Seandainya 5 Command Komputer Ini Bisa Dipakai di Kehidupan Nyata

Marshal McLuhan, seorang teoris (bukan teroris, ya!) perkembangan teknologi media pernah bilang bahwa penggunaan teknologi, tuh, bisa mempengaruhi cara pikir kita. Katanya, “We shape our tools, thereafter the tools shape us.

Nah, kalau kamu sehari-harinya lengket banget sama komputer, pasti kamu sudah sangat terbiasa dengan berbagai command komputer untuk melakukan hal-hal tertentu, karena, command yang bisa diakses dengan shortcut itu memang bikin pekerjaan jadi mudah banget.

Saking terlalu terbiasanya melakukan sesuatu dengan command di komputer, mungkin kamu malah jadi terlena dengan kemudahannya. Pengen nggak, sih, bisa menggunakan command komputer di dunia nyata?! Hidup pasti jadi lebih mudah dan indah. Misalnya, command-command berikut ini, nih:

CTRL+Z Untuk Meralat Kesalahan-Kesalahan Hidup

youthmanual - cntrl z

Pas lagi masak mie instan, eh, kecap yang dituang kebanyakan. Pas lagi menggunting kertas origami, eh, ada potongan yang nggak lurus. Pas lagi dandan, eh, eyeliner-nya mencong atau foundation-nya terlalu tebal Arrrgghhh!

Hidup memang penuh dengan kesalahan, sob, kecil atau besar. Kadang-kadang kesalahan-kesalahannya masih bisa dikoreksi, sih, tapi butuh tenaga lagi. Bikin kita jadi kerja dua kali, deh.

Kalau di komputer, sih, kesalahan-kesalahan kecil bisa di-undo dengan mudah. Tinggal klik Ctrl+Z, pekerjaan kita pun balik ke kondisi awal. Nggak perlu sampai dibikin ulang. Seandainya hal ini bisa dilakukan di kehidupan nyata. Hhhh.

CTRL+F Untuk Menemukan Apapun, Termasuk Jodoh

“Duh, kunci kosan gue simpen di mana, yah? Mana lagi buru-buru, lagi!” Apakah kamu sering mengeluh seperti itu? Kayaknya, sih, we all do, ya.

Kunci, flashdisk, dan pulpen adalah contoh benda-benda yang sering banget menghilang dari pantauan. Berhubung kita sering asal simpang, ketika benda-benda tersebut dicari kembali, susahnya minta ampun.

Andaikan fitur search yang biasa kita akses dengan shortcut CTRL+F bisa diterapkan juga di dunia nyata, hidup pasti jadi lebih mudah!

Lebih asyik lagi kalau fitur search ini bisa dipakai saat kita lagi mendapat tugas merangkum buku. Jadi ketika harus mencari pembahasan atau kata kunci tertentu, kita nggak perlu menelusuri buku tersebut dari awal sampai akhir. Tinggal di-search, pembahasan atau kata kunci yang dicari pun langsung ketemu. Nikmat!

Restart dan Refresh Demi Menyegarkan Pikiran

“Duh, otak gue hang, nih. Tugas lagi banyak banget!”

Pasti pernah, dong, mendengar celotehan seperti itu? Soalnya istilah perkomputeran “hang” memang sering dipakai di percakapan sehari-hari, yang merujuk kepada kondisi otak atau bodi yang sedang suntuk atau capek, sehingga menjadi lemot.

Kalau komputer nge-hang, sih, solusinya gampang. Pertama, coba di-refresh dulu. Kalau masih hang juga, ya restart aja. Voila! Komputer pun kembali segar seperti sediakala.

Kalau diri kita yang nge-hang? Repot, sob. Harus refreshing atau liburan yang lama dulu. Solusinya nggak sesimpel klik tombol restart. Jadi, kalau fitur restart dan refresh bisa diterapkan ke diri kita sendiri di dunia nyata, pastinya bakal sangat membantu, tuh. Otak bisa segar lagi dengan gampang!

Copy + Paste untuk Menduplikasi Apapun

Ada kalanya kita harus membuat sesuatu dalam jumlah banyak—seenggaknya lebih dari satu, lah—dengan manual. Misalnya sketsa, tulisan tangan, makanan, atau sekedar nge-amplopin undangan nikahannya kakak yang jumlahnya bisa ratusan!

Menduplikat sesuatu secara manual itu effort-nya besar. Hasil duplikatnya pun nggak mungkin persis sama dengan versi aslinya.

Karena itu, fitur copy + paste bakal asyik banget kalau bisa diterapkan di dunia nyata. Apalagi kalau kita bisa meng-copy-paste kepintaran teman yang juara kelas ke otak kita! #halah

Restore untuk Mengembalikan Kenangan Yang Terbuang.

Di jagad komputer, semua data yang terhapus, tuh, masih ditampung di suatu tempat bernama Recycle Bin. Sebelum benar-benar dienyahkan, kita masih bisa menengok kembali data-data tersebut di Recyle Bin. Kalau ternyata datanya masih diperlukan—atau kalau ternyata kita salah hapus—data tersebut masih bisa dikembalikan.

Coba bayangkan kalau kamu pernah membuang atau menghilangkan sesuatu, tapi hal tersebut masih bisa kamu restore dari Recycle Bin kehidupan. Dijamin, manusia nggak akan kenal sama kata “menyesal”! Uuuhh… *lalu baper*

(sumber gambar: etsystatistic.com, memegenerator.com, funnyjokesandlaughs.wordpress.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1