10 Agenda Kegiatan dan Event Penting 2018 Untuk Pelajar SMA

Inilah kegiatan dan hal-hal penting sepanjang 2018 yang perlu kamu catat di jurnal. Have a great year ahead!

1. SNMPTN 2018

SNMPTN merupakan jalur non-tes untuk masuk perguruan tinggi negeri. Yang jadi penilaian adalah performa dan prestasi di SMA serta akreditasi sekolahmu. Tiap PTN wajib membuka jalur SNMPTN, dan di tahun 2017 lalu kuota SNMPTN berkurang menjadi minimal 30 persen. Artinya daya tampung lewat SNMPTN setidaknya 30 persen dari kursi S1 reguler yang tersedia. 

Cek tips persiapan sukses SNMPTN 2018 di sini.

Jadwal:

Pengisian Pangkalan data siswa dan sekolah pertengahan Januari-pertengajan Februari

Pendaftaran SNMPTN pertengahan februari – Awal Maret

Pengumuman: Akhir April

2. UN dan USBN 2018

Anak kelas 12 akan menghadapi yang namanya Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional. UN diadakan serentak di seluruh Indonesia dengan soal yang sama. Salah satu tujuan utamanya, untuk mengukur hasil pendidikan di seluruh Indonesia. Namun sejak beberapa tahun belakangan, UN nggak menentukan kelulusan. Mau hasilnya berapa pun nggak ngaruh sama lulus atau nggaknya kamu.

Tapi UN tetap nggak bisa diremehkan lho, simak alasan kenapa UN tetap penting di artikel ini.

Mata pelajaran yang diujikan di UN hanya empat, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan salah satu mata pelajaran pilihan siswa yang sesuai dengan jurusannya. Di tahun 2018 ini, untuk pertama kalinya ada variasi soal, yaitu untuk mapel Matematika. Meskipun hanya 4 nomor (10 persen) dari 40 soal yang diberikan.

Sementara itu USBN menjadi salah satu penilaian untuk kelulusan siswa. Soal antarsekolah bisa berbeda, namun tetap ada standar yang berlaku se-Indonesia.

Jadwal:

UN SMK 2-5 April

UN SMA/MA: 9-12 April

USBN: Maret

3. SBMPTN 2018

SBMPTN merupakan ujian serentak untuk masuk PTN. Kamu bebas mengambil tes Sosial Humaniora, Sains Teknologi atau gabungan keduanya, sesuai program studi yang dipilih. Ujian berlangsung sehari secara serentak di Indonesia, kecuali yang mengikuti ujian keterampilan (UK). Ada tambahan hari untuk pelaksanaan UK.

Jadwal:

Pendaftaran: Pertengahan Maret – Pertengahan April

Waktu ujian: Mei

Pengumuman: Awal Juli

4. Seleksi PTS dan PTN (jalur mandiri)

Jangan lupakan juga jadwal seleksi yang diadakan tiap kampus, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Untuk seleksi mandiri, nggak diadakan di semua PTN. Trus, kalau SNMPTN dan SBMPTN cuma punya prodi S1 reguler, maka di jalur mandiri umumnya ada pilihan prodi Diploma (D3 atau D4), kelas internasional, atau kelas pararel. Sebagian PTN menggelar tes khusus jalur mandiri, namun ada pula yang melakukan seleksi dengan nilai SBMPTN.

Sementara itu, masing-masing PTS juga punya jalur seleksi, syarat, jenis tes, hingga tata cara penerimaan mahasiswa  tersendiri. Jadi, kamu mesti cari info seputar kampus yang kamu incar.

Jadwal:

Pendaftaran seleksi Mandiri PTN: Mei – Juni

Ujian seleksi mandiri PTN: Mei – Juli

Pengumuman seleksi mandiri: Juni – Juli

Pendaftaran PTS: Awal 2018 (bahkan ada yang sudah dibuka sejak 2017) hingga Juli 2017

Tes PTS: Hingga pertengahan 2018. Biasanya ada beberapa gelombang.

