Menu

10 Artikel Terpopuler Youthmanual Sepanjang Oktober 2017

Inilah 10 artikel Youthmanual yang seru, berfaedah, dan populer sepanjang bulan September lalu. Klik judul untuk membaca artikel lengkapnya!

1. Gosipin Soal "Kids Jaman Now" di Dunia Kerja - Jangan Lakukan Ini Saat Melamar Kerja!

1

Punya rencana magang atau bekerja? Kamu PERLU banget dengerin apa curhatan para manajer, HRD, founder startup, serta para profesional tentang pengalaman mereka bekerja dengan anak zaman sekarang, alias generasi Z dan milenial muda.  Btw, yang termasuk generasi  Z dan younger millennials adalah mereka yang lahir sekitar 1993 serta kamu-kamu yang masih kuliah dan sekolah.

Nah, Youthmanual sempat nguping diskusi serta komplen para senior di perusahaan serta entrepreneur, tentang generasi kamu di dunia kerja. Simak deh, apa kata mereka dan pelajaran apa yang bisa kamu ambil dari pengalaman tersebut.

2. Tanya Youthmanual: Serba-Serbi Informasi Untuk Bisa Tembus Perguruan Tinggi Negeri

2

Dari tahun ke tahun, PTN selalu menjadi primadona di kalangan pelajar Indonesia yang hendak melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Nggak cuma karena kualitas dan akreditasinya, experience berkuliah di PTN juga menjadi daya tarik tersendiri yang selalu bikin para calon maba dari tahun ke tahun rela berjuang hidup dan mati demi bisa berkuliah di PTN idamannya.

Eits, pernyataan di atas sama sekali nggak dilebih-lebihkan, kok. Sulitnya menembus PTN bisa dibuktikan dari selektivitas 3 jalur masuk PTN, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan UM yang masing-masing memiliki kesulitan tersendiri. Nah, di kesempatan ini, mentor Youthmanual Julia Jasmine dan psikolog Youthmanual Shanti Nurfianti Andin M.Psi berkesempatan untuk berbagi pengetahuan umum seputar SNMPTN/SBMPTN/UM sampai tips dan trik cantik tembus PTN di yang bisa kamu lakukan sejak dini. Apa aja, tuh?

3. 20 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Bidang Bahasa dan Seni

3

Inilah 20 jurusan kuliah terbaik untuk kamu anak SMA jurusan Bahasa dan SMK seni. Program studi pilihan Youthmanual ini juga cocok untuk kamu yang memang tertarik melanjutkan studi di bidang bahasa dan seni. Kamu yang punya passion dalam bidang seni dan sastra kudu nyimak, nih. Siapa tahu ada jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu!

4. Pejuang SBMPTN: Alda Dewi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung

4

Alda Dewi (Alda) adalah pejuang SBMPTN yang berasal dari SMA Regina Pacis Bogor. Tahun ini, Alda berhasil menembus Fakultas Matematika‍ dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Teknologi Bandung‍, lho, gaes. Keren!

Usut punya usut, Jurusan Matematika adalah prodi FMIPA terfavorit di ITB, dan Alda termasuk salah satunya.  Bahkan, banyak mahasiswa yang harus rela “terlempar” ke prodi lain karena peminatnya yang membludak melebihi kuota. Jadi, nggak salah, sih, kalau hanya yang terbaik dari yang terbaik yang berhasil tembus ke prodi tersebut.

Eniwei, simak dulu, yuk cerita Alda seputar bagaimana ia berhasil menembus fakultas terfavorit di salah satu PTN terbaik di Indonesia ini. Siapa tahu kamu yang ingin mengikuti jejak Alda bisa semakin terinspirasi!

5. Jangan Salah, 7 Pilihan Jurusan Bidang Pertanian Ini Punya Prospek Karier Cerah di Masa Depan!

5

Gaes, apa yang terpikirkan olehmu jika mendengar kata ‘pertanian’? Petani? Nyawah? Nyangkul? Kebun dan ladang?

Padahal, berkat perkembangan teknologi dan pergeseran tren karier, bidang Pertanian punya prospek yang nggak kalah keren di masa depan. Terlebih bidang Pertanian merupakan salah satu sektor kunci perekonomian Indonesia. Betewe, Indonesia adalah negara kedua terbesar setelah Brazil yang memiliki kekayaan alam serta komoditas pertanian dan peternakan yang melimpah, lho, gaes. Menurut data tahun 2013, Total luas lahan pertanian di Indonesia adalah sebesar 8,112,103 hektar. Wih!

Intinya, kamu yang menaruh minat dan passion besar dalam bidang ini, jangan takut kalah saing di pasar lapangan kerja di masa depan. Youthmanual punya 7 rekomendasi pilihan jurusan bidang Pertanian dengan prospek karier yang super cerah yang mungkin aja bakal cocok denganmu. Apa aja, tuh?

6. Apa Itu Study Space, dan Kenapa Hal Ini Dapat Mempengaruhi Kualitas Belajarmu?

6

Tanpa kamu sadari, ada banyak hal yang bisa mempengaruhi keefekivitasan kamu dalam belajar. Mulai dari pencahayaan, suhu, sampai makanan yang kamu makan sebelum belajar bakal sangat menentukan gaya belajarmu agar materi yang kamu pelajari dapat terserap dengan maksimal.

