10 Artikel Terpopuler Youthmanual Sepanjang Desember 2017

Inilah 10 artikel Youthmanual yang seru, berfaedah, dan populer sepanjang bulan Desember lalu. Klik judul untuk membaca artikel lengkapnya!

1. Kata Jokowi, Penerimaan Mahasiswa di PTN Perlu Dibatasi. Bagaimana Nasib Calon Maba 2018?

1

Kata Presiden Joko Widodo, Perguruan Tinggi Negeri perlu dibatasi, baik jumlah mahasiswanya maupun fokus studinya. Pernyataan Presiden Jokowi ini sekaligus merespon apa yang disampaikan Budi Djatmiko Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) bahwa PTN banyak mengambil “jatah” mahasiswa baru. Apa yang terjadi jika kuota mahasiswa baru PTN dikurangi pada 2018 mendatang? Apakah peluang menembus SNMPTN, SBMPTN, atau seleksi mandiri bakalan makin sulit?

2. Life Hacks: 4 Pilihan Metode Belajar Seru Untuk Menyiapkan Diri Kamu Menghadapi Ujian

2

Youthmanual ngerti banget, belajar itu memang bukan sesuatu yang menyenangkan. Berjam-jam baca buku atau ngerjain LKS pastinya nggak se-seru nonton film superhero terbaru di bioskop atau jalan-jalan ke Dufan bareng teman-teman se-genk.

Tapi, sebagai seorang pelajar, tugas utama kita pastinya adalah belajar. Betul?

Nah, kali ini Youthmanual mau berbagi beberapa metode belajar seru yang bisa kamu terapkan untuk mempersiapkan diri menghadapi UN, SBMPTN, ujian mandiri, ataupun sekedar ulangan-ulangan harian di sekolah. Dengan metode-metode ini, dijamin deh kegiatan belajar kamu nggak bakalan lagi terasa suntuk dan membosankan, sebaliknya kamu bakalan jadi termotivasi dan semangat untuk menyerap semua materi yang harus dipelajari.

3. Soal Matematika Isian di Ujian Nasional 2018 Serta Update Seputar UN 2018

3

Beda dengan UN tahun-tahun sebelumnya, pada Ujian Nasional 2018 soal Matematika berbentuk isian. Seperti apa penerapannya? Gimana dengan mata pelajaran lain? Apakah akan berbentuk esai? Trus, apa aja kebijakan ujian nasional yang berubah?

4. Jika Soal Esai Ujian Nasional 2018 Seperti 13 Soal Ini, Apakah Kamu Bisa Menjawabnya?

4

Soal berbentuk pilihan ganda memang mendapatkan banyak kritik dan dianggap nggak mampu mengeksplorasi pengetahuan siswa. Malah terkesan bisa untung-untungan dengan “tembakan jawaban”. Walau banyak pihak menilai bahwa soal esai lebih mengeksplorasi kemampuan siswa, tapi sejauh ini belum ada pernyataan resmi mengenai adanya esai pada UN.

Tapi boleh dong ya, berandai-andai. Misalnya, di Ujian Nasional nanti beneran ada esainya, apakah kamu bisa menjawabnya?  Coba deh, latihan dulu dengan menjawab 13 pertanyaan berikut. Pertanyaannya bisa untuk kamu yang di jurusan IPA,IPS, Bahasa, Kejuruan, maupun jurusan lainnya. Cek juga bocorannya di artikel ini, ya!

5. Beasiswa Kuliah S1 di Luar Negeri yang Buka Pendaftaran Hingga Mei 2018. Be Ready!

5

Kabar gembira untuk kamu yang punya mimpi kuliah di luar negeri! Beasiswa S1 ke luar negeri sudah mulai dibuka, nih. Inilah berbagai beasiswa mancanegara yang membuka pendaftaran hingga bulan Mei 2018 mendatang. Cari tahu di sini tujuan beasiswa, kampus dan jurusan yang tersedia, persyaratan, serta berbagai info lainnya.

6. "Belajar" untuk Belajar: 10 Aturan Belajar yang Baik dan yang Buruk

6

Bicara soal persiapan ujian, masing-masing kamu pasti punya tipe, cara, dan gaya belajar tersendiri agar bisa menyerap dan memahami materi pelajaran dengan baik. Nggak semua dari kamu bisa menerapkan metode belajar yang sama agar bisa belajar dengan lebih efektif dan memberikan hasil yang maksimal.

