Menu

Seberapa “Milenial”-kah Kamu?

Situ generasi milenial? Yakin? Sungguh-sungguh?

Kamu yang lahir di rentang awal tahun 80-an sampai akhir tahun 90-an memang termasuk generasi milenial, gaes. Tapi, yang membuat kamu seorang “milenial” bukanlah umur kamu, melainkan hal-hal dan kebiasaan yang kamu lakukan sehari-hari.

1

Nah, untuk mengukur kadar ke-milenial-an yang ada di dalam diri kamu, coba cek sejauh mana stereotip-stereotip tentang generasi yang ada di bawah ini cocok dengan kamu.

***

Kamu itu...

*Hitung jumlah pernyataan yang kamu anggap setuju*

1. Ngerasa harus selfie minimal satu kali di setiap momen yang kamu anggap spesial.

2. Lebih suka nyari berita di medsos ketimbang media lainnya.

3. Terkadang nge-share hal-hal pribadi yang nggak penting ke medsos—seperti lagi dengerin lagu apa, lagi makan apa, lagi malam mingguan dimana, dsb.

4. Pernah kepikiran mau jadi seorang young entrepreneur.

5. Setiap ada medsos baru yang ngehits, pasti langsung nyobain dan bikin akun di sana.

6. Pasti ngecek hape setiap sebelum dan bangun tidur.

7. Masih pengen tinggal dengan orangtua, meskipun nantinya kamu sudah mampu dan layak untuk hidup mandiri.

8. Peduli banget sama personal branding.

9. Menganggap kegiatan “dengerin lagu sambil pasang headset” sebagai simbol “jangan diganggu”.

10. Merasa popularitas lebih penting dan lebih berpengaruh dibandingkan bakat.

11. Jarang merasa insecure setiap belanja online.

12. Cenderung menghindari percakapan telepon.

13. Sering ngaku bokek, tapi masih mampu ngikutin gaya hidup “anak jaman sekarang”.

14. Gampang bosen dan distracted.

15. Melihat apapun yang janggal, di luar kebiasaan atau batas nilai dan norma sebagai sesuatu yang “edgy”.

16. Punya misi untuk mengubah sekeliling kamu menjadi lebih baik.

17. Instant messaging dan caption-caption di medsos kamu dipenuhi oleh emoji.

18. Ingin pendapat kamu selalu didengar.

19. Punya #lifegoals.

20. Ambisius, tetapi lebih suka bekerjasama daripada saling menjatuhkan.

21. Sering terjebak nostalgia. At least kamu menggunakan kalimat “Waktu gue dulu kecil, xxx lebih blablabla, sob” sekali seminggu.

22. Susah nabung.

23. Suka mencari tahu lebih dalam tentang diri sendiri, seperti mengikuti tes kepribadian dan minat bakat di Youthmanual. Saik!

24. Merasa selera musik kamu lebih bagus dibanding orang lain.

25. Mati gaya kalau paket data lagi abis/wi-fi mati/nggak ada internet.

26. Sering disalah pahami oleh generasi-generasi lain—bahkan generasi kamu sendiri.

***

Sekarang, yuk, cek skor kamu!

milenial

Kalau skor kamu berkisar antara 1-9, kamu adalah milenial tanggung. Memang, sih, dari segi umur, kamu termasuk generasi milenial. Tetapi untuk urusan kelakuan, kamu ternyata nggak terlalu sepemikiran dengan umat-umat segenerasi kamu. Mungkin karena kamu merasa lebih cocok dengan gaya hidup generasi sebelum kamu. Meskipun gaya hidup berbeda dengan kebanyakan generasi milenial lainnya, kamu nggak mempermasalahkan banget, tuh!

Kalau skor kamu berkisar antara 10-19, kamu adalah milenial mainstream. Kamu merasa kalau semua poin yang dilakukan generasi kamu di dalam list ini adalah hal yang wajar. That’s how milennials’ live their life! Meskipun begitu, kamu tetap kekeuh kalau generasi kamu terlalu di-stereotyping oleh masyarakat. Nggak apa-apa. Semua millenial berpikiran seperti itu, kok. Makanya kamu mainstream, hihihi.

Kalau skor kamu berkisar antara 20-26, kamu adalah milenial sejati. Congratulations, you are the peak of milennial! Kamu-lah yang menjadi definisi seorang milenial di mata masyarakat, gaes. Kamu nggak bisa lepas dari medsos, teknologi, dan hal-hal ngehits yang super “edgy”. Biarpun stereotip kamu suka dipandang negatif sama generasi-generasi lain, tetaplah berpikir positif dan berusaha menjadi milenial sejati yang berguna, ya!

Baca juga:

(sumber gambar: golleyslater.com, squarespace.com, millennialshow.com)

LATEST COMMENT
Happyandrisaputra | 34 menit yang lalu

Pendaftaran gelombang 2 yang masih buka

Serba-Serbi Informasi mengenai PMB Mandiri ISI Yogyakarta 2019
Renata | 6 jam yang lalu

Tp klo gitu IPC nilai yg didaftarkan apakah harus 2. Ato ckp 1 saja?

Serba-Serbi SBMPTN 2019, Cek Informasi Lengkapnya!
Afifahnz | 19 jam yang lalu

Untuk psikologi UIN Sunan Ampel termasuk sosuhm atau saintek?

5 PTN dengan Prodi Psikologi Saintek, Anak IPA Wajib Cek!
Novianti Melda Sambin | 21 jam yang lalu

Trima kasih ini sangat membantu

22 Pertanyaan Wawancara Seleksi Masuk Perguruan Tinggi
Chintya | 1 hari yang lalu

Iya.. iya sih. Tapi ndak terlalu rumit kok itung2 nannya

Mengenal Jurusan Desain Interior Lebih Dalam dan Prospek Kerjanya di Masa Depan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©