Menu

Ketika Video Klip 'Bad'-nya Younglex dan Awkarin Perlu Direvisi, Hadirlah 'Good'

Gaes, hari gini, ternyata bukan hanya makalah dan skripsi yang bisa direvisi. Video klip pun bisa direvisi!

Kamu pasti tahu, dong, minggu lalu Younglex meluncurkan sebuah single sekaligus video klip featuring Awkarin, berjudul Bad.

Karena dua orang ini memang sangat identik dengan kontroversi, nggak heran kalau video klip tersebut langsung mengundang perhatian. Hanya dalam waktu tiga hari, Bad langsung mendapat lebih dari tiga juta views. Per hari ini (26/9), video ini mendapat 50.000an likes, dan 170.000 dislikes.

Lho, jumlah dislikes-nya lebih tinggi banget, nih? Yap, entah karena konsep video klipnya kelewat klise, karena lirik lagunya terlalu membela diri, atau karena suaranya Awkarin memang nggak enak, single Bad ini pun jadi bad beneran, alias nggak disukai orang.

Mungkin karena konsep keseluruhan lagu dan video klip ini cukup meresahkan, ya. Masa Awkarin menyatakan kelakukannya masih dalam batas wajar? Wajarnya siapa?

Maka demi kebaikan bersama, dua orang pemuda-pemudi Indonesia harapan bangsa, Aldi dan Jasmine, berinisiatif merevisi lagu Bad menjadi… Good.

“Jadi, gue dan teman gue, Aldi, memang suka bikin cover dan remix macam-macam lagu. Kita pernah nge-remix lagunya AADC lah, lagu Top 40 lah, macam-macam, deh. Biasanya kita upload di Soundcloud.

Trus, minggu lalu, muncul lah video klip Bad dengan segala kontroversinya. Kita jadi mikir, hmmm, bikin tandingannya, yuk!

Akhirnya jadi, deh, lagu parodi Bad yang berjudul Good.” cerita Jasmine, alumni Universitas Indonesia jurusan Psikologi, angkatan 2012 ini kepada Youthmanual.

Simpel, ya? Ternyata proses pembuatannya lebih simpel lagi, gaes.

“Tujuan kita bikin parodi Good ini untuk iseng aja, sih. Idenya muncul hari Rabu minggu lalu, trus tau-tau hari Sabtu Aldi udah bilang, ‘Min, gue udah ada liriknya, nih. Yuk, kita rekam!’

Aldi memang doyan bikin lirik, sehingga proses penulisan liriknya cepat.”

Menurut Jasmine, yang membuat 70% dari lirik Good ini memang temannya, Aldi, alumni jurusan Teknik IndustriInstitut Teknologi Bandung‍ angkatan 2007. Sementara Jasmine hanya menambahkan ide-ide kata untuk rhyming. “Ini pertama kalinya gue nge-rap, lho! Kalau Aldi pada dasarnya memang suka hip-hop dan rap, jadi artikulasi rap dia pun udah bagus. Nggak perlu banyak latihan dulu.”

Setelah lirik lagunya rampung, mereka pun merekam Good hanya dalam waktu satu jam, kemudian “ditempel” di video klip Bad yang asli. Eh, ternyata hasilnya pas bin sinkron!

Jasmine dan Aldi bersama rapper senior, Saykoji

Kata Jasmine, dalam lirik Good, Aldi menjabarkan sikap-sikap “baik” anak muda dari sisi akademis, sementara  Jasmine menjabarkan sikap-sikap “baik” dari sisi akhlak.

Jadi penasaran, liriknya memang mencerminkan kepribadian masing-masing nggak, sih?

“Aldi, sih, nggak cum laude, ya! Hahaha… Nggak, kok. Kita standar-standar aja. Prestasi akademik kita biasa aja. Jeblok nggak, cum laude juga nggak. Akhlak kita juga nggak alim banget, tapi nggak se-Awkarin juga,” jelas Jasmine.

Memang, seperti kata lagu dangdut, yang bagus itu yang sedang-sedang saja!

Minggu malam (25/9), video parodi ini ditayangkan di Youtube, dan siang ini (26/9), views-nya sudah mencapai 14,000an. Lumayan juga, ya. Kira-kira kenapa, tuh, bisa sukses?

Jasmine berteori, “Mungkin orang-orang juga capek, ya, dengan konten-konten “bad kids” melulu. Bosen nggak, sih, media sosial sekarang berisi influencer anak muda yang mengagungkan kelakuan bad semua? Padahal mungkin anak muda juga butuh panutan sikap yang “good”. Jadi, deh, kita buat versi lucu-lucuannya. Alhamdulillah, diterima sama masyarakat.”

Meski netizen yang budiman banyak yang mengira parodi Good ini dibuat untuk mencela Bad, surprisingly, sebenarnya Jasmine dan Aldi bukan hater Younglex, lho.