Selain gaya belajar, tempat kamu belajar juga memegang peranan penting dalam kegiatan belajar kamu, lho. Jangan heran kalau setiap kali kamu belajar di tempat-tempat yang berbeda, pasti ada kalanya kamu merasa belajar di satu tempat lebih menyenangkan dibanding tempat lain, dan kamu bisa menyerap materi pelajaran jauh lebih cepat karena itu.

That’s why kali ini Youthmanual ingin memperkenalkan konsep Study Space ke kamu agar kamu bisa memaksimalkan aktivitas belajarmu menjadi jauh lebih efektif. Penasaran? Kuy, simak!

7. Serba-Serbi Kuliah di ITB: Sistem Perkuliahan dan Peluang Masuk

7

Banyak anak muda bermimpi kuliah di Institut Teknologi Bandung, kampus  berbasis teknologi top tanah air dengan segudang alumni sukses dan berpengaruh. Jika kamu salah satu yang bercita-cita jadi anak ITB, mesti tau kalau kampus tersebut punya sistem kuliah yang unik. Di antaranya, mahasiswa baru nggak bisa langsung masuk ke program studi yang dituju. Eits, gimana, tuh?

Kamu juga mesti mengulik hitung-hitungan peluang masuk ke ITB serta berbagai hal seru di kampus terbaik kedua versi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan tinggi ini.

8. 10 Pekerjaan Populer di Tahun 2020 dan Beberapa Keahlian di Berbagai Industri yang Wajib Kamu Miliki

8

Teknologi menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan semakin mempercepat kehidupan modern. Beberapa pekerjaan dengan mudahnya tergantikan mesin yang diprogram secara otomatis. Cara kita bersaing di masa depan adalah dengan mempelajari kemampuan baru yang menjadikan kita aset berharga bagi perusahaan dan industri apapun. Tentunya, kemampuan yang harus dikuasai adalah yang nggak dimiliki sama mesin, dong, ya.

Makanya, nih, kamu harus cek kira-kira industri apa aja yang bakal populer di tahun 2020, dan Kemampuan apa aja yang harus kamu miliki agar dapat bersaing dalam industri tersebut. Psst, seenggaknya ada 5 industri yang akan berkembang pesat dan 10 keahlian khusus yang bisa kamu pelajari sejak dini, gaes!

9. Mengantisipasi Wacana Ujian Nasional Dimajukan ke Februari 2018, Ini Hal yang Harus Dilakukan Anak Kelas 12 Dari Sekarang

9

Gaes, udah pada tahu, belum, kalau ada wacana jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun depan akan dimajukan ke bulan Februari? Meskipun belum ada sumber resmi yang mengkonfirmasi isu ini, sudah ada pihak sekolah ataupun lembaga pendidikan lainnya yang mulai ambil ancang-ancang untuk mempersiapkan siswanya menghadapi UN in case pelaksanaannya memang akan dimajukan, lho.

Duh, gercep bingit, ya?

Berhubung ini masih sekadar wacana, wajar aja, sih, kalau nggak semua pihak langsung ambil pusing. Tapi, sebagai anak kelas 12 yang mampu merancang masa depannya dengan baik dan benar (aih), tentu nggak ada salahnya jika kamu berinisiatif untuk mengambil langkah antisipasi dari sekarang, seperti…

10. Mengupas Mitos dan Fakta Seputar Mahasiswa Kura-Kura, Agar Kamu Nggak Nyesel Jadi Mahasiswa Aktif!

10

Di balik awsum-nya kehidupan para mahasiswa kura-kura alias abis pulang lanjut rapat (kuliah-rapat diulang-ulang), ternyata adaaa aja hal-hal seputar kehidupan mereka yang bikin kamu para calon maba nggak berani ambil risiko untuk menjadi seorang mahasiswa kura-kura. Mulai dari gaya hidupnya segaul mahasiswa kunang-kunang (kuliah-nangkring) sampai susah lulus gara-gara kebanyakan rapat jadi lupa belajar.

Padahal, jadi mahasiswa aktif seperti mahasiswa kura-kura itu bakal membawa banyak faedah di masa yang akan datang, lho, gaes. Buktinya, banyak profesional di dunia kerja yang mendeskripsikan calon anak magangnya sebagai sosok yang sudah terbiasa berorganisasi karena dianggap menguasai soft skill yang sangat dibutuhkan di dunia kerja, yang nggak dimiliki oleh mereka yang bukan mahasiswa kura-kura. Wih!

(sumber gambar: garancedore.fr, kikki-k.com, pinmg.com, dailyinfographic.com,  youthmanual)

LATEST COMMENT
Mutiara anggraeni duwi saputri | 6 menit yang lalu

Jadi kepengen kuliah hukum cuma gk ada biyayanya

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Siap Menjadi Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum
Briana Cholifah | 4 jam yang lalu

Untuk soal SBMPTN tahun 2019 apakan nantinya akan ada kemiripan dengan soal tahun 2020?

Menunda Kuliah Untuk Mengulang SBMPTN Tahun Depan? Ini Plus-Minusnya
MDzikyan | 9 jam yang lalu

STEI Program Studi "Teknik Informatika" Amin Ya Allah

Serba-Serbi Kuliah di ITB: Sistem Perkuliahan dan Peluang Masuk
Dini tri Lestari | 11 jam yang lalu

Pengumuman UTM ipb bukannya tanggal 22 Juli kak?kok informasi diatas tggl 20 Juli?

Bedah UTM IPB 2019, Seleksi Mandiri Institut Pertanian Bogor
Beny yohanes | 14 jam yang lalu

Justru cocok sekali

Kenalan Dengan Jurusan Kuliah Kriminologi, Yuk!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©