Terlepas dari keberagaman tersebut, sebenernya ada pakem tersendiri untuk membuat sesi belajar kamu berfaedah, lho. Menurut Barbara Oakley, akademisi dalam bidang STEM asal Amerika Serikat, ada 10 “aturan” belajar yang baik dan yang buruk sebagai panduan untuk belajar—nggak peduli tipe, cara, atau gaya belajar seperti apa yang kamu punya.

Yuk, kita sama-sama belajar bagaimana caranya belajar yag baik dan benar!

7. Ketika ‘Cantik’ Bukan Lagi Pujian, dan Ruang Publik Tak Lagi Aman Untuk Perempuan

7

Masih banyak orang yang menganggap bahwa kasus pelecehan seksual terjadi karena korban memakai pakaian yang nggak sesuai dengan standar (imajiner) yang ada di Indonesia. Entah itu baju yang terlalu terbuka, rok yang terlalu pendek, atau pakaian yang terlalu ketat—hal-hal tersebut menjadi kambing hitam yang kerap disalahkan pertama kali tiap ada korban yang membuka suara atas pelecehan yang dialaminya.

Padahal, dalam banyak kasus pelecehan seksual, pakaian bukan menjadi faktor utama mengapa pelecehan itu bisa terjadi lho, gaes. Baca di sini mengenai fakta keamanan ruang publik yang semakin dipertanyakan untuk perempuan, dan bagaimana kamu bisa mulai speak up dan mulai melawan terjadinya tindak pelecehan seksual yang dapat terjadi di ruang publik.

8. Mitos dan Fakta Tentang Perguruan Tinggi Kedinasan. Setuju Nggak, Nih?

8

Sebentar lagi anak kelas 12 akan memasuki semester genap, which means persiapan masuk kuliah sudah mulai digencarkan. Kamu mau lanjut kemana nih, gaes? Perguruan tinggi negeri? Perguruan tinggi swasta? Atau malah perguruan tinggi kedinasan?

Nah, buat kamu yang pengen melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi kedinasan mendingan kamu simak dulu, nih, mitos dan fakta yang beredar mengenai jenis perguruan tinggi satu ini. Bener nggak sih perguruan tinggi kedinasan itu seperti yang dikatakan orang-orang? Atau jangan-jangan, semua rumor yang beredar itu salah?

9. Ingin Berkarier di Bidang STEM? Kenali Dulu Tipe STEM Mana yang Kamu Kuasai

9

Di abad ke-21 ini, bisa dibilang bidang STEM (Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika) adalah bidang yang paling dibutuhkan di dunia. Soalnya, banyak banget kebutuhan manusia yang kini hanya dapat dipenuhi oleh inovasi-inovasi tingkat dewa. Nggak salah, sih, kalau profesi-profesi bidang ini memiliki level gaji yang tinggi bingit.

Nah, lho… jadi tertarik dong, ya, berkarier di bidang STEM. Hihihi.

Eits, sebelum memutuskan untuk mendalami bidang STEM, ada baiknya kalau kamu kenali dulu tipe STEM yang mana yang paling kamu kuasai dan sesuai dengan apa yang kamu sukai. Secara, STEM itu cakupannya luas banget. So, menurut situs stemjobs, berikut adalah pengelompokkan tipe-tipe STEM yang bisa kamu cocokkan dengan minat dan kemampuanmu.

10. 10 Pelajaran Penting dari Habibie Buat Anak Muda: Soal Kecanduan Game, Mantan, Sampai Titip Absen!

10

Bacharuddin Jusuf “Rudy” Habibie merupakan tokoh Indonesia yang sukses dan menginpirasi. Panutanqu banget, deh!  Sejak muda hingga sekarang, Presiden RI ke-3 ini nggak habis-habisnya menoreh prestasi dan membanggakan bangsa dan negara. Bahkan di usia 81 tahun, eyang Habibie masih semangat bikin pesawat untuk Indonesia.

I have to work very, very hard,” begitu kata beliau saat diwawancara Najwa Shihab. Jadi salah banget ya, kalau menganggap Habibie mendapatkan segala sesuatunya dengan mudah lantaran beliau jenius.

Baru-baru ini, B.J. Habibie menjawab pertanyaan netizen di channel Youtube Catatan Najwa yang bekerja sama dengan IDN Times. Dalam obrolan mereka, kelahiran 25 Juni 1936 ini membahas banyak hal. Setidaknya ada 10 pelajaran yang bisa kita-anak muda-ambil dari B.J. Habibie. Apa aja, tuh?

(sumber gambar: fathimastudio.com, youthmanual, cnd.com, 2afrizal.wordpress.com, debt.org, youtube.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1