Kata Jasmine kepada Youthmanual, “Menurut gue, video klip Bad, tuh, bagus, kok. Keren. Lagunya juga lumayan, meskipun jujur, masih lebih bagus lagu-lagu Younglex yang sebelumnya. Dan menurutku, lagu Bad ini juga nggak nyontek lagunya CL dan Diplo, seperti yang banyak dibilang orang-orang. Kalaupun mirip, ya maklum aja, lah. Nada di dunia juga cuma do sampai si!

Cuma masalahnya, kontennya Younglex memang nggak kesaring, sementara penggemar dia banyak yang masih SD. Trus, meskipun menurut gue Younglex adalah seorang rapper yang lumayan, tapi kenapa dia harus duet bareng Awkarin, sih? Untuk dongkrak popularitas, ya? She can’t event sing properly, dan sering banget offbeat!”

Melihat puluhan ribu komentar senada di halaman Youtube Bad, kayaknya seluruh dunia juga berpendapat seperti itu, sih, Min. Maka kita cukup bersyukur, ada versi revisinya seperti Good ini. Biar hidup seimbang dikit lah, ya.

Sukses selalu, Young D dan AwJasmine. Semoga nanti beneran bisa cumlaude dan lolos Sunsilk Hijab Hunt 2017, ya. Salam super!

Bagi kamu yang penasaran sama liriknya, ini nih!

GOOD

Mereka bilang diriku itu jenius
Aku hapal semua rumus matkul Kalkulus
Belajar sepenuh hati
Buku Erlangga setiap hari
Dari SD gue berprestasi
Menang cerdas cermat di tingkat provinsi
2011 mereka bertanya
Ini soal fisika, kamu bisa engga?
Ini sih gampang cuma ngitung gaya
Percepatan kali massa benda
Masukin rumus dan variabelnya
Lima Newton itu jawabannya
Memang gue anak baik, nilai gue selalu saik,
Satu kelas pada sirik
Kuliah pun gue tetep oke
Lulusan cumlaude dari ITB
Lanjut ambil MBA di UK
Pake beasiswa LPDP

I'm a GOOD GIRL
Karakter itu goals yang utama
Saling hormat juga tenggang rasa
Aku baik hati aku takut dosa
I'm a GOOD BOY
Belajar itu hal yang utama
IPK selalu di atas tiga
Aku bikin bangga mama sama papa

Gayaku sopan meskipun they say
Cupu ngga gaul, aku sih okey
Mereka ngajak nongkrong ku bilang no way
Mending aku pulang ke rumah dan nonton Golden Ways (Super!)
Aku mandiri hobiku membaca
Training ESQ paling kusuka
Tetap santun aku pasti bisa
Role modelku itu Siti Nurhaliza
Gue cuma pengen jadi sosok wanita cerdas
Dan menang Sunsilk Hijab Hunt 2017
Memang gue anak baik, sifat gue selalu saik,
Luar dalem gue cantik
Gue inget kata Titiek Puspa
Jangan terjebak pergaulan remaja
Gue ga pacaran itu kan bahaya
Kalo suka taarufan aja

I'm a GOOD GIRL
Karakter itu goals yang utama
Saling hormat juga tenggang rasa
Aku baik hati aku takut dosa
I'm a GOOD BOY
Belajar itu hal yang utama
IPK selalu di atas tiga
Aku bikin bangga mama sama papa

Baca juga

(sumber gambar: youtube.com, dok. pribadi)

LATEST COMMENT
Sheila Amadea | 18 jam yang lalu

Hai, aku bantu jawab. Aku Sheila, saat ini mahasiswi Okupasi Terapi UI tahun kedua. Prospek kerja di daerah bukan perkotaan justru besar banget. Kalau bisa dibilang, Okupasi Terapi adalah salah satu jurusan yang jarang ditemui di Indonesia. Di Bogor, tempat tinggalku sekarang aja hanya ada 1 orang Okupasi Terapis di RS, dan belum termasuk mahasiswa yang sedang praktek klinik atau magang di RSJ (dari info yang aku tahu sejauh ini, ya. Mungkin saat ini sudah bertambah di klinik-klinik). Kalau kamu dari daerah yang jauh dari kota, kemungkinannya sangat sangat besar tenaga Okupasi Terapis dibutuhkan. Jadi, kalau kamu tertarik dengan jurusan ini dan saat ini tinggal di daerah bukan perkotaan, ini jadi peluang yang buagus banget buat kamu meningkatkan kesejahteraan daerah kamu sendiri. Semangat!

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
priandari | 22 jam yang lalu

sistem penilaian untuk tesnya bagaimana ya kak?

Serba-Serbi Seleksi Mandiri Universitas Airlangga
Puan Nur R | 1 hari yang lalu

Mau tanya kak kalau ketrima sbmptn boleh ikut Ujian Mandiri atau tidak ya?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©