja.

Daripada kamu melakukan hal yang nggak baik dalam mencari jati diri, nih, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum kamu menginjak umur ke dua puluh tahun. Ada apa saja, ya?

1. Mengikuti hal yang kamu suka

lakukan hal yang kamu suka

Kamu suka melukis? Melukislah! Kamu suka make up? Belajarlah menggunakan make up untukmu dan orang lain. Kamu suka pelajaran akuntansi? Belajarlah hingga kamu lebih paham. Intinya, ketika kamu masih berumur belasan tahun, kamu harus mengikuti dan lakukan hal yang kamu suka. Ketika kamu mengikuti hal-hal yang kamu suka, mungkin pada awalnya kamu melakukannya hanya untuk sekedar hobi, namun dengan seiring waktu, kamu bisa saja menyeriusi hobimu, lho.

Misalnya, nih, dari umur belasan tahun, kamu suka menggambar. Kamu ikut berbagai les menggambar, ikut komunitas menggambar dan sebagainya. Setelah kamu lulus dari sekolah, kamu melanjutkan kuliah ke jurusan DKV yang dimana banyak sekali kegiatan menggambar. Setelah lulus, karena kamu terbiasa menggambar sejak umur belasan tahun, gambarmu menjadi sangat keren dan tentunya menarik bagi banyak perusahaan.

2. Suka membaca buku

Kamu tahu nggak manfaat dari membaca buku? Selain membuatmu pintar, membaca buku juga dapat membuatmu mudah untuk menulis, lho. Kok, bisa, ya? Tentu, bisa dong, gaes. Ketika kamu membaca, kamu pun sekaligus mempelajari tentang struktur kalimat dan juga memperbanyak kata-kata yang kamu miliki.

3. Dapat pekerjaanmu yang pertama

dapat pekerjaan pertama

Kata siapa di umur belasan tahun kamu nggak bisa bekerja? Bisa, kok. Memang, sih, kamu akan sedikit kesulitan untuk mencari pekerjaan full time, akan tetapi kamu bisa, kok, mencari pekerjaan magang ketika kamu sedang liburan.

Dengan memiliki pengalaman magang, pastinya, hal tersebut akan mengajarimu banyak hal. Kamu pun jadi tahu, bagaimana, sih, struggle dalam mencari uang, sehingga dampak positifnya, kamu bisa mengatur penggunaan uangmu agar tidak boros.  Selain itu, pengalaman magangmu dapat menjadi pengalaman kerja untukmu. Sehingga ketika kamu sudah berumur dua puluh tahunan dan kamu sedang mencari pekerjaan, pengalaman tersebut bisa menjadi nilai tambah untukmu.

4. Banyak berteman

Sebelum kamu berumur dua puluh tahun, kamu harus mencari teman sebanyak-banyaknya. Kenapa? Karena, dengan mencari teman sebanyak-sebanyaknya, kamu bisa mengetahui berbagai macam sifat dan juga kepribadian dari banyak orang.

5. Volunteering

jadi sukarelawan

Selain mencari pengalaman magang, volunteering alias ikutan dalam kegiatan sukarelawan pun harus kamu coba sebelum kamu berumur dua puluh tahunan. Kenapa? Ketika kamu volunteering dalam kegiatan apapun, pasti kamu akan mendapatkan banyak sekali berbagai macam pelajaran yang bisa membentuk kepribadianmu.

Misalnya, nih, kamu ikutan volunteer gerakan membersihkan pantai. Selain kamu ketemu banyak orang-orang hebat, di umurmu yang masih belia, kamu sudah sadar bahwa pantai seharusnya bersih dan bebas dari segala macam sampah. Nah, setelah kamu mengetahuinya, kamu pasti akan membagi ilmumu dengan orang-orang di sekitarmu. Setidaknya, kamu sudah membentuk jati dirimu menjadi seseorang yang mencintai alam.

6. Belajar lebih banyak

Belajar banyak hal di umurmu yang masih belasan tahun akan memberikan dampak positif ketika kamu sudah dewasa. Kalau kamu sudah terbiasa belajar banyak hal sejak kamu masih menginjak umur belasan tahun, kamu akan menjadi seseorang yang suka belajar dan haus akan ilmu pengetahuan ketika kamu sudah dewasa. Kamu nggak akan mudah puas dengan ilmu yang kamu dapat sehingga kamu lebih memiliki sifat yang kritis dan keingintahuan yang cukup tinggi.

