Self-Healing: Pengertian dan Cara Melakukannya

Setiap orang pasti memiliki permasalahannya masing-masing, baik itu permasalahan di sekolah, permasalahan di rumah, permasalahan di kuliah, permasalahan di kantor dan sebagainya. Setiap orang pun memiliki tingkat permasalahan yang berbeda-beda, ada yang masalahnya sepele, ada yang masalahnya lumayan rumit dan bahkan ada juga yang memiliki permasalahan yang sangat rumit.

Setiap permasalahan selalu muncul dalam kehidupan seseorang tanpa melihat siapa orang tersebut, berapa usia orang tersebut, apakah orang tersebut laki-laki atau perempuan dan sebagainya. Nah, karena hal tersebut, banyak juga, nih, orang-orang yang merasa nggak sanggup dengan permasalahan yang dimilikinya dan akhirnya dapat menyebabkan rasa stres dan depresi.

Duh, bahaya banget, kan, kalau sampai stres dan depresi dikarenakan permasalahan yang dimiliki? Nah, sebelum kamu memiliki permasalahan dan kamu merasa bahwa masalah tersebut dapat mengarah kepada stres dan depresi, yuk, buru-buru atasi hal tersebut dengan self-healing. Wah, self-healing itu, apa, ya? Penasaran? Yuk, cek artikel berikut ini!

Apa sih self-healing itu?

Kalau diartikan secara bahasa, self-healing dapat diartikan sebagai “penyembuhan sendiri”. Nah, dari arti kata ini, bisa dijelaskan bahwa kamu bisa, lho, menyembuhkan diri kamu sendiri. Yap, mau bagaimana pun, kamu merupakan seseorang yang tahu pasti apa yang dirasakan oleh dirimu sendiri dan kamu pun merupakan seseorang yang tahu apa yang diperlukan oleh dirimu sendiri. Sehingga, kamu adalah orang yang tepat untuk menyembuhkan apa yang kamu rasakan di dalam dirimu sendiri.

Self-healing ini merupakan suatu metode yang terkenal di Amerika dengan memiliki kegunaan yaitu untuk menyelesaikan segala hal yang dapat berakibat pada kelelahan emosi seseorang.  Sebagian besar orang pasti pernah, dong, memiliki masalah dan akhirnya berujung pada kelelahan emosi seperti merasa sedih, kecewa, stres bahkan depresi? Nah, teknik self-healing ini bisa menjadi teknik yang tepat buat kamu yang pernah atau sedang dalam keadaan kelelahan emosi.

Lalu caranya self-healing, gimana, ya?

Nah, karena namanya ialah self-healing, maka kamu dapat melakukan hal ini sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Cara ini bisa menjaga kamu atau menyembuhkan kamu dari kelelahan emosi. Berikut tips yang bisa kamu ikuti!

1. Tulis masalahmu

Kalau kamu memiliki masalah yang sudah sangat menyebalkan dan mengganggu pikiranmu namun kamu nggak suka menceritakan masalah tersebut kepada orang lain, kamu bisa banget, kok, menuliskan apa masalahmu pada suatu diary. Yap, menulis masalahmu pada diary, rasanya sama seperti ketika kamu menceritakan apa yang kamu rasakan kepada orang lain, kok.

Bedanya, ketika kamu menulis apa yang sedang menjadi masalahmu di buku diary, kamu nggak akan menemukan respon-respon negatif dari orang lain. Misalnya, nih, kamu merasa kecewa bahwa kamu nggak lolos ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri. Kalau kamu ceritakan hal ini kepada orang lain, mungin orang lain bisa saja bilang bahwa kamu kurang berusaha, kurang belajar dan sebagainya. Nah, daripada kamu kecewa dan tambah kecewa dengan omongan orang lain, ada baiknya, kalau kamu menceritakan masalahmu ini ke dalam buku diary.

2. Self-Talk

Nah, kalau kamu kesal dan kecewa akan sesuatu, coba deh, bicarakan hal ini kepada dirimu sendiri. Kamu bisa diam di kamarmu dan bercerminlah sambil menceritakan apa yang sedang kamu rasakan. Selain itu, kamu juga bisa mengatakan pada dirimu sendiri, hal apa yang benar-benar kamu inginkan dan hal apa yang terbaik untuk.

Nah, dari self-talk ini, kamu bisa banget, kan, mengungkapkan apa yang ada di dalam lubuk hatimu. Selain itu, kamu bisa menggali keinginan dan dirimu sendiri. Hal yang paling terbaik ialah dengan melakukan self-talk, kamu akan mengenal dirimu sendiri dan mensyukuri hal-hal apa yang telah terjadi di dalam kehidupanmu.

3. Melampiaskan amarahmu dengan gerakan

Yap, dalam beberapa film, kamu sering lihatkan ketika seseorang marah, sedih atau kecewa, mereka melampiaskannya dengan memukul suatu benda? Nah, hal yang terlihat dapat menyakiti dirimu sendiri ini, sebenarnya merupakan suatu cara self-healing, lho.

Yuk, kita coba ambil positifnya. Kamu merasa marah akan suatu hal, nah, daripada kamu marah-marah yang nggak ada untungnya, ada baiknya kamu coba untuk mengalihkan amarah dan energimu ke suatu aktivitas yang memiliki banyak gerakan. Yap! Kamu bisa berolahraga ketika kamu merasa kesal dan marah. Dengan berolahraga, pasti amarahmu perlahan-lahan akan menghilang, deh!

4. Menikmati hidupmu sendiri

Yap, daripada kamu meratapi hidupmu dan juga terus-terusan membandingkan pencapaianmu dengan orang lain, ada baiknya kamu menikmati apa yang sedang kamu jalani dan kamu lalui, lho. Misalnya, nih, kamu sedih karena kamu nggak keterima di PTN yang kamu inginkan, sedangkan temanmu, berhasil mendapatkan PTN yang ia inginkan.

Well, daripada kamu bersedih dan membandingkan dirimu sendiri dengan temanmu, ada baiknya kalau kamu menjalani hidupmu dengan lebih baik dan menikmatinya. Berusahalah agar kamu mendapatkan hal yang terbaik dimana pun kamu berada dan jangan lupa untuk bersenang-senang tanpa membandingkan dirimu dengan orang lain, ya!

5. Berterimakasih pada diri sendiri

Daripada kamu bete dan kesal karena suatu hal yang sudah terjadi, lebih baik kamu mencoba untuk membiasakan diri berterimakasih kepada dirimu sendiri. Misalnya, nih, kamu kesal karena kamu nggak keterima pada suatu beasiswa. Well, daripada kamu marah dan merasa diri kamu nggak mampu, lebih baik kamu bersyukur dan berterimakasih kepada dirimu sendiri. Berterimakasihlah kepada dirimu bahwa kamu sudah berjuang hingga sejauh ini.

Meskipun hasil yang kamu dapatkan nggak sesuai dengan apa yang kamu inginkan, akan tetapi, kamu sudah berusaha dan berjuang, kan? Nah, dirimu pun berhak untuk mendapatkan apresiasi atas apa yang telah kamu lakukan.

***

Yap, perlu kamu ketahui, nih, gaes, setiap orang merupakan orang yang tepat untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Tubuh dan pikiranmu, pastinya memiliki caranya sendiri untuk menyembuhkan. Maka dari itu, daripada kamu merasa stres, kecewa dan sebagainya, ada baiknya kamu mempelajari dirimu sendiri dan sembuhkan atau jaga dirimu dari rasa stres dan kecewa dengan melakukan self-healing. Selamat mencoba!

Baca juga:

(Baca juga: studiobepilates.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1