Menu

Jangan Ngaku Anak Pramuka Sejati Kalau Nggak Bisa Jawab 15 Pertanyaan Ini!

Ah, Pramuka. Masa-masa kegiatan paling indah yang yang pernah kamu lewatkan karena kabar burung yang bunyinya kalau nggak ikutan bisa-bisa nggak naik kelas, hihihi.

Entah Pramuka sudah menjadi ekskul wajib yang kamu ikuti selama masa sekolah atau kegiatan yang sukarela kamu ikuti karena beribu faedahnya, bisa dibilang nggak ada anak Indonesia yang nggak ngerasain gimana serunya jadi sosok Praja Muda Karana yang ditempa dengan berbagai aktivitas kepanduan ini, mulai dari latihan bikin tenda yang banyakan gagal daripada berhasilnya sampai jurit malam yang pe-er banget… karena sering banget dikerjain kakak pembina pakai guling yang sengaja digantung di pohon.

Berhubung hari ini adalah peringatan Hari Pramuka Nasional, yuk ber“nostalgia” bareng Youthmanual dengan kuis kecil kecilan (tapi cukup menguras otak) di bawah ini. Pokoknya, jangan ngaku anak Pramuka Sejati kalau kamu nggak bisa jawab semua pertanyaannya. Dilarang keras nge-scroll sampai ke bawah untuk lihat kunci jawaban sebelum selesai menjawab semua pertanyaan, apalagi browsing sana-sini. Masa’ anak pramuka nyontek?

Semangat keprok dua kali tepuk pramuka!

***

1. Apa arti Praja Muda Karana?

2. Siapa, hayo, nama lengkap Bapak Pramuka Dunia?

3. Ada berapa golongan dalam keanggotaan muda pramuka? Apa saja nama golongannya?

4. Selain sebagai panduan, apa fungsi lain dari buku saku pramuka?

5. Setiap berapa tahun sekali Jambore Nasional dilaksanakan?

6. Apa bunyi Dwidarma Pramuka?

7. Berikut ini adalah asal mulanya tujuan api unggun yang dibuat orang rimba, kecuali…

    a. Berdiang di waktu dingin

    b. Membakar sampah yang sudah dihasilkan

    c. Menjauhkan binatang buas

    d. Untuk berkemas

8. Ini namanya simpul apa, ya?

simpul

9. Apa gunanya ikatan jangkar?

10. Gerakan apa yang menjadi gerakan paling pertama di pemanasan senam Pramuka?

11. Apa yang harus kamu lakukan jika pembina kamu membentuk gestur ini?

gestur

12. Coba tebak, apa arti isyarat komando peluit di bawah ini?

 

__ . __ . __ . __ .  dst.

 

13. Huruf apa yang biasanya suka ketuker dengan Huruf A dalam sandi Semaphore?

14. Lengkapi lirik Hymne Pramuka di bawah ini!

Kami Pramuka Indonesia

Manusia Pancasila

_______ kudarmakan, ________ kubaktikan

Agar jaya Indonesia

Indonesia tanah airku

_____________________________

15. Terakhir, nih. Tahun 2017 ini adalah peringatan Hari Pramuka Nasional yang keberapakah?

.

.

.

Kunci Jawaban

1. Jiwa muda yang suka berkarya

2. Robert Stephenson Smyth Baden-Powell

3. 4 golongan: Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega

4. Tanda Pengenal

5. 5 tahun sekali

6. Siaga itu patuh pada ayah dan ibundanya; Siaga itu berani dan tidak putus asa.

7. b

8. Simpul Nelayan

9. Untuk mengikat benda-benda yang berbentuk lingkaran (ring)

10. Lari di tempat delapan hitungan

11. Membentuk barisan Angkare (huruf U menghadap ke dalam)

12. Tanda bahaya

13. Huruf G

14. Satyaku; Darmaku; Kami jadi pandumu

15. Ke-56!

gerakan pramuka

(sumber gambar: gulalives.co, blogspot.com, wordpress.com)

LATEST COMMENT
Aditya Guntur | 2 jam yang lalu

Open endorse pria Instagram @guntur_g9

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Shahfa Ananda | 8 jam yang lalu

apa aja sih kak jurusan yang berkaitan dengan fisika selain teknik sipil?

Daya Tampung SNMPTN 2019 di Universitas Brawijaya
Arif Alfon Gordon | 19 jam yang lalu

Jadi, ketika saya lulus sbm, harus saya lepaskan kak??

Program Bidikmisi Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri/PMDK/UMPN 2019
Achmad Choirul Huda | 21 jam yang lalu

Min jadi univ mau nerima kita dipilihan kedua kan? Banyak kabar hoax yg bilang gitu :(

Strategi Menentukan Pilihan Pertama dan Kedua pada SBMPTN 2019
Azizah Nur | 23 jam yang lalu

Bismillah maba oseanografi itb 2021:)). O iya kalo oseano di itb tesnya saintek atau soshum?

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©