7. Tulislah mimpi-mimpimu

tulislah mimpimu

Maksud dari menulis mimpi-mimpimu adalah kamu harus menulis setiap angan-angan atau impianmu. Misalnya, nih, kamu memiliki mimpi yaitu ingin menjadi seorang mahasiswa perguruan tinggi negeri terfavorit se Indonesia, kamu harus menulis mimpi itu di dalam suatu buku atau kertas yang mudah dilihat oleh dirimu.

Ketika kamu menulis mimpimu, sama saja seperti kamu membuat pengingat agar kamu terus bekerja keras untuk meraih semua mimpimu. Ketika kamu lelah dengan semua hal, buku tersebut juga bisa menjadi penyemangatmu untuk terus maju demi mencapai semua mimpimu. Dengan terbiasa melakukan hal ini sejak kamu berumur belasan tahun, kamu akan menjadi seseorang yang terbiasa untuk bekerja keras.

8. Ketahui passion-mu

Yap, kamu harus tahu passion-mu sejak kamu masih berumur belasan tahun. Hal tersebut akan mempermudahmu saat kamu harus menentukan program studi di perguruan tinggi. Selain itu, belajar tentang hal yang menjadi passion-mu  itu sangat menyenangkan, lho.

9. Ketahui bakatmu

ketahui apa bakatmu

Yup, ketika kamu tahu apa bakatmu ketika kamu masih berumur belasan tahun, hal tersebut tentunya akan mempermudah dirimu untuk menentukan hal apa yang ingin kamu ikuti dan pelajari dengan serius di perguruan tinggi, lho. Mau tahu apa bakatmu? Yuk, coba cek di youthmanual, hehe.

10. Belajar bahasa lain

Gaes, perlu kamu ketahui, untuk belajar bahasa asing, itu nggak instan, lho. Banyak dari teman-teman saya yang justru baru mau belajar bahasa asing karena memang sangat membutuhkannya segera, misalnya minggu depan mau wawancara pekerjaan dan sebagainya.

Hmm… Mungkin, dalam waktu seminggu, kamu baru bisa belajar menjawab pertanyaan-pertanyaan standar wawancara pekerjaan, akan tetapi, wawancara itu sendiri, biasanya, bersifat seperti mengobrol saja. Kamu nggak akan tahu pertanyaan-pertanyaan spontan yang dilontarkan si pewawancara. Kalau seperti itu, bagaimana kamu akan menjawabnya?

Nah, mumpung kamu masih berumur belasan tahun, yuk, jangan malas belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris. Paling tidak, kamu harus bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Mampu dalam berbicara bahasa Inggris merupakan suatu hal yang sangat penting, lho, ketika kamu menginjak umur dua puluh tahunan.  

***

Nah, aktivitas pencarian jati diri memang identik dengan kamu yang masih berumur belasan tahun, tetapi, kamu nggak harus melakukan hal-hal yang nggak baik, ya, gaes. Kamu bisa kok melakukan sepuluh hal di atas untuk menemukan jati dirimu. Selamat mencoba!

Baca juga:

(Sumber gambar: getorganizedwizard.com, khilonewala.in, blogspot.com, wordpress.com, careeraddict.com, tweakyourbiz.com)

LATEST COMMENT
Tisam Ali | 4 jam yang lalu

Tahun ini PTN bebas dipilih.

Serba-Serbi SNMPTN 2019 yang Penting Kamu Ketahui
Tisam Ali | 4 jam yang lalu

Bisa Evarina. Maksimal mengambil UTBK 2 kali, tinggal kamu ambil tes saintek dan soshum.

Serba-Serbi SBMPTN 2019, Cek Informasi Lengkapnya!
Bragiwibisana | 4 jam yang lalu

Klo masuk ke tni/polri bisa ngga sih??

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPS
Evarina Tanar | 4 jam yang lalu

Min saya mau bertanya, jurusn sya ipa, saya mau ambil akutansi sbgai pilihan 1, dan sistem komputer sebg pil kedua, bagaimna cara mengambil utbk nya min, apakah bisa?

Serba-Serbi SBMPTN 2019, Cek Informasi Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©