Rapi-Rapi di Tempat Umum, Kenapa Nggak?

Akhir minggu merupakan hari-hari yang pastinya kamu tunggu-tunggu. Bagaimana tidak? Pada hari minggu kamu terlepas dari semua kegiatan rutinitas seperti bersekolah, berkuliah atau bekerja. Biasanya, pada akhir minggu ini kamu akan berpergian bersama dengan keluargamu atau teman-temanmu baik ke mall atau sekedar nongkrong-nongkrong cantik di warung kopi.

Beberapa hari yang lalu, saya pun menggunakan akhir minggu saya untuk berbincang-bincang dengan teman saya di salah satu warung kopi. Karena letak warung kopinya yang menyatu dengan mall, maka setiap akhir minggu, warung kopi ini selalu diramaikan oleh pengunjung. Masalahnya, nih, gaes, karena pengunjung yang banyak, akhirnya, sampah-sampah gelas plastik dan juga tisu pun berserakan dimana-mana.

Pada artikel, ini, saya nggak mau menyalahkan para pekerja di warung kopi tersebut, ya, gaes. Saya yakin banget, nih, para pekerja di warung kopi tersebut pasti agak kewalahan dengan jumlah pelanggan yang berdatangan di akhir pekan. Biasanya, para pekerja di warung kopi ini, bekerja merangkap menjadi beberapa role. Mereka bisa saja bekerja sebagai kasir, barista dan membersihkan meja dalam waktu yang bersamaan.

Nggak hanya di warung kopi saja, nih, gaes, biasanya pada akhir pekan beberapa restoran junk food pun sering berantakan, lho. Di atas meja, masih banyak berbagai macam sampah-sampah bekas makanan yang ditinggalkan oleh para pelanggan. Selain itu, kalau kamu sering ke mushola di mall-mall, ada juga orang-orang yang menaruh alas sepatunya dengan berserakan. Duh…

Gaes, kamu perlu ingat, nih, yang namanya mall, restoran dan warung kopi merupakan tempat umum yang pastinya setelah kamu datangi, pasti ada orang lain juga yang mendatangi tempat tersebut. Sebelum kamu datang ke tempat tersebut, pastinya ada orang lain juga yang sudah mendatangi tempat yang kamu datangi. Maka dari itu, kita harus banget, nih, menjaga kenyamanan dari tempat umum yang sering kita datangi. Dengan cara apa, ya?

1. Tumpuk di tengah

tumpuk di tengah

Seringkah kamu mendengarkan kalimat “tumpuk di tengah”? Pastinya sering banget, dong, gaes. Aktivitas yang satu ini sudah booming sejak kurang lebih satu hingga dua tahun terakhir. Sebenarnya, tumpuk di tengah itu, apa, sih? Tumpuk di tengah adalah salah satu aktivitas membersihkan meja yang telah kita gunakan.

Kamu nggak perlu, kok, ribet-ribet sampai mencucikan piring yang telah kamu gunakan, nanti, kamu dikira makan nggak bayar, lagi, hehe. Kamu hanya perlu menumpukkan piring, gelas dan peralatan makan lainnya di tengah-tengah meja. Misalnya, kamu habis makan bakso dengan keluargamu, kamu bisa menggabungkan sisa kuah bakso menjadi satu mangkok dan tumpuklah mangkok tersebut di tengah. Jangan lupa juga, ya, untuk melakukan hal yang sama pada gelas yang kamu gunakan. Satukan sendok dan garpu yang sudah kamu gunakan juga, ya.

Tumpuk di tengah ini, merupakan aktivitas yang tentunya sangat mudah dan nggak merepotkan. Untuk menumpuk semua peralatan makan setelah kamu gunakan, tidak akan memakan waktumu hingga satu jam, kok. Aktivitas yang tentunya sangat mudah dilakukan ini, justru, dapat mempermudah para pramusaji dalam membersihkan meja. Para pramusaji pun, tentunya dapat menggunakan waktunya untuk mengerjakan hal-hal lainnya.

2. Buang sampah bekas makanmu pada tempatnya

Kalau kamu sering memperhatikan, di berbagai restoran makanan cepat saji, kamu akan menemukan tempat untuk meletakkan nampan yang kamu gunakan untuk mengambil makananmu. Pada tempat meletakkan nampan tersebut, di bawahnya kamu akan menemukan tempat sampah yang tentunya bisa kamu gunakan untuk membuang semua kertas-kertas yang digunakan untuk membungkus makananmu sebelumnya.

Nah, daripada kamu diamkan bekas tempat makanmu dan membuat orang lain yang baru datang menjadi tidak nyaman dengan sampah yang kamu tinggalkan, ada baiknya, kamu rapikan bekas makananmu. Kamu nggak perlu capek-capek, kok, untuk membersihkan bekas makananmu, kamu bisa bersihkan semuanya dalam satu nampan dan kalau kamu sudah selesai makan dan ingin pulang, kamu bisa membuang sampah ke tempatnya dan meletakkan nampan di atas. Untuk membersihkan bekas makanmu, nggak akan memakan waktu bahkan sampai lima menit, lho.

3. Rapikan sepatumu di mushola

sandal rapi di mushola

Di beberapa mushola di mall, ada yang menyediakan tempat penitipan sepatu dan ada pula yang hanya menyediakan rak-rak untuk meletakkan sepatu. Buat mushola yang nggak menyediakan penitipan sepatu, sering sekali ditemukan sepatu yang berserakan di depan pintu masuk mushola, pada akhirnya, sepatu-sepatu ini malah membuat orang lain sulit untuk berjalan masuk dan berjalan keluar.

Nah, daripada kamu meletakkan sepatu di depan pintu masuk mushola, lebih baik, letakkan sepatumu di rak sepatu, yang telah disediakan. Kalau rak sepatu sudah penuh, letakkan sepatumu disamping pintu masuk mushola agar tidak tertendang oleh orang lain. Jangan lupa untuk jejerkan sepatumu agar terlihat rapi dengan yang lainnya, ya. Kamu pun nantinya nggak akan kesulitan untuk mencari sepatumu setelah menjalankan ibadah sholat.

4. Buang sampahmu setelah menonton

Ketika kamu menonton, pasti kamu akan membawa makanan dan minuman ke dalam ruang bioskop, kan, untuk menemanimu menonton film? Nah, masalahnya, nih, gaes, masih ada banyak orang-orang yang lupa membawa bekas makanan dan minumannya keluar dari ruang bioskop. Bahkan, ada juga, lho, orang yang justru dengan sengaja meninggalkan bekas makanannya dan minumannya karena merasa ada yang akan membersihkannya.

Menurut saya, ada baiknya, nih, gaes, setelah kamu menonton film di bioskop, kamu rapikan bekas makanan dan minumanmu. Kamu bisa mengambil makanan-makanan yang jatuh di tempat dudukmu dan membuangnya di tempat sampah setelah kamu keluar dari ruang bioskop.

Dengan kamu melakukan hal tersebut, kamu membantu para pekerja untuk membersihkan ruang bioskop, lho. Bayangkan kalau semua pengunjung bioskop melakukan hal ini, pasti, para pekerja akan dengan cepat membersihkan ruangan, dong. Dan pastinya, nggak ada lagi deh cerita film yang ngaret.

5. Membiarkan wastafel kotor

wastafel kotor

Well, saya nggak menyuruh kamu untuk membersihkan wastafel yang ada di food court atau di suatu restoran, ya, gaes. Namun, kamu perlu banget, nih, gaes untuk membersihkan wastafel setelah kamu mencuci tanganmu. Terkadang, ketika kamu mencuci tangan, biasanya ada nasi-nasi atau potongan-potongan makanan yang terbasuh dari tanganmu, kan? Nah, daripada wastafel kotor dan tidak enak di pandang, lebih baik, basuh permukaan wastafel agar bekas makananmu pun tidak menempel di permukaan wastafel.

***

Untuk membersihkan “your own mess” seperti bekas makan, minuman, sepatu dan sebagainya, nggak akan membutuhkan waktu yang lama, kok, gaes. Dengan aktivitas yang mudah dan dan nggak lama, kamu akan membantu orang lain dalam menyelesaikan pekerjaannya. Meskipun para pekerja mendapatkan gaji, akan tetapi, pekerjaan mereka nggak hanya membersihkan mejamu, saja, gaes. Maka dari itu, yuk,biasakan lakukan hal yang sederhana namun dapat membantu pekerjaan orang lain!

Baca juga:

(Sumber gambar: beritatagar.id, nu.or.id, ayobandung.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1