Menu

Hal Lain yang Ditunggu-Tunggu Anak SMA Selain Pengumuman Hasil SBMPTN

Jam 2 siang kemarin, hasil SBMPTN yang kamu tunggu-tunggu akhirnya diumumkan. Rasa deg-degan yang udah kamu simpen selama kurang lebih satu bulan pun terbayarkan.

Buat yang lulus SBMPTN tahun ini—congratulations, ya. Kamu adalah bagian spesial dari delapan belas persen peserta yang berhasil mendapatkan “kursi panas” setelah mengerjakan soal-soal yang kesulitannya setingkat dewa. Keren!

Tapi, buat yang belum beruntung, kamu nggak perlu berlarut-larut dalam kesedihan, lah, sob. Nggak lulus SBMPTN bukanlah akhir dari segalanya. Katanya, masih ada hal-hal lain di luar sana yang yang nggak kalah penting buat ditungguin tanggal mainnya, seperti…

1. Ujian Mandiri

1

Kamu yang bikin masuk PTN tahun ini jadi harga mati belum kehilangan kesempatan, kok. Masih ada jalur lain, yaitu ujian mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN.

So, jangan sia-siakan kesempatan terakhir ini, ya, gaes. Kalau kamu ngerasa persiapan pas ikutan SBMPTN kemarin kurang maksimal, geber lagi belajarnya dari sekarang agar kamu bisa sukses di ujian mandiri kali ini. Tapi, kalau kamu iku ujian madiri di PTN yang menggunakan nilai SBMPTN, banyak-banyak berdoa, deh, ya. Hihihi.

2. Pendaftaran/pengumuman kelulusan seleksi universitas swasta

2

Atau, kamu masih punya plan B untuk kuliah di universitas swasta—selama kamu bisa berkuliah di jurusan idaman dan sesuai dengan passion. Aih.

Emang, sih, pendaftaran universitas swasta udah dibuka jauh sejak sebelum pendaftaran SNMPTN diumumkan. Tapi, nggak semua anak SMA punya mindset untuk berkuliah di universitas swasta, kecuali kalau mereka mengubah rencananya di tengah jalan—which is fine. Intinya, semangat terus, ya!

3. Pengumuman Blogging Competition

3

Kalau yang satu ini, sih, paling ditunggu-tunggu sama anak SMA yang ikutan event Acer x YM blog competition kemarin. Dan nggak cuma anak SMA aja, tapi kakak-kakak mahasiswa yang masih kebingungan menggali potensi!

Eniwei, kamu nggak usah deg-degan soal pengumuman pemenangnya, sob. Pantengin terus semua sosial media Youthmanual mulai besok, ya, karena bisa aja pengumumannya di-publish di jam-jam yang nggak kamu bayangkan!

4. Episode perdana Game of Thrones season 7

4

Yang disini suka ngikuti serial TV “bhaday” Game of Thrones, pastinya udah greget banget ngitung mundur tinggal berapa hari lagi kamu bisa nontonin episode perdana season terbarunya. Saking nggak kalah pentingnya sama pengumuman SBMPTN, sampai-sampai bikin reminder biar nggak sampai ketinggalan. Yaduh.

5. Puluhan konser K-Pop

5

Bisa jadi tahun ini adalah tahun surga buat para pecinta K-Pop. Kamu yang kerjaannya nontonin drama korea dan MV para boyband dan girlband yang unyu-unyu everytime everywhere lewat hape pasti dibikin kegirangan dengan banyaknya konser K-Pop yang akan diadakan tahun ini—mulai dari CNBlue sampai Music Bank Indonesia. Dompetnya mesti kuat, nih!

6. Lebaran

Siapa, sih, yang nggak nungguin lebaran? Libur panjang, “THR”, dan kue lebaran—enough said.

(sumber gambar: unila.ac.id, klimg.com, cdnds.com, kabarmaya.co.id)

LATEST COMMENT
Daffa Adha | 5 jam yang lalu

Min mau nanya andai saya keterima di SBM (Selain itb) dan andai saya jg keterima di mandiri itb apakah saya boleh ambil mandiri itb gk ambil SBM?

Tahun 2019, ITB Buka Jalur Seleksi Mandiri!
Witarto Druju | 11 jam yang lalu

Bisa cek di sini ya: http://informatika.unpar.ac.id/data-science/

Kenalan Dengan Data Scientist, Profesi Kekinian dengan Prospek Cerah!
Dinnookk | 15 jam yang lalu

Kasus serupa dengan saya wkw

Q & A Tanya Youthmanual: Bedah Jurusan Ilmu Komunikasi
Suho Wife | 20 jam yang lalu

Kak di unbraw nggak ada bisnis internasionalnya ka?

Daya Tampung SNMPTN 2019 di Universitas Brawijaya
Sheila Amadea | 2 hari yang lalu

Hai, aku bantu jawab. Aku Sheila, saat ini mahasiswi Okupasi Terapi UI tahun kedua. Prospek kerja di daerah bukan perkotaan justru besar banget. Kalau bisa dibilang, Okupasi Terapi adalah salah satu jurusan yang jarang ditemui di Indonesia. Di Bogor, tempat tinggalku sekarang aja hanya ada 1 orang Okupasi Terapis di RS, dan belum termasuk mahasiswa yang sedang praktek klinik atau magang di RSJ (dari info yang aku tahu sejauh ini, ya. Mungkin saat ini sudah bertambah di klinik-klinik). Kalau kamu dari daerah yang jauh dari kota, kemungkinannya sangat sangat besar tenaga Okupasi Terapis dibutuhkan. Jadi, kalau kamu tertarik dengan jurusan ini dan saat ini tinggal di daerah bukan perkotaan, ini jadi peluang yang buagus banget buat kamu meningkatkan kesejahteraan daerah kamu sendiri. Semangat!

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Youthmanual ©