Pengumuman PTS: Hingga pertengahan 2018

Tiap kampus memiliki jadwal masing-masing. Kamu bisa cek rangkuman jadwal penerimaan perguruan tinggi swasta favorit di sini

5. Wisuda dan Acara kelulusan SMA

Umumnya, ada 3 agenda penting saat kelulusan SMA. Pertama, acara wisuda formal yang diadakan sekolah. Kedua, acara perpisahan yang diadakan guru/sekolah atau siswa sebagai panitia. Alternatif acaranya bermacam-macam, bisa pesta formal a la prom, pentas musik, makan-makan di kafe atau di rumah salah satu siswa, hingga jalan-jalan bareng satu angkatan. Agenda yang ketiga adalah pembagian buku tahunan.  Buku tahunan biasanya digarap sejak 6 bulan sebelumnya.

Jadwal: 

Acara puncak: Juni-Juli 2018

Foto dan penggarapan buku tahunan: Januari

Pembentukan panitia dan persiapan acara kelulusan: Januari hingga menjelang hari-H.

6. FIFA World Cup 2018

Kali ini, kejuaraan sepak bola terbesar dunia Piala Dunia berlangsung di Rusia dan diikuti 32 negara. Nah, kebetulan World Cup dimulai menjelang lebaran dan liburan sekolah hingga sebelum masuk tahun ajaran baru. Jadwal pertandingannya ada yang jam 19.00, 21.00, 22.00, 01.00, dan 02.00 WIB.  

Jadwal: 14 Juni – 15 Juli

7. Asian Games 2018

Kelar rame-rame Piala Dunia, gantian Asian Games berlangsung di Jakarta dan Palembang. Itulah mengapa dua kota ini lagi gencar melengkapi fasilitas dan sarananya. Anak muda pun dikerahkan menjadi volunteer. Pastinya, kepengen dong, menyaksikan kompetisi internasional bersejarah ini. Kali aja, bisa nobar bareng seleb Korea atau artis Jepang, yekan?
Trus, akan digelar pula Asian Para Games, yaitu kompetisi olahraga untuk atlet difabel se-Asia di Jakarta. Mudah-mudahan atlet kontingen Indonesia yang jadi juara umum di Asean Para Games 2017 kembali mengukir prestasi.

Jadwal:

Asian Games: 18 Agustus – 2 September

Asian Para Games: 6-13 Oktober

8. Pilkada Serentak

Pilkada serentak is back, gaes! Seperti yang Youthmanual tulis di sini, anak muda nggak boleh cuek sama urusan politik dan negara. Biarpun kamu pemilih pemula, tunjukkan kalau anak muda bisa merayakan demokrasi dengan cerdas, damai, dan menghormati pilihan yang berbeda.

Nah, kali ini giliran Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Palembang, Bali, Sulteng, Kalbar, Papua, dan daerah lainnya (totalnya ada 171 daerah!) yang memilih pasangan Gubernur/Walikota/Bupati.

Jadwal:

Penetapan calon pasangan kepala daerah: 12 Februari

Masa Kampanye: 15 Februari – 23 Juni

Pemungutan suara: 27 Juni

9. Tahun Ajaran baru 2018/2019

Untuk yang masih SMA, tahun ajaran baru dimulai pertengahan Juli, setelah Piala Dunia. Pastikan kamu sudah kelar liburan dan semangat menyambut back to school. Kalau yang baru mau masuk SMA, ingat bahwa sejak 2017 lalu pemerintah punya kebijakan zonasi, alias mengutamakan masyarakat di kawasan setempat untuk masuk suatu sekolah. Penjelasan lengkap soal sistem zonasi bisa kamu cek di sini.

Untuk yang baru lulus SMA dan menjadi maba, kegiatan di kampus biasanya dimulai akhir  dengan masa pengenalan/orientasi.

Jadwal:

SMA: 16 Juli

Kuliah: Akhir Agustus

10. UTS dan UAS

Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester juga merupakan takdir yang harus dilalui pelajar SMA. Nah, sepanjang tahun 2018 akan ada 2 kali UTS dan 2 kali UAS. Puncaknya adalah penerimaan rapor kenaikan kelas dan pergantian semester.

Jadwal:

UTS semester genap: 12-15 Maret

UAS semester genap: Awal Juni

UTS semester ganjil: Awal September

UAS semester genap: Minggu ke-2 bulan Desember

(sumber gambar: frankie.com.